Upaya Guru Untuk Menambah Angka Kredit

RIYANPEDIA.COM. Upaya Guru Untuk Menambah Angka Kredit - Peningkatan karier dalam sebuah profesi merupakan suatu kemutlakan. Sebagai seorang yang bergelar profesional tentu harus mengupayakan peningkatan tersebut.
Guru merupakan suatu profesi yang memiliki jabatan fungsional dan kepangkatan. Meningkatkan kepangkatan guru adalah cerminan dari pengembangan karier guru.

Sebagai pekerja yang juga memiliki jenjang kepangkatan khusus bagi guru PNS maka dituntut untuk senantiasa menambah angka kredit sesuai dengan jabatan guru pada pangkat terakhir.

Untuk memperoleh Angka kredit yang harus dipenuhi guru untuk naik ke jenjang kepangkatan setingkat lebih tinggi tentu tidaklah mudah. Namun, berdasarkan pengalaman para senior dan kemauan untuk berbuat maka tidak ada hal yang terlalu sulit untuk memenuhi angka kredit tersebut.

Ada beberapa kegiatan yang bisa mendatangkan jumlah angka kredit bagi guru yang bila dilaksanakan dengan maksimal akan sangat luar biasa. Apa saja itu, selengkapnya soal berikut ini.

1. Pengembangan Diri
Sebagai seorang guru tentu sudah seharusnya senantiasa meningkatkan kompetensi duri melalui serangkaian kegiatan pengembangan diri.

Didalam kegiatan pengembangan diri, guru bisa mengikuti kegiatan diklat maupun workshop. Tentunya besaran angka kredit untuk setiap kegiatan Diklat maupun workshop yang anda ikuti memiliki angka kredit yabg berbeda.

Untuk Diklat dengan alokasi waktu minimal 32 jam , maka guru sudah akan mengantongi 1 angka kredit. Lebih dari itu hingga 82 jam maka akan memperoleh 2 angka kredit. 

2. Melalui Publikasi Ilmiah
Untuk menambah angka kredit selanjutnya, guru bisa melakukan publikasi ilmiah. Dimana guru harus membuat sebuah karya ilmiah. Karya tersebut berupa Penelitian Tindakan Kelas. 

Penelitian tindakan kelas yang dibuat tentunya pada kelas sendiri yang diampu. Jangan kelas orang lain ya sobat. Penelitian tindakan kelas yang nantinya Anda buat hasilnya harus diseminarkan. Selanjutnya, sobat sudah akan memperoleh nilai dengan Ak 4.

3. Membuat karya inovatif. 
Cara selanjutnya yang bisa sobat tempuh untuk memperoleh angka kredit adalah dengan membuat karya inovatif.

Karya inovatif tersebut dapat berupa karya dibidang teknologi, pengetahuan dan seni. Bila sobat ingin menggunakan cara ini untuk memperoleh angka kreditnya, maka jangan lupakan untuk membuat laporannya. 

Untuk karya dengan kategori kompleks akan memperoleh angka kredit sebanyak 4 dan untuk kategori sederhana akan memperoleh nilai sebanyak 2. 

Nah, demikian sobat cara yang biasa dilakukan untuk memperoleh angka kredit. Semoga bermanfaat. Wasalam.  

0 Response to "Upaya Guru Untuk Menambah Angka Kredit"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel