Persiapan Guru Ketika Akan Mengikuti PLPG

Persiapan Guru Ketika Akan Mengikuti PLPG – Pendidikan Latihan Profesi Guru ( PLPG ) tahun 2017 ini kembali akan dilaksanakan. Tentunya para guru yang namanya muncul sebagai peserta PLPG akan sangat bahagia, karena dengan diikut sertakannya menjadi peserta PLPG maka guru akan berkesempatan memiliki sertifikat pendidik. Dengan sertifikat pendidik tersebut, nantinya guru yang bersangkutan akan memperoleh tunjangan profesi dengan besaran satu kali gaji pokok.

Pada kegiatan diklat PLPG tersebut nantinya guru akan dilatih mengenai kegiatan yang menunjang profesi keguruan, misalnya kegiatan pembelajaran, penelitian tindakan kelas, dan materi-materi ilmu kependidikan sesuai dengan jenjang pedidikan tempat guru mengabdi. Diakhir kegiatan PLPG tersebut, biasanya guru akan mengikuti tes tertulis. Agar proses pemerolehan gelar guru profesional tercapai dengan dicirikan adanya sertifikat pendidik, maka guru harus lolos dalam tes tertulis tersebut.

Agar guru sukses dalam mengikuti PLPG berikut ini tips yang bisa dilakukan guru dalam mempersiapkan diri ikut serta pada diklat PLPG. Tips berikut ini berdasarkan pengalaman para guru yang sudah sukses mengikuti PLPG di Lembaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang ada di Indonesia.


1. Jaga kesehatan
Inilah hal yang pertama dan utama harus dipersiapkan guru sebelum mengikuti kegiatan PLPG hingga akhir kegiatan. Seperti kata pepatah diam itu emas, maka saya berkesimpulan kesehatan itu adalah harta dan kesempatan.

Tanpa kesehatan yang prima, anda tidak akan bisa mengikuti kegiatan Diklat PLPG dengan baik, seperti pengalaman para guru yang sudah mengikuti diklat PLPG tersebut, kegiatannya berlangsung kurang lebih selama 10 hari.

Dalam kurun waktu itu, anda tidak boleh sakit. Jelas, karena kalau sakit kegiatan diklat tersebut akan amburadur. Kalau sudah demikian, tentu akan mempersulit diri anda sendiri.

Menjaga kesehatan tubuh sebelum dan selama mengikuti PLPG tidak hanya dilakukan dengan makan makanan sehat dan istirahat yang cukup. Menjaga ketenangan pikiran juga sangatlah penting bagi guru. Bila anda menganggap kegiatan tersebut adalah beban, maka pikiran pun akan sedikit terganggu, dengan demikian segala penyakit pun bisa muncul karena pikiran yang tidak baik.

Jadi, selain makan dan istirahat, mengelola pikiran juga tidak kalah penting saat anda akan mengikuti diklat PLPG.

2.  Mengetahui lokasi PLPG
Tidak sedikit guru yang bingung bahkan tidak mengetahui dengan pasti dimana lokasi kampus tempat akan mengikuti PLPG. Bagi guru yang merupakan alumni perguruan tinggi tempat mengikuti PLPG, memang tidak akan kebingungan. Namun bagi yang bukan, jelas anda harus mencari tahu sebelumnya dengan pasti dimana letak kampus tempat PLPG berlangsung.

jangan sampai ketika PLPG sudah akan dibuka, anda baru berangkat mencari lokasi kampus PLPG tersebut,  ini akan membuat anda tidak tenang dan bahkan akan cenderung terburu-buru.

Usahakan dua hari sebelum berangkat PLPG anda sudah mengetahui dengan pasti dimana lokasi kampus tempat PLPG berlangsung.

3. Mencari Kos-kosan
Mungkin anda akan sedikit heran dengan apa yang saya sampaikan berikut ini. Mencari kosan saat akan mengikuti PLPG, berdasarkan pengalaman teman saya, diklat PLPG tidak seperti anda mengikuti diklat yang dilaksanakan di hotel.

Anda tidak perlu lagi hawatir dengan tempat menginapnya. Nah, saat anda akan mengikuti diklat PLPG maka carilah kos-kosan dekat kampus tersebut, karena itu akan menjadi markas anda untuk beristirahat sehabis mengikuti dikat PLPG.

4. Membawa Pakaian yang cukup
Saat anda mengikuti PLPG, usahakan membawa pakaian yang cukup. Kalau diklatnya berlangsung selama 10 hari, maka anda minimal membawa pakaian 5 setel. Sehingga satu setel pakaian bisa anda gunakan selama dua hari.

jangan takut akan bau pakaian, karena kegiatan tersebut tidak banyak menguras keringat. Duduk dan belajar, tapi mungkin sedikit berbeda dengan guru penjaskes.

5. Membawa laptop, ATK dan beberapa modul
Demi kelancaran tugas-tugas anda selama mengikuti PLPG maka jangan lupa anda membawa sebuah laptop, beberapa ATK dan modul pendukung jenis guru anda selama PLPG.

6. Senantiasa berdoa
Apapun usaha yang kita lakukan semua hasilnya akan ditentukan oleh Tuhan. Maka dari itu, kita sebagai umatnya harus senantiasa berserah diri kepada-Nya dan tetap berusaha.

Berdoa akan memberikan ketenangan pada diri anda. Ketenangan tentu sangatlah penting diperlukan dalam segala aktivitas, tidak terkecuali mengikuti PLPG.

Semoga artikel sederhana ini memberikan manfaat bagi sahabat pendidik sekalian, Wasalam !

0 Response to "Persiapan Guru Ketika Akan Mengikuti PLPG"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel