Bisnis Sampingan Patut Dicoba dengan Modal Kecil

Bisnis Sampingan Patut Dicoba  dengan Modal Kecil  - Memiliki pekerjaan pokok dan menetap tentu merupakan sebuah kebanggaan bagi setiap orang. Dengan memiliki pekerjaan tetap, sudah pasti akan memiliki penghasilan yang tetap diperoleh setiap bulannya. Namun, bagi anda yang sudah memiliki pekerjaan tetap, tidak ada salahnya mencoba bisnis sampingan lainnya.  Memiliki bisnis sampingan tentunya bisa anda jadikan sebagai pendapatan tambahan untuk mengisi kas rumah tangga anda sehingga terus bertambah, sehingga nantinya bisa menjadi sebuah penghasilan tambahan diluar gaji tetap yang sudah anda peroleh setiap bulannya.
Berbicara bisnis sampingan tentunya tidak semua orang memiliki waktu untuk mengerjakannya. Hal tersebut dikarenakan karena waktu yang dimiliki setiap orang tidak sama. Namun, bukan berarti anda yang jam kerjanya penuh setiap hari tidak berkesempatan untuk membuat sebuah bisnis sampingan. Memulai sebuah bisnis bukan terletak pada waktu, namun pada kemauan anda untuk memulainya.

Memulai melakoni bisnis sampingan tentu anda harus siapkan modal usaha. Modal penting ada agar usaha anda bisa berjalan. Memperoleh modal ada banyak cara yang bisa anda lakukan. Mulai dari meminjam ke bank terdekat, tetangga terpercaya dan sanak keluarga. Memilh meminjam modal di bank tentu anda akan dikenakan kewajiban untuk membayar setiap bulannya. Nah, bila memungkinkan coba anda gunakan modal kecil saja dulu mungkin menyisihkan beberapa uang dari gaji yang sudah diperoleh setiap bulannya.  Setelah anda memiliki modal yang cukup maka selanjutnya tinggal menjalankan ide bisnis sampingan yang sudah anda pikirkan.

Ada banyak ide untuk bisnis sampingan dengan modal yang bervariasi. Sekali lagi untuk bisnis sampingan bisa anda gunakan modal yang kecil terlebih dahlu. Berikut ini beberapa jenis bisnis sampingan dengan modal kecil yang bisa anda lakoni untuk mengisi waktu luang atau untuk belajar memulai sebuah usaha kecil.

1. Bisnis sampingan nasi bungkus
Setiap pagi sebelum berangkat kerja entah itu ke sawah, kantor, kebun, proyek, atau kemanapun tugas anda bekerja, saya perhatikan kebanyakan orang membutuhkan sarapan sebelum memulai pekerjaannya. Di desa tempat saya tinggal, setiap pagi warung jajanan dan makanan pasti diserbu oleh warga hanya untuk sekedar membeli nasi bungkus.

Binsis ini masih sedikit dilakoni oleh orang pada umumnya. Padahal modal yang dibutuhkan tidaklah terlalu besar. Nansi bungkus yang biasa dijual di warung pinggir jalan harganya kisaran 3.000 hingga 5.000. Meskipun harga nasi bungkus itu terbilang murah, kandungan gizi makanan tersebut tidak serendah yang anda kira.

Saya merupakan salah satu pelanggan setia nasi bungkus di pagi hari. Mengenai bisnis nasi bungkus tersebut yang terpenting adalah kekuatan dan kelezatan sambel yang ditawarkan dalam nasi bungkus. Bila dihitung-hitung bisnis nasi bungkus tidak terlalu besar. Anda tinggal memikirkan menunya yang sederhana namun bergizi, ada daging, sayuran dan pastinya sambal. Karena lidah orang Indonesaia apalagi orang kecil seperti saya, sambel merupakan menu yang wajib ada di setiap makanan.

Bisnis sampingan nasi bungkus ini bisa dilakoni oleh siapa saja. Pemasarannya pun tidak terlalu sulit. Anda bisa menyerahkan beberapa bungkus makanan di warung depan rumah anda, bisa juga menyerahkan ke beberapa kantin sekolah. Memulai bisnis sampingan ini tidak harus dengan kuantitas yang besar. Mungkin dengan membuat 50 nasi bungkus. Bila seluruh nasi bungkus yang anda  buat habis terjual, maka perhari anda dapat pemasukan 100.000, dengan perkiraan harga nasi bungkus yang anda jual 2.000 rupiah.

2. Bisnis sampingan pangkas rambut

Bisnis sampingan ini bisa dilakukan bagi anda yang bekerja 8 jam sehari. anda bisa membuka usaha sampingan ini sepulang kerja disisa waktu yang anda miliki. Bisnis sampingan ini sedikit membutuhkan keterampilan, sebab tidak semua orang memiliki keterampilan cukur rambut. Meskipun demikian, bila niat anda bulat untuk memiliki sebuah bisnis sampingan, anda bisa menyediakan tempat dan alat cukur, kemudian anda mempekerjakan sanak keluarga atau orang dekat di lokasi yang sudah anda buat. Gimana mungkin anda anda tertarik?

3. Bisnis keripik singkong

Mungkin panganan yang satu ini dilihat sebelah mata, namun jangan heran kini keripik singkong sudah mulai banyak disukai oleh sebagian besar masyarakat. Apalagi dengan kreatifitas anda dalam mengelola bisnis sampingan keripik singkong, akan membuat singkong menjadi panganan yang moderen.

Anda bisa liat sekarang ini dengan sedikit kreativitas makanan biasa menjadi luar biasa. Bisnis kripik singkong pun bisa mendatangkan untung yang besar.

4. Les Privat

Bagi anda yang bekerja sebagai guru, maka bisnis sampingan ini mungkin sudah anda lakoni. Les privat. Dengan membuka bisnis les privat, anda tidak hanya akan memperoleh keuntungan finansial tetapi juga bisa mengembangkan pengetahuan yang dimiliki.


Nah,gimana sobat, peluang bisnis sampingan sebenarnya tebentang banyak disekitar kita. Hanya dengan kreatifitas dan kemauan kita bisa melakukan bisnis sampingan dengan lancar. Jangan mengeluh akan untung atau rugi bahkan omset yang diperoleh. Bila ingin naik tangga sampai diatas, maka kita harus menjalaninya dari bawah. Demikianlah sebuah bisnis yang baru dirintis. Semoga sukses sobat sekalian. Wasalam


0 Response to "Bisnis Sampingan Patut Dicoba dengan Modal Kecil "

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel