Memasuki Era Jurnalisme Warga

Memasuki Era Jurnalisme Warga - Perkembangan teknologi sekarang ini mampu mempermudah segala aktivitas manusia. Teknologi merasuki semua sendi kehidupan, mulai dari teknologi dalam transportasi, hingga komunikasi pun tidak lepas dari yang namanya teknologi.
Seperti yang kita ketahui, telepon memang sudah ditemukan sejak jaman Graham Bell. Telepon sebagai alat memudahkan manusia untuk saling berkomunikasi. Kalau jaman dulu orang hanya bisa saling berbicara melalui telepon, berlanjut berkembang mampu saling mengirim pesan singkat. Memang perkembangan teknologi komunikasi sangat cepat dan pesat yang membuat masyarakat semakin menantikan perkembangannya. 

Kini di abad 21, telepon sudah semakin pintar maka dari itu disebut Smartphone. Smartphone merupakan telepon pintar yang tidak hanya diperuntukkan untuk saling telepon atau kirim pesan singkat saja. Kini dengan smartphone orang bisa mengabadikan moment lewat foto, bisa melakukan Vidio call yang membuat percakapan tidak hanya mendengar suara lawan bicara saja tetapi mampu melihat orang yang disayang semakin dekat tidak hanya suara tetapi visualisasi gambar yang semakin jernih.

Dengan adanya Smartphone, masyarakat kini tidak awam lagi dengan yang namanya internet. Orang kini bisa mencari dan menemukan sendiri informasi apapun yang mereka inginkan melalui internet. Tentu ini merupakan sesuatu yang menggembirakan. Sebab apa yang ingin kita ketahui hati itu, maka saat itu pula bisa kita temukan di internet.

Tidak hanya itu, dengan adanya situs jejaring sosial membuat suatu ketertarikan tersendiri bagi para pengguna teknologi komunikasi untuk ikut nimbrung didalamnya. Situs jejaring sosial merupakan perkumpulan warga untuk bersosialisasi melalui media online. Beberapa situs jejaring sosial yang banyak digunakan oleh warga sekarang ini adalah Facebook,  Instagram, Twitter dan WhatsApp.
Dengan adanya  perkembangan smartphone dan makin hebatnya sosial media membuat masyarakat kini begitu mudah menyampaikan apa yang dialami, apa yang dilakukan, dan apa yang terjadi disekitar kita. Warga kini menjadi jurnalis yang ikut menyampaikan berita yang kadang lebih menarik untuk dibaca oleh masyarakat umum.

Era jurnalis warga kadang harus disikapi dengan baik oleh masyarakat sebagai pemilik akun sosial media. Anda bisa menemukan di sosial media kadang ada oknum warga yang membagikan atau menulis informasi yang tidak valid. Ini kadang menyesatkan bagi pembaca informasi tersebut. Apalagi pembacanya tidak memiliki semangat baca yang tinggi. Begitu membaca judul yang unik, menarik, dan nyentrik, seketika membagikan informasi tersebut tanpa mengetahui isinya lebih mendalam lagi.

Memasuki era jurnalisme warga, memang disatu sisi memberikan manfaat ianformasi yang cepat dan bahkan terkadang akurat. Warga kini kemana-mana membawa smartphonenya. Apapun yang ditemukan dan dialami tidak lepas dari pantauan kamera smartphone. Lihat ini jepret dan uoload ke media sosial. Tulis beberapa keterangan jadilah sebuah berita yang menarik untuk dikonsumsi.

Yang harus di perhatikan dengan baik oleh para warga sosial media, ketika mempublikasikan informasi kecelakaan hendaknya jangan terlalu mengekspose korban dengan detail. Hal tersebut sangat memukul hati keluarga korban.

Sebagai pengguna media sosial maka kita harus bijak dalam mempublikasikan Informasi yang anda temukan. Jangan sampai apa yang kita lakukan tersebut malah membuat orang sakit hati.
Era jurnalisme warga akan terus berkembang dan tetap akan diminati oleh warga yang lebih asik membaca status media soaial. Nah, sebagai warga yang bijak, kita harus bisa memanfaatkan fasilitas tersebut dengan bijak.
Salam jurnalisme warga.
**) dikirim oleh sahabat pembaca riyanpedia.com

0 Response to "Memasuki Era Jurnalisme Warga"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel