3 Bahan Alami Penyedap Makanan

3 Bahan Alami Penyedap Makanan - Bagi ibu rumah memasak adalah kegiatan yang  rutin dilakukan. Bahkan tidak jarang ibu rumah tangga selalu berinovasi menyajikan makanan yang super lezat. Untuk membuat makanan yang enak dan lezat tidak jarang ibu rumah tangga menambahkan Penyedap makanan. 

Penyedap makanan yang dijual di pasar jelas merupakan penyedap makanan buatan. Sebagian besar penyedap makanan tersebut banyak mengandung MSG ( Mono Sodium Glutamat ) beberapa para ahli mengatakan bahwa bila keterusan menggunakan penyedap makanan buatan tersebut akan berdampak buruk bagi tubuh. Beberapa diantaranya  adalah pusing, kanker, dan gangguan pada organ tubuh penting. 

Nenek moyang kita sebenarnya sudah mengajari cara memilih penyedap makanan alami. Tentunya penyedap tersebut aman bagi bagi tubuh. Adanya makanan instan inilah yang kadang membuat orang jarang mau menggunakan yang alami. Nah, pada kesempatan ini saya akan bagikan jenis penyedap makanan alami yang biasa saya gunakan disetiap masakan keluarga saya. Apa saja itu, simak berikut ini : 

1. Daun salam
Saya yakin anda pasti sudah tahu jenis tumbuhan yang satu ini. Tanaman salam bisa tumbuh dengan mudah di berbagai jenis tanah. Bentuk daun yang hampir mirip tanaman jambu ini sangat baik digunakan sebagai penyedap makanan.


Daun salam bisa dijadikan penyedap makanan untuk jenis makanan soup, soto, dan aneka makanan berkuah lainnya. Daun salam yang masih muda dan sudah kering pun bisa dijadikan penyedap makanan. Dengan tambahan daun salam pada makanan anda, dijamin rasa sedap yang dihasilkan akan sangat menggugah selera makanan anda.

2. Daun pandan
Tanaman yang satu ini memiliki daya hidup yang mudah. Bahkan di tanah yang kurang subur pun tanaman pandan masih bisa tumbuh dengan baik.


Daun pandan dapat dijadikan sebagai penyedap alami, bukan hanya sekedar penyedap alami saja, daun pandan pun bisa dijadikan sebagai pewarna makanan yang alami. Biasanya pandan diolah pada pembuatan bubur kacang hijau, kolak, dan gula merah cair. Caranya hanya dimasukkan kedalam masakkan yang sedang direbus diatas api. Dalam resep yang berbahasa inggris daun pandan disebut sebagai “screwpine leaf”.

3. Bawang
Bawang selain Sebagai bumbu makanan juga bisa menjadi penyedap makanan. Sebagai penyedap makanan Anda bisa mengolahnya terlebih dahulu untuk menjadi bawang goreng.

Beberapa jenis makanan ketika ditambahkan bawang goreng menjadi makanan yang lezat.

Demikian sobat resep bahan alami yang bisa dijadikan sebagai penyedap makanan yang tentunya aman bagi kesehatan Anda.

Selamat mencoba semoga bermanfaat. 

0 Response to "3 Bahan Alami Penyedap Makanan"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel