Layanan Google yang Membantu Pekerjaan Guru

Layanan Google yang Membantu Pekerjaan Guru – Di jaman era digital sekarang ini, segala sesuatu sudah mulai menggunakan alat komunikasi yang berbasis teknologi. Hampir semua lapisan masyarakat kini menggunakan smartphone dari berbagai tipe, kelas dan harga yang bersaing. Penggunaan smartphone yang semakin merebak di lapisan masyarakat ini, tidak lepas dari semakin berkembangnya perusahaan penyedia layanan komunikasi. Mulai dari desa hingga perkotaan kita bisa lihat pertumbuhan tower alat komunikasi yang tumbuh bagaikan jamur di musim hujan. Tentunya kondisi tersebut ada untung dan ruginya. Untungnya, komunikasi dan informasi semakin mudah, karena kuatnya sinyal layanan yang memberikan kenyamanan dalam menggunakan teknologi.

Kerugiannya, membuat suasana pemandangan yang bagaikan tiang jemuran yang di balakang rumah.
Penggunaan internet kini tidak lagi seperti jaman dulu. Orang ketika akan menggunakan internet harus berkunjung ke warnet. Bahkan untuk menelpon pun dulu harus ke wartel. Sekali lagi itu bagi yang tidak memiliki telepon dan internet. Harga handphone pun dulu tidak seperti sekarang. Memiliki Hp poliponik saja waktu dulu bahagianya minta ampun. Apalagi dengan nada dering yang dibuat dengan kode-kode uniknya. Mungkin beberapa dari sobat ada yang ingat tidak akan hal itu.

Orang dalam mengakses internet tentunya memiliki tujuan yang beragam. Mulai dari mencari informasi, menemukan cuplikan tayangan film yang akan tayang, mencari musik favorit yang ingin didengar, atau bisa juga mencari berita yang sedang panasnya hari ini. Beragam motif dan tujuan orang untuk mencari informasi di internet.

Berbicara tentang mencari informasi di internet, tentu kita tidak bisa melupakan begitu saja mesin pencari yang kerap kali digunakan.  Mungkin anda masih ingat mesin pencari Yahoo? ya dulu teknologi pencari  informasi di interner ini sempat terkenal dan sering digunakan. Namun, seiring dengan perkembangan, dari waktu ke waktu teknologi pencari tersebut mulai jarang digunakan.
Google. Ya... kini, mesin pencari yang diciptakan oleh Larry Page dan Sergey Brin . Kini Google menjadi perusahaan internet yang tidak hanya memberikan akses untuk mencari informasi semata. Banyak layanan lain yang dibuat oleh google yang bisa memungkinkan membantu aktivitas kita sehari-hari.

Tidak terkecuali para guru yang bekerja dalam dunia pendidikan, tentu sangat membutuhkan akses yang mudah dan cepat dalam mendukung pekerjaan. Mungkin selama ini beberapa sobat guru masih menggunakan layanan google hanya sebatas sebagai alat untuk menemukan informasi. Padahal ada aplikasi lainnya yang bisa membantu guru dalam pekerjaan.

Berikut ini aplkasi google yang dapat mendukung pekerjaan guru sehari-hari :

1. Gmail
wah... mungkin ketika saya menulis ini, anda pasti akan berkata. sudah punya... Kalau sudah maka saya akan katakan bagus. Gmail merupakan layanan pengiriman pesan yang ditawarkan oleh google. Dengan Gmail anda bisa mengirim dan menerima file data yang anda butuhkan. Salah satunya anda sebagai guru, dengan Gmail anda bisa mengirim surat kepada instansi lainnya. Atau mengirim data soal kepada kelompok kerja guru sehingga anda tidak perlu repot lagi keluar sekolah dan meninggalkan pekerjaan anda. Bila anda belum memiliki, maka saya sarankan segera buat. Caranya cukup mudah. Ketik saja daftar gmail di mesin pencari google maka anda puna akan diarahkan ke layanan Gmail oleh google.

2. Google Drive
Google drive merupakan layanan google yang memberikan ruang penyimpanan online kepada ada dalam kapasitas yang cukup besar. Anda pun bisa menyimpan data melalui google drive anda. Data tersebut bisa anda bagikan kepada teman, sehingga orang yang mengetahui alamat tersebut bisa dengan mudah mengaksesnya, atau bisa juga anda rahasiakan dan simpan sendiri.

3. Google Play Book
Bagi sobat guru yang hobi tulis menulis, tidak ada salahnya mencoba google play book.  Layanan ini memberikan kemudahan bagi anda yang hobi menulis untuk menerbitkan buku yang anda tulis dan juga membaca buku secara online secara gratis. Bagaimana anda tertarik, ayo silahkan dicoba.

4. Blogger
Layanan yang satu ini merupakan layanan yang memungkinkan guru untuk membangun sebuah website secara gratis. Anda bisa memanfaatkan layanan ini untuk membangun website yang anda inginkan. Banyak tutorial tentang membuat website atau blog di internet yang bisa anda baca dan jadikan panduan. untuk sementara saya tidak mengulasnya disini.

5. Google form
Dengan google form anda bisa membuat formulir dengan sangat mudah. Anda bisa membuat soal ulangan secara online atau kuisioner. Siswa pun nantinya bisa mengakses dengan mudah apabila anda memberikan alamat untuk mengaksesnya.

6. Google+
Google membuat sebuah layanan sosial media yang namanya Google+
melalui google+ anda pun bisa menulis status, membuat group, membagikan artikel dari beberapa situs dan hampir sama dengan layanan sosmed lainnya.

Demikian sobat beberapa layanan google yang bisa membantu pekerjaan lainnya. Mungkin di artikel lainnya anda bisa menemukan ada layanan lainnya lagi. Mudah-mudahan tulisan sederhana ini memberikan manfaat bagi sobat pembaca semua.
wasalam dan nantikan artikel berikutnya.

0 Response to "Layanan Google yang Membantu Pekerjaan Guru"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel