Trik Jitu Membuka Usaha Les Privat

Trik Jitu  Membuka Usaha Les Privat - Usaha bimbingan belajar memang merupakan usaha yang menjanjikan penghasilan yang lumayan besar. Selain karena usaha tersebut tidak membutuhkan modal besar bahkan tanpa modal pun bisa, usaha bimbingan belajar memiliki pemasaran yang pasti, yaitu para pelajar.

Usaha bimbingan belajar atau sering disebut les privat bisa dilakukan secara berkelompok atau secara mandiri. Usaha les privat secara mandiri itu hanya bisa dilakukan oleh Anda jika sebagai lulusan sarjana pendidikan.

Les privat secara berkelompok masih memungkinkan dikelola oleh orang yang tidak lulusan sarjana pendidikan namun hanya sebagai pengelola dan bukan staf pengajarnya.

Bila ingin sukses dalam membuka usahables privat tentu Anda harus melakukan cara atau trik yang jitu agar usaha yang Anda rintis dapat berjalan dengan baik.

Berikut ini trik yang bisa dilakukan bagi Anda yang akan dan sedang mengelola usaha les privat.

Fokuskan sasaran Anda 

Apapun yang dilakukan dengan fokus tentu akan menghasilkan sesuatu yang maksimal. Demikian pula dengan usaha les privat atau bimbingan belajar.

Seperti yang kita ketahui, jenjang pendidikan bagi para pelajar mulai dari jenjang TK, SD ,SMP hingga SMK.

Untuk itulah Anda harus fokus akan membimbingnya pelajar pada jenjang apa. Dengan begitu Anda akan dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada para konsumen.

Jadi, apakah Anda akan membuka layanan les privat untuk SD atau SMP bahkan semua jenjang? Itu semua hak Anda untuk memilih.

Yang terpenting dari membuka usaha les privat adalah pelayanan yang maksimal dan memuaskan bagi konsumen dalam hal ini pelajar dan orang tua siswa.

Selengkapnya mengenai pelayanan akan saya kupas di pembahasan selanjutnya.

Bentuk bimbingan/les privat

Setelah fokus pelayanan pada jenjang pendidikan sudah Anda tentukan, maka langkah berikutnya adalah bentuk atau model les privat yang akan Anda jalani.

Apakah bentuk les privat yang akan Anda lakukan adalah bentuk kelas atau dengan cara door to door.

Bentuk Lea privat kelas berarti Anda harus memikirkan tempat belajar. Bila Anda baru memulai usaha dengan modal kecil, Anda bisa menggunakan rumah tempat tinggal sebagai kelas belajar.

Bentuk les privat door to door itu berarti Anda sendiri yang datang ke rumah siswa untuk memberikan pembelajaran. Bahasa kerennya jemput bola.

Buat pamflet atau reklame

Setelah bentuk les yang akan anda kelola sudah Anda tentukan maka selanjutnya adalah pemasaran. Pemasaran disini yang saya maksudkan lebih kepada pengiklanan usaha kita.

Iklan yang bisa Anda gunakan agar lebih murah adalah pamflet atau broseur.

Kini dengan perkembangan jaman yang sudah semakin maju, Anda bisa menggunakan internet sebagai media online dan penyebaran brosur secara manual sebagai usaha offline.

Usaha promosi les privat dengan cara online bisa Anda lakukan melalui sosial media, seperti Facebook, Twitter, dengan membuat web atau bahkan mencoba melalui beberapa penyedia belanja online.

Untuk promosi secara offline , Anda bisa lakukan dengan penyebaran pamflet di sekolah-sekolah. Dengan begitu usaha les privat Anda akan mudah dikenal oleh seluruh pelajar atau orang tua siswa.

Tentukan tarif les privat

Setelah anda menentukan semua tahapan tadi maka selanjutnya tentukanlah tarif biaya les privat. Jangan sampai Anda  merugi.

Biaya les privat bisa anda tentukan dengan hitungan perjam, perminggu atau perbulan. Tergantung seler Anda dan kebijakan Anda dalam mengelola usaha.

Berikan bimbingan belajar yang menarik dan menyenangkan 

Sebagai sebuah pelayanan maka sudah barang tebtu harus memanjakan konsumen. Untuk itu pelayanan dalam les privat harus memperhatikan dengan baik peserta Didik Anda. 

Mungkin dengan menyediakan tempat belajar yang nyaman dan disertai dengan koleksi buku-buku pada ruang tunggu atau dengan pendingin ruangan. 

Itu kalau anda mengelola usaha les privat dalam bentuk kelas. Tetapi bila jika Anda menggunakan cara door to door tidak akan perlu mempersiapkan suasana penatademikian. Namun, pelayanan kepada peserta Didik tetap menjadi prioritas utama.  

Demikian sobat pendidik trik jitu yang bisa Anda lakukan dalam memulai usaha les privat. Semoga tulisan ini bermanfaat. 

Salam sukses !

0 Response to "Trik Jitu Membuka Usaha Les Privat "

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel