Sumber Belajar yang Bisa Dimanfaatkan Guru dalam Pembelajaran

Sumber-sumber belajar yang bisa dimanfaatkan oleh guru dalam pembelajaran – Sobat pembaca yang budiman, mengajar merupakan sebuah seni. Seni dimana kita dituntun untuk bisa menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bermanfaat bagi siswa. Sebagai seorang guru kita dituntut untuk senantiasa menciptakan skenario pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dengan begitu guru bukanlah satu-satunya sumber belajar bagi siswa.

Selama ini kita kerap kali lupa bahwa sumber belajar banyak bertaburan di sekeliling kita. Tentunya semua sumber belajar tersebut akan lebih bermanfaat apabila sesuai dengan topik pembelajaran atau tema yang dipelajari oleh siswa.

Khususnya sekolah dasar tentu tidak bisa selamanya hanya mengandalkan buku sebagai satu-satunya sumber belajar. Bukan saya bermaksud mengecilkan peran buku dalam kegiatan pembelajara. Buku tetap berperan penting sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran dan alangkah bijaknya bila melengkapi sumber belajar lainnya selain buku.

Siswa kadang malas untuk mencari informasi dari kegiatan membaca?

Ya.... siapapun saya rasa pernah merasakan dan melihat semua ini di kelas yang mereka ampu. Sobat pembaca pastinya ketika melihat siswa enggan untuk membaca buku. Kekurangan semangat siswa untuk menjadikan buku sebagai sumber belajar hendaknya harus disikapi dengan bijak oleh guru.

Mulai mengenalkan sumber belajar lainnya selain buku baru dilanjutkan pendalamanya melalui buku. Sehingga motivasi siswa untuk membaca buku tetap terjaga.

Beberapa sumber belajar yang bisa guru manfaatkan di dalam beberapa kegiatan pembelajaran sesuai dengan topik atau tema pembelajaranya adalah sebagai berikut :

1. Lingkungan
Sumber belajar yang satu ini paling sering digunakan oleh guru. Saya rasa semua topik pembelajaran bisa menggunakan lingkungan sebagai seumber belajarnya. Misalnya kegiatan pembelajaran tentang jenis pekerjaan.

guru bisa mendekatkan siswa tentang jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar mereka. Guru bisa mengadakan kunjungan bersama siswa ke tempat usaha kecil yang ada di sekitar sekolah. Saya rasa tidaklah sulit untuk menemukan usaha yang ada di lingkungan sekitar.

Disana siswa bisa memaanfaatkan sumber belajar dengan semaksimal mungkin. Misalnya usaha dagang. Ajak siswa untuk bertanya sebanyak-banyaknya tentang proses kegiatan jual beli.

Dengan mendekatkan situasi seperti ini, maka siswa akan  tahu lebih banyak tentang proses jual beli. Kegiatan belajar pun tidak akan membosankan bila siswa didekatkan dengan sumber belajar secara nyata seperti itu.

2. Tokoh
Pernahkah anda mendatangkan tokoh ke sekolah untuk memberikan pengalaman tentang keberhasilan yang mereka raih. Dengan menghadirkan tokoh sebagai sumber belajar maka siswa akan fokus dan perhatian mereka akan terpusat kepada proses pembelajaran.

Mendatangkan tokoh sebagai sumber belajar memang harus disesuaikan dengan materi pembelajaran. Misalnya saja topik pembelajaran tentang menulis puisi. Anda bisa sesekali mendatangkan tokoh penulis yang dekat di lingkungan sekitar.
memang mendatangkan tokoh membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun  saya rasa  sekarang ini masyarakat sudah sangat peduli dengan pendidikan.
Jadi mendatangkan tokoh di lingkungan sekitar tidak lah sulit dan tidak membutuhkan banyak biaya.

3. Film / Video
sumber belajar yang lainnya bisa anda gunakan adalah film atau video. Pembelajaran dengan menggunakan video bisa digunakan dalam materi seperti sejarah, peristiwa alam seperti tsunami, gunung meletus dan lainnya.

Dengan sumber belajar dari video, siswa akan lebih tertarik pada materi pembelajaran yang anda bawakan di kelas.

Kini tidak begitu sulit untuk mencari video pembelajaran di internet. Anda tinggal klik youtube kemudian masukan kata kunci, maka anda akan menemukan jutaan video pembelajaran yang bisa anda gunakan.

Nah, demikian beberapa sumber belajar yang belajar yang bisa anda gunakan di dalam pembelajaran di kelas. Semua itu bisa anda kembangkan lagi, sebab sumber belajar bertaburan di sekitar kita. 

Semoga bermanfaat !

0 Response to "Sumber Belajar yang Bisa Dimanfaatkan Guru dalam Pembelajaran"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel