Pembelajaran Untuk Anak Dengan Kecerdasan Kinestetik

Pembelajaran Untuk Anak Dengan Kecerdasan Kinestetik - Seperti apa yang saya posting sebelumnya, bahwa anak dengan kecerdasan dengan kinestetik tidak bisa tinggal diam dan hanya duduk mendengarkan ceramah dari guru. Anak dengan kecerdasan kinestetik akan cepat bosan ketika belajar hanya dengan mendengarkan penjelasan dari guru saja.

Anak dengan kecerdasan kinestetik cenderung aktif melakukan gerakan fisik. Sehingga ketika guru menjelaskan di depan, maka anak tersebut akan ada saja hal yang mereka lakukan.

Mereka agak sulit berkonsentrasi bila kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru hanya dengan ceramah saja. Atau kegiatan pembelajaran hanya berpusat kepada guru semata.

Bila kondisi seperti ini terus dialami oleh anak dengan kecerdasan kinestetik maka prestasi mereka akan semakin buruk. Orang tua dan guru akan menilai anak dengan kecerdasan kinestetik sebagai anak yang hiperaktif dan lambat dalam proses pembelajaran.

Agar anak dan kecerdasan kinestetik harus memperoleh kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar mereka. Maka dari itu guru harus senantisa mampu mengenali karakteristik dari peserta didiknya.

Dengan mengetahui ciri khas tersebut, maka kita akan mampu memberikan pembelajaran yang sesuai dengan tepat kepada anak sesuai dengan kondisi yang mereka miliki.

Ada beberapa bentuk kegiatan pembelajaran bisa dilakukan untuk anak dengan kecerdasan kinestetik sehingga mereka mampu tumbuh dan berprestasi dengan baik, diantaranya berdasarkan pengalaman penulis dan berdasarkan beberapa referensi baik cetak maupun online yang bisa penulis sampaikan pada kesempatan kali ini.

1. Kegiatan pengamatan lingkungan

Anak dengan kecerdasan kinestetik akan cederung aktif dalam gerak fisik di dalam kelas. Maka dari itu, anda sebaiknya menyajikan kegiatan pembelajaran tidak hanya dalam bentuk ceramah, atau membaca saja. 

Berikan mereka untuk melakukan kegiatan pengamatan salah satunya. Memang tidak semua materi pembelajaran dilakukan melalui pengamatan. Namun, dengan kreatifitas anda sebagai guru, saya rasa bisa mengkondisikan kegiatan pembelajaran bagi anak untuk melakukan kegiatan pengamatan. 

Misalnya, kegiatan pembelajaran tentang contoh hewan dengan alat geraknya. Siswa bisa anda ajak untuk mengenal lingkungan sekolah untuk mencari contoh hewan dengan alat gerak tertentu. Biarkan mereka mencari dan menemukan sendiri. 

Dengen begitu siswa dengan kecerdasan kinestetik tidak akan merasa diberlakukan secara tidak adil hanya anda suruh untuk duduk membaca buku. Namun seiring dengan perkembangannya, anda bisa memberikan penjelasan dan kegiatan membaca secara perlahan kepada anak dengan kecerdasan kinestetik.

2. Kegiatan percobaan

Kegiatan pembelajaran yang bisa dibelajarkan kepada anak dengan kecerdasan kinestetik adalah pembelajaran percobaan. 

Anak dengan kecerdasan kinestetik akan sangat antusias mengikuti kegiatan pembelajaran yang akan anda laksanakan. Sebab kegiatan percobaan merupakan salah bentuk kegiatan yang memungkinkan siswa untuk aktif melakukan suatu aktifitas.


3. Bermain sambil belajar

Dalam setiap kegiatan pembelajaran untuk anak dengan kecerdasan kinestetik, anda harus selipkan kegiatan yang menyenangkan yang berhubungan dengan aktifitas fisik. Seperti bermain, kuis, dan game-game sederhana lainnya.

Hal tersebut akan mendorong anak dengan kecerdasan kinestetik untuk fokus pada kegiatan pembelajaran yang anda lakukan dan  bukan malah mereka asik dengan kegiatan mereka sendiri.


Demikian sahabat, beberapa kegiatan pembelajaran yang bisa anda lakukan untuk anak dengan kecerdasan kinestetik. Semoga tulisan ini bermanfaat. Wasalam

0 Response to "Pembelajaran Untuk Anak Dengan Kecerdasan Kinestetik"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel