Jangan Asal Like dan Bagikan Postingan yang Kurang Bermanfaat Di Sosial Media

Sudahkah anda buka kabar terbaru di Facebook Anda? Atau sudahkah Anda mengecek timeline Twitter Anda? Dan seberapa sering anda mention atau membagikan sebuah postingan dari akun sosial media (sosmed) lainnya? Saya yakin satu jempol sering kita berikan kepada beberapa postingan kawan di Facebook.

Memang tidak bisa dipungkiri dengan berkembangnya sosial media sekarang ini membuat kita masuk kedalam kehidupan sosial di dunia maya.  Bahkan komunikasi di sosmed mengalahkan hubungan sosial kita di dunia nyata.

Anda bisa lihat kebanyakan orang ketika sedang mengantre atau kumpul rame-rame malah lebih asik mainan HP. Jadi kadang ada sisi baiknya adanya HP mampu mendekatkan yang jauh, tetapi bisa juga menjauhkan yang dekat.

Terkait dengan berita yang beredar di sosial media, banyak diantara kita yang tidak mencerna dengan teliti info tersebut. Kadang kita langsung memberikan tanda "suka" atau bahkan membagikan di sosial media, misalnya saja Facebook.

Ada beberapa postingan di facebook yang tidak perlu Anda bagikan dan berikan tanda suka.  Postingan yang bagaimana, berikut selengkapnya.

1.Jangan membagikan jika itu berita palsu
Nah, jangan ketularan dikit-dikit sudah membagikan. Baca dulu dengan teliti. Jika memang informasi tersebut berasal dari sumber yang terpercaya dan kridibile bisa Anda bagikan kepada orang lain. Namun apabila informasi tersebut adalah berita palsu atau hoax, mending Anda abaikan saja dan jangan ditanggapi.

2. Jangan membagikan postingan yang berisikan kekerasan dan kebencian
Bila kita ingin hidup yang damai, maka janganlah mengumbar kebencian dan permusuhan. Ketika Anda menemukan postingan yang mengarah pada kebencian dan kekerasan, jangan sekali-kali anda ikut membagikannya. Karena dengan ikut membagikan ,maka secara tidak langsung kita ikut menyuarakan kebencian mereka. Yang terbaik dilakukan adalah melaporkannya kepada yang berwajib jika hal itu mengancam keselamatan anda.

3. Memberikan like atau suka dan bagikan pada postingan yang bermanfaat bagi khalayak luas. 
Berbicara tentang jenis postingan di Facebook sangat beragam sekali. Mulai dari postingan kalimat, hingga sebuah artikel termuat dalam media sosial yang didirikan oleh MarkZuckerberg.

Ketika postingan itu memberikan manfaatnya ,seperti informasi tentang cuaca dari badan resmi BMKG, artikel dan informasi penting dari pemerintah atau lembaga resmi lainnya.

Kadang kerap kita lihat postingan beberapa fanspage tertentu yang berniat sara kebencian, malah paling sering di serbu oleh netizens. Coba saja kita diemin dan abaikan apa yang mereka posting. Dan kalau itu grup lebih baik keluar, maka grup itu akan miskin anggota dan lambat laun akan tutup juga itu grup sosmed.

Mari kita sikapi dengan bijak pengaruh sosmed. Jadikan sosmed sebagai wahana untuk memperoleh informasi yang uptodate. Ajang untuk mencari teman dan bukan mencari  permusuhan.

Selamat bersosial media, wasalam !

0 Response to "Jangan Asal Like dan Bagikan Postingan yang Kurang Bermanfaat Di Sosial Media"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel