Jenis Penilaian Non Tes dan Penjelasannya

Penilaian Non Tes
Pengetahuan tentang teknik non tes dalam penilaian memungkinkan guru memiliki wawasan yang lebih luas sehingga hasil belajar tidak hanya diketahui melalui tes ulangan saja. Teknik dan alat non tes, antara lain :
        1. Observasi
Teknik ini baik untuk menilai hasil belajar aspek psikomotor, misalnya keterampilan, diskusi, baemain, atletik dan lain-lain. Agar obeservasi lebih terarah dan efektif maka hendaknya : dilakukan dengan tujuan yang jelas, menggunakan pedoman observasi, pencatatan dilakukan sesegera mungkin, membuat kesimpulan setelah kegiatan observasi selesai.

2. Kuesioner
Teknik ini digunakan untuk menilai hal-hal yang bersifat umum di kalangan peserta didik, seperti : identitas peserta didik, keadaan sosial, minat, pendapatnya dalam beberapa hal, dan untuk melihat kecenderungan peserta didik pada suatu saat.
3. Wawancara
Wawancara hampir sama dengan angket akan tetapi dalam wawancara pertanyaan langsung dijawab oleh peserta didik, sehingga terjadi hubungan timbal balik. Dalam wawancara informasi yang digali meliputi berbagai aspek yang menggambarkan keadaan siswa saat itu.

4. Daftar Cek
Daftar cek adalah daftar aktivitas, sifat-sifat, masalah, dan jenis kesukaan. Di depan setiap butir disediakan cek ( ) yang diisi oleh peserta didik yang bersangkutan atau oleh guru, tergantung pada tujuannya. Kegunaan dari daftar cek adalah untuk menyatakan ada atau tidak adanya suatu unsur, komponen, trait, karakteristik atau kejadian dalam suatu peristiwa, tugas atau kesatuan yang kompleks.

5. Skala penilaian
Skala penilaian dapat dilakukan pada observasi, wawancara, angket dan juga untuk mengukur sikap. Sedikit sama dengan daftar cek akan tetapi dalam skala penilaian terdapat terdapat 3, 4, 5 pilihan. Berbeda dengan daftar cek yang hanya menyediakan dua pilihan, ya atau tidak.

6. Studi kasus
Studi kasus kadang digunakan untuk mempelajari peserta didik yang berperilaku ekstrim, seperti : peserta didik yang terlalu agresif, peserta didik yang mengalami kesulitan belajar yang serius. 

0 Response to "Jenis Penilaian Non Tes dan Penjelasannya"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel