Apasih yang Tidak Diketahui Google?

Mendengar kata internet tentu pikiran kita akan melayang pada mesin pencari Google. Padahal mesin pencari tidak hanya Google saja. Salah satu pesaingnya yaitu Yahoo. Namun, seiring perkembangannya kedua mesin pencari itu mengalami perubahan yang berbeda. Google semakin maju dan digandrungi oleh segenap lapisan masyarakat dan sedikit berbeda dengan Yahoo, dimana sekarang ini semakin merosot.

Jika dahulu orang ingin mengetahui jawaban atas apa yang tidak mereka ketahui tentu akan berusaha bertanya , mulai pada orang tua, saudara, tetangga bahkan kepada guru sekalipun. Namun, dengan begitu cepatnya perkembangan teknologi, orang bisa mencari informasi dari perangkat gadget yang ia bawa. Apalagi kalau bukan untuk mengakses internet. 

Cek punya cek, mereka pun mengakses mesin pencari untuk menemukan jawaban atas persolan mereka. Dan yang paling laris digunakan adalah Google. Sehingga muncul sebuah ungkapan di kalangan masyarakat sekarang ini

"jika tidak tahu, tanya aja Ama Mbah Google "

Dari kalimat tersebut jelas kita ketahui, bahwasannya Google kini menjadi seseorang yang serba tahu. Sehingga banyak orang yang mengandalkan Google dalam setiap aktivitasnya.

Mencari resep masakan, tinggal ketik kata kuncinya yang ingin Anda cari. Mungkin dengan mengetik resep masakan, maka akan muncul artikel dengan kategori resep masakan.  Atau anda sedikit mensiasati agar menemukan artikel yang lebih spesifik. Misalnya :

"Resep masakan a

Ketika Anda mengetik kata kunci dengan kalomat resep masakan a

Maka akan muncul jutaan artikel yang yang berhubungan dengan resep masakan a

Seperi : resep masakan ayam bakar
Resep masakan ayam bakar, resep makanan ayam goreng. Dan masih banyak lagi  judul artikel yang ada hubungannya dengan resep masakan.

Tentu dalam benak kita mucul sebuah pertanyaan. " Mengapa google bisa tahu segalanya?" "Apakah google adalah adalah mesin pencari yang serba tahu"
Atau bisa juga bertanya meski dalam hati "apakah ada sesuatu yang tidak diketahui oleh Google ?

Demikianlah pertanyaan yang terlontar dalam dirinya saya ketika belum tahu bagaimana Google bisa memperoleh berbagai informasi yang kita perlukan.

Google merupakan mesin pencari pengolah data. Internet merupakan jaringan antara berbagai komputer dan perangkat seluler di dalamnya. Mereka saling terhubung satu sama lainnya.

Ketika seseorang menggunggah sesuatu di internet melalui berbagai media yang sudah ada di jagad internet. Seperti : blog, website, Facebook, Twitter, dan media lainnya. Terutama data yang berada di blog atau website merupakan kumpulan informasi yang tidak hanya sekedar skrip teks pendek, bahkan bisa saja di sana terunggah data berupa dokumen, ataupun sebuah video.

Saat apa yang diunggah kedalam website maupun blog tersebut, datanya sama dengan apa yang dicari oleh seseorang yang ingin mencari informasi maka Google akan menyajikan artikel atau data yang diunggah tersebut kepada pengguna yang mencari info di internet.

Jadi, ketika apa yang Anda cari ada orang yang mengunggahnya maka saat itu juga Google bisa menyajikan apa yang Anda cari. Kadang juga apa yang kita inginkan diperoleh di internet tidak selamanya bisa disediakan oleh Google. Sehingga bisa saja Anda tidak memperoleh apa yang Anda inginkan.

Nah ketika orang bilang cari di Mbah Google bukan berarti Google tahu segalanya. Mesin pencari hanyalah alat untuk mencarikan informasi dari Anda juga. Ketika Anda rutin mempublikasikan informasi tersebut di internet maka saat itu Google memiliki data yang bisa disajikan kepada pengguna internet.

Demikian sobat ulasan yang bisa saya bagikan kali ini. Semoga bermanfaat. Wasalam.

0 Response to "Apasih yang Tidak Diketahui Google?"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel