Hajatan Besar Menjelang Tahun Pelajaran Baru

Hajatan Besar Menjelang Tahun Pelajaran Baru - Yang namanya tahun pelajaran baru tentu semua komponen yang bersentuhan dengan dunia pendidikan disibukkan dengan kegiatan tahunan menjelang tahun pelajaran baru. Mulai dari orang tua, guru hingga jajaran dinas pendidikan pun kembali sibuk dengan aktivitas tersebut.

Orang tua tentu disibukkan dengan mempersiapkan segala perlengkapan pembelajaran putra-putri mereka ketika akan memasuki jenjang pendidikan. Tidak hanya itu, sebelum memasuki tahun pelajaran baru para orang tua masih nampak kebingungan untuk menyekolahkan anak-anak mereka.

Kini penerimaan peserta didik baru yang akan dilaksanakan oleh semua sekolah di semua jenjang, sudah menggunakan juknis atau pedoman yang sudah dikeluarkan oleh Kemendikbud melalui Permendikbud nomor 17 tahun 2017. Dalam peraturan pemerintah tersebut sudah diatur dengan jelas, bagaimana sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB) mulai dari jenjang SD hingga SMA/SMK.

Nah, para orang tua tidak perlu khawatir kemana akan menyekolahkan buah hati mereka. Janganlah kita sebagai orang tua beranggapan ini sekolah bagus, ini sekolah hebat dan ini sekolah favorit. Sehingga, timbul keinginan untuk bisa menyekolahkan anak-anak  di sekolah tersebut sampai mengabaikan sekolah yang ada di lingkungan sekitar kita.
Aktivitas di salah satu sekolah dasar

Kini dengan sistem zonasi yang diterapkan oleh pemerintah maka tidak akan ada sampai sekolah yang kelebihan murid atau kekurangan murid. Sebagai orang tua kita mesti sadar, bahwa konten pelajaran yang diberikan di sekolah di seluruh Indonesia pada sadarnya sama. Dan saya yakin, kini sekolah pastinya sudah mulai berbenah untuk memberikan yang terbaik untuk siswa-siswanya. Dengan demikian, tidak akan ada kesan sekolah superior.

Hajatan tahunan yang akan dilaksanakan oleh seluruh jajaran pendidikan dalam waktu dekat ini selain PPDB adalah sistem waktu kegiatan sekolah yang sudah beredar di beberapa media massa, terutama media online.  Menurut informasi yang dilansir dari  media JPNN.com bahwasannya di tahun pelajaran 2017/2018 alokasi waktu pembelajaran akan bertambah. Guru pun kini dituntut lebih lama di sekolah, sekitar 8 jam. Dari 8 jam tersebut, guru melaksanakan kegiatan pembelajaran tidak penuh berada di kelas. Kegiatan pembelajaran pun bisa dilakukan di luar kelas. Intinya dengan 8 jam tersebut, siswa tidak mentok duduk diam belajar di dalam kelas.

Mungkin saja dalam beberapa bulan ke depan ini, akan ada hajatan besar lagi untuk kegiatan Kurikulum 2013. Tentunya akan ada penambahan sekolah yang akan melaksanakan Kurikulum 2013. Bisa dipastikan akan ada kegiatan diklat yang harus guru ikuti menjelang tahun pelajaran baru. Diklat tersebut akan sangat berarti bagi para guru sebagai pengembangan diri guru yang menunjang kepangkatan.

Hajatan besar menjelang tahun pelajaran baru memang sudah menjadi hal yang rutin dilakukan oleh segenap pengampu dunia pendidikan, utamanya guru dan sekolah. Semoga tahun depan tugas yang akan kita laksanakan berjalan dengan aman, lancar, terkendali dan kondusif.

0 Response to "Hajatan Besar Menjelang Tahun Pelajaran Baru "

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel