Liburan Sekolah Menulis Jangan Libur Juga, Motivasi Menulis Untuk Siswa

Liburan Sekolah Menulis Jangan Libur Juga - Memasuki tahun akhir tahun ajaran 2016/2017 kini sekolah melaksanakan libur selama sebulan penuh. Anda tentu masih ingat sewaktu duduk di bangku sekolah dulu, liburan akhir tahun memang selalu dinanti.

Selama liburan biasanya banyak aktivitas yang dilakukan oleh anak-anak. Secara umum aktivitas yang siswa lakukan selama liburan pada umumnya ; bermain, berlibur, nonton tv, main game, hingga berdarma wisata bagi siswa yang berada di lingkungan berada.

Seperti biasanya, libur selama liburan kadang tidak dibarengi dengan aktivitas belajar oleh siswa. Sehingga begitu mereka kembali datang ke sekolah semua terasa kaku. Ketika menulis tangan siswa kelas rendah akan menjadi kaku dan tidak lentur. Tulisan tangan mereka pun kadang menjadi lebih jelek dari sebelumnya. Ingatan siswa akan pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya mulai menguap. Hal itu terlihat ketika di awal masuk sekolah, guru memberikan pertanyaan pancingan, siswa menjadi sedikit kebingungan bahkan tidak mampu menjawab, alasannya klasik. Karena lupa.

Selama liburan kita bisa memberikan tugas yang menyenangkan bagi siswa. Biar secara tidak langsung mereka sudah belajar. Anda bisa memberikan tugas kepada siswa untuk mengamati peristiwa unik yang terjadi selama liburan sekolah. Kemudian menulisnya kedalam sebuah catatan pribadi.

Tulisan tersebut nantinya akan diceritakan kembali ketika masa sekolah tahun pelajaran baru telah tiba.

Tugas berikutnya yang bisa anda berikan kepada siswa selama liburan sekolah adalah menulis cerita dari buku yang dibaca. Sesuai dengan moto gerakan literasi sekolah, semangat membaca harus senantiasa tumbuh dalam diri siswa. Sehingga ketika liburan, kita bisa memberikan kesempatan kepada siswa untuk meminjam buku di perpustakaan sekolah. Bahkan kalau bisa di waktu-waktu tertentu selama liburan, perpustakaan sekolah juga dibuka untuk beberapa jam saja. Tujuannya adalah melayani siswa yang memang ingin membaca buku di perpustakaan.

Dengan aktivitas demikian maka siswa pun tidak akan ada istilah libur untuk belajar. Ingat belajar itu tidak ada liburnya. Selama kita masih bernafas maka selama itu kita harus belajar. Yang terpenting bagaimana kita mengemas agar belajar itu menjadi sebuah kebutuhan dan menyenangkan.

Selamat berlibur !


0 Response to "Liburan Sekolah Menulis Jangan Libur Juga, Motivasi Menulis Untuk Siswa"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel