Mewujudkan Kartini Masa Kini di Sekolah

Mewujudkan Kartini Masa Kini di Sekolah - Kartini adalah sosok perempuan yang memperjuangkan hak kaumnya dimasa penjajahan dulu. Dimana pada waktu itu, anak perempuan tidak memperoleh hak yang sama dengan anak laki-laki, salah satunya adalah pendidikan. Kartini hadir untuk memperjuangkan hak tersebut dengan harapan, anak perempuan di zamannya tersebut memperoleh secercah cahaya dari pengetahuan, sehingga kegelapan yang menyelimuti anak perempuan di zamannya tersebut mampu sirna sehingga terbitlah terang.

Gayung pun bersambut, harapan Kartini memperjuangkan kaumnya terwujud. Di zaman penjajahan tersebut, Kartini berhasil mendirikan sebuah sekolah keputrian bagi anak perempuan. Lewat surat-surat yang ditulisnya kepada sahabat yang ada di Belanda pada waktu itu, membuahkan hasil. Kumpulan surat tersebut pun tersusun dalam sebuah buku yang berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang.

Kini di tanggal 21 April 2017, kita kembali merayakan hari Kartini, yang merupakan hari lahir Raden Ajeng Kartini. Kartini lahir di Jepara pada tanggal 21 April 1879. Meskipun Kartini sudah tiada namun jasa dan perjuangannya akan selalu dikenang. Kartini meninggal pada tanggal 17 September 1904.

Melalui perjuangan Kartini, hingga kini kita melihat tidak ada perbedaan dalam dunia pendidikan bagi anak-anak. Kita sebagai guru hendaknya senantiasa memberikan kesetaraan kepada siswa perempuan.

Banyak wujud emansipasi perempuan yang bisa kita wujudkan di sekolah. Mulai dari melibatkan siswa perempuan dalam pemilihan ketua kelas, ketua kelompok, dokter kecil, UKS, Pramuka, bahkan mengikutkannya dalam segala kegiatan sekolah yang memungkinkan bagi anak perempuan.

Anak perempuan pun bisa berprestasi sama seperti anak laki-laki bahkan mungkin lebih dari itu. Seperti yang penulis alami, peringkat lima besar di kelas lebih banyak diraih oleh anak perempuan. Mungkin, hal ini tidak sama terjadi pada kelas yang anda  ampu.

Selamat hari Kartini dan Jayalah Selalu Wanita Indonesia,

Sebelum menutup artikel singkat ini,   ada baiknya dilafalkan lirik lagu Ibu Kita Kartini di bawah ini.

Karangan/Ciptaan : WR.Supratman

Ibu kita Kartini
Putri sejati
Putri Indonesia
Harum namanya

Ibu kita Kartini
Pendekar bangsa
Pendekar kaumnya
Untuk merdeka

Wahai ibu kita Kartini
Putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya
Bagi Indonesia

Ibu kita Kartini
Putri jauhari
Putri yang berjasa
Se Indonesia

Ibu kita Kartini
Putri yang suci
Putri yang merdeka
Cita-citanya

Wahai ibu kita Kartini
Putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya
Bagi Indonesia

Ibu kita Kartini
Pendekar bangsa
Pendeka kaum ibu
Se-Indonesia

Ibu kita Kartini
Penyuluh budi
Penyuluh bangsanya
Karena cintanya

Wahai ibu kita Kartini
Putri yang mulia
Sungguh besar cita-citanya
Bagi Indonesia

0 Response to "Mewujudkan Kartini Masa Kini di Sekolah "

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel