Menulis Dengan Gaya Freewriting Bebaskan Idemu

Menulis Dengan Gaya Freewriting Bebaskan Idemu - tidak sedikit memang orang bilang kalau menulis itu adalah sesuatu yang sulit. Kadang ide sudah menumpuk di kepala namun jemari tangan tidak sanggup menekan tombol keyboard atau menghentakkan pena untuk menuangkan ide menjadi serangkai kalimat yang sarat akan pesan.

Memang tidak bisa dipungkiri pengalaman kita selama duduk di bangku sekolah mulai dari jenjang SD hingga SMA , aktivitas menulis menjadi hal yang jenuh dilakukan oleh siswa.

Meskipun saya yakin masih banyak siswa yang kini memiliki kemampuan menulis yang cukup handal.

Selama duduk di bangku sekolah, guru kerap kali memberikan bagaimana aturan dalam menulis. Mulai dari membuat kerangka karangan, pemilihan kata, penggunaan kalimat efektif, hingga jenis penulisan yang akan digunakan.

Tidak ada yang salah dari semua itu. Tulisan yang baik memang harus mematuhi segala aturan penulisan. Tetapi menurut versi saya, tulisan yang baik juga mampu menyampaikan ide si penulis kepada pembaca, sekaligus pembaca menjadi tertarik dengan tulisan tersebut dan senantiasa menantikan tulisan selanjutnya.

Gaya menulis freewriting atau menulis bebas kadang juga perlu dibelajarkan kepada siswa. Menulis bebas tanpa aturan yang mengikat di dalamnya namun tetap memperhatikan kesopanan penulisan akan memberikan pengalaman menulis yang bebas dan menyenangkan kepada siswa.

Ada orang yang beranggapan jika kita mampu menulis bebas maka orang tersebut sudah memiliki bibit untuk menjadi seorang penulis.

Menulis bebas perlu dibelajarkan kepada siswa. Dengan begitu mereka tidak akan memandang kalau menulis itu adalah sesuatu yang sulit. Padahal sejatinya menulis itu adalah berbicara dalam bahasa tulis.

Menulis bebas /freewriting bagi siswa akan menumbuhkan kepercayaan dirinya mereka dalam menulis. Anda yang baru belajar menulis, tidak ada salahnya mencoba freewriting tersebut.

Apa yang anda alami, apa yang anda baca dan apa yang Anda temukan bisa disampaikan ke dalam bahasa tulis. Dengan begitu tulisan Anda akan mengalir dan natural.

Sobat pembaca yang Budiman. Semoga tulisan freewtiting yang saya buat sekarang ini pun ada manfaatnya bagi sobat pembaca yang Budiman.

Salam menulis !

0 Response to "Menulis Dengan Gaya Freewriting Bebaskan Idemu"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel