Cara Mengetahui Tingkat Ketertarikan Siswa Pada Pembelajaran di Kelas

Cara Mengetahui Tingkat  Ketertarikan Siswa Pada Pembelajaran di Kelas - Bila Anda melihat gambar postingan artikel saya yang satu Ini, mohon di abaikan gambar yang berwarna merah. Coba lihat sejenak tiga gambar emoji yang ada di sebelahnya. Kotak tersebut merupakan kotak tingkat kepuasan pelayanan yang ada di salah satu kantor pajak Pratama tempat saya melaporkan SPT masa pajak bos.

Melihat di salah satu sudut ada sebuah kotak layanan sebagai wujud timbal balik penilaian sebuah layanan di instansi pemerintahan, Saya jadi terbersit untuk membuat sebuah kotak tersebut untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa  dalam mengikuti pembelajaran di kelas. 

Ada pun beberapa manfat yang diperoleh dari mengetahui apakah siswa tertarik, senang dan puas pada pembelajaran yang telah kita laksanakan, diantaranya :

Mengetahui ketertarikan, perasaan senang dan puas  siswa terhadap pembelajaran Saya rasa hal tersebut sangat baik dilakukan, sebagai upaya untuk senantiasa memberikan layanan pendidikan kepada siswa.

Seperti yang kita ketahui dari sejumlah siswa di kelas, memiliki minat dan kemampuan belajar yang berbeda. Disinilah peran guru untuk memberikan sebuah rasa keadilan bagi peserta didiknya. Cukup berat memang, tapi sebagai seorang yang sudah kadung dinilai profesional dan kenyataan juga merupakan orang yang profesional, maka hal tersebut harus diupayakan.



Selama ini mungkin teman-teman jarang  ingin mengetahui apakah siswa kita senang mengikuti pembelajaran yang telah kita laksanakan atau malah sebaliknya, mereka merasa bosan dan tertekan mengikuti pembelajaran di kelas.

Mengetahui tingkat ketertarikan, perasaan senang dan puas siswa akan proses pembelajaran yang kita lakukan akan menjadi tolak ukur kemampuan kita sebagai guru dalam menciptakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.

Disamping itu pula, dengan mengetahui tingkat ketertarikan, rasa senang dan puas siswa akan proses pembelajaran juga akan berpengaruh baik bagi kerajinan siswa di sekolah. Nah, sudahkah sobat pernah melakukan tindakan untuk mengetahui ketertarikan, rasa senang siswa pada kegiatan pembelajaran? Saya yakin sobat sudah melakukannya.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah siswa kita merasa tertarik dan senang pada pembelajaran yang telah kita lakukan.

Seperti apa yang saya temukan di kantor pajak tentang tingkat kepuasan layanan pajak, cukup memberikan saya ide yang bisa kita jadikan sebagai balikan terhadap proses pembelajaran yang kita laksanakan di kelas.

Dengan memberikan siswa menyampaikan perasaan mereka setelah mengikuti kegiatan pembelajaran, maka kita akan mengetahui sejauh mana keberhasilan kita dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan kepada siswa.

Anda bisa memberikan siswa selembar kertas kemudian suruh mereka menuliskan emoji yang mencerminkan perasaan mereka setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Misalnya :

untuk perasaan senang, gembira dan memiliki ketertarikan pada kegiatan pembelajaran.

Wajah sedih untuk perasaan yang kurang menyenangkan dan wajah dengan senyuman datar untuk tingkat perasaan yang bisa-biasa saja dalam mengikuti pembelajaran.

Suruh siswa menggambarkan wajah tersebut tanpa menuliskan nama dan identitasnya. Kemudian anda kumpulkan. Darisana anda akan melihat, seberapa banyak memperoleh gambar emoiji wajah tersenyum. Makin banyak maka pembelajaran anda sangat menyenangkan, sebaliknya jika sedikit maka anda harus membenahi kembali proses pembelajaran yang anda ampu.

Demikian ulasan singkat kali ini, semoga bermanfaat. Wasalam.

0 Response to "Cara Mengetahui Tingkat Ketertarikan Siswa Pada Pembelajaran di Kelas "

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel