Usaha Sampingan Guru Honorer Di Luar Jam Sekolah

Usaha Sampingan Guru Honorer Di Luar Jam Sekolah – Bekerja sebagai guru merupakan sebuah profesi yang sangat mulia. Bagaimana tidak, karena hanya guru yang mampu memberikan harapan gemilang melalui pendidikan kepada siswanya. Maka tidak jarang kita lihat anak didik lebih sukses dari gurunya. Itulah pengorbanan seorang guru.

Seperti yang kita ketahui, tidak semua guru memiliki status dan penghasilan yang sama. Di beberapa media sering kita baca dan lihat bagaimana nasib para sahabat kita sebagai guru honorer. Dengan penghasilan rata-rata 300 ribu sebulan, jelas dirasa sangat kurang bagi mereka, apalagi guru tersebut sudah berkeluarga. Tuntutan seorang berkeluarga dengan masih bujang sangat berbeda. Akan tetapi bagaimanapun juga, guru honorer tetap seharusnya bersyukur, karena pasti dikemudian hari akan ada perhatian dari pemerintah pusat maupun daerah setempat.

Untuk menambah penghasilan sebagai seorang guru honorer, bisa dilakukan dengan banyak usaha atau bisnis. Semua usaha atau bisnis akan berhasil apabila ditekuni dengan semangat dan sepenuh hati.

Ada beberapa usaha yang bisa dilakoni guru honorer sepulang jam sekolah. Kita ketahui jam kerja seorang guru dari jam 7 hingga jam 13, dengan rentang waktu menjelang petang tersebut, guru honorer bisa memanfaatkannya untuk peluang usaha.

Berikut ini beberapa usaha sampingan yang bisa ditekuni sebagai seorang pendidik dan tentunya mendukung pekerjaan utama anda sebagai seorang guru.

1. Usaha Bimbingan Belajar atau LesSebagai seorang guru tentu pekerjaan mendirikan usaha bimbingan belajar akan sangat mendukung profesi anda. Disamping bisa mengajar di luar jam sekolah, anda pun bisa melakukan bisnis yang tidak terlalu membutuhkan modal yang besar.

Bila di rumah anda memiliki tempat yang masih kosong, bisa anda manfaatkan sebagai tempat untuk memulai usaha bimbingan belajar. Les privat bisa dilakukan selama 1 - 2 jam, bisa juga waktu sore hingga malam hari.

Untuk masalah biaya anda bisa tentukan sendiri, asal jangan anda terlalu mengkomersilkan ilmu yang anda ,miliki. Lebih baik memberikan pelayanan yang memuaskan daripada hanya sekedar mengejar keuntungan semata.

Sebab, bila anda sudah memberikan yang terbaik bagi konsumen anda , maka anda pun akan dipercaya oleh orang tua peserta didik.

Bila sudah demikian, maka bisnis bimbingan belajar anda pun akan semakin lancar dan awet dalam kurun waktu yang sangat lama.

2. Menjual Barang di Warung atau Koperasi
Bila anda jeli melirik usaha kecil disekitar anda , maka anda pun sebenarnya tidak akan kekurangan ide untuk menjual barang yang layak dijadikan komoditi jualan anda.

Warung kecil depan rumah anda, atau depan sekolah anda misalnya. Tempat tersebut bisa anda jadikan wahana pemasaran.

Anda pun bisa memulainya dengan membuat olahan panganan ringan, kemudian anda setorkan di warung tersebut. Sambil anda berangkat kerja, anda pun bisa sambil memasarkan jualan anda.

Koperasi sekolah yang ada di sekolah anda pun bisa sebagai tempat untuk usaha anda. Mungkin anda mencoba menjadi penyedia alat-alat tulis, pakaian sekolah, atau bisa juga jajanan sekolah yang sehat dan aman bagi anak.

Karena kalau kita lihat, anak-anak sekolah sering jajanan di pinggir jalan yang belum tentu terjaga kebersihannya.

3. Jasa Pengetikan
Bila  anda memiliki keterampilan komputer terutama dalam aplikasi pengolahan kata Ms Word, mengapa anda tidak mencoba membuka layanan jasa pengetikan. Memang kalau kita lihat perkembangan komputer sekarang ini sudah sangat pesat, namun tidak ada salahnya mencoba membuka usaha kecil-kecilan tersebut.

Anda bisa menyasar rekan-rekan guru yang kurang mahir dalam pengetikan dengan komputer atau laptop. Dengan mencoba usaha ini, sekalian anda membantu rekan anda dan juga memiliki peluang usaha yang menjanjikan.

4. Jualan online
Binis online di jaman sekarang ini sudah bukanlah yang asing lagi. Anda bisa lihat bagaimana bergelayutan para pedagang online di sosial media. Bisnis online bisa anda lakukan kapan saja dan dimana saja tanpa mengganggu pekerjaan anda sebagai guru.

Anda bisa memulai bisnis online membuat website, sebagai penulis online, jual beli barang online dan lain sebagainya secara online. Mudah dan begitu murah bisnis tersebut untuk dilakukan, yang terpenting adalah kemauan dan usaha.

5. Bercocok Tanam
Siapa bilang guru tidak bisa bercocok tanam. Mungkin sekarang ini tidak banyak anak muda yang mau terjun ke dunia pertanian, padahal sektor yang satu ini juga sangat menjanjikan sama halnya dengan bisnis lainnya.

Sebagai guru yang bekerja paruh waktu, anda bisa menekuni bisnis agrobisnis sepulang sekolah. Bila anda tinggal di desa, maka saya yakin peluang bisnis ini bisa anda tekuni. Karena bila anda tidak memiliki lahan, anda pun bisa menjadi petani penggarap.

Kalau pun bagi anda menjadi petani penggarap masih sangat susah, maka anda bisa menanam tanaman pertanian di rumah dengan memanfaatkan polibag atau tanaman hidroponik.

Jangan berpikir nanti tidak akan menghasilkan, coba lakukan yang terbaik terlebih dahulu nanti percayalah pasti akan menghasilkan sesuatu yang memuaskan.

6. Jualan artikel
Mungkin pekerjaan yang satu ini masih aneh di telinga anda. Namun, dalam dunia bisnis online jualan artikel adalah hal yang sudah biasa. Bila anda hobi menulis, bisnis yang satu ini akan sangat pas bagi anda.

Apalagi sebagai guru, menulis bukanlah sesuatu yang masih tabu untuk dilakukan. Hampir setiap hari guru tidak bisa lepas dengan aktivitas baca dan tulis. Coba lah anda kembangkan kemampuan menulis anda tersebut melalui menjual tulisan anda.

Bila tulisan anda bagus, maka tentu akan ditawar dengan harga yang cukup mahal oleh pemilik situs tersebut. Bila anda ingin mempromosikan tulisan anda, di situs ini pun sahabat bisa memulai mengembangkan tulisannya, siapa tahu ada nanti sahabat pendidik lainnya yang tertarik dengan gaya penulisan sobat, kemudian dijadikan penulis tetapnya deh, gimana pasti suka kan?

Demikianlah sobat pilihan bisnis yang bisa ditekuni oleh guru honorer sebagai usaha sampingan di luar jam sekolah. Yang terpenting dari setiap memulai usaha adalah, jangan takut dan jangan ragu, baca situasi dan bidik usaha yang tepat untuk dikembangkan.

Semoga sahabat setelah membaca tulisan saya ini, sedikit memperoleh inspirasi, dan jangan lupa untuk senantiasa berkunjung ke situs pendidikan dan bisnis RIYANPEDIA.com.

Semoga bermanfaat dan wasalam !!!

0 Response to "Usaha Sampingan Guru Honorer Di Luar Jam Sekolah"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel