Berternak Sapi yang Menguntungkan Bila Tinggal di Desa

Konsumsi daging sapi di Indonesia begitu tinggi. Kita bisa lihat begitu menjamurnya bisnis olahan dengan bahan dasar daging sapi. Dari perkotaan hingga pelosok desa penduduk di negeri ini senantiasa mengkonsumsi daging sapi.

Berternak sapi tentu merupakan bisnis yang bisa dilakukan karena dasar kerja sambilan atau benar-benar ditekuni dengan baik. Banyak keuntungan yang kita peroleh dari bisnis ternak sapi.

Bagi sobat yang tinggal di pedesaan atau dekat dengan pedesaan, beternak sapi akan menjadi sebuah usaha yang pas dilakukan. Berbagai keuntungan pun bisa diperoleh. Beberapa diantaranya penjualan daging sapi dan kotoran sapi.

Jangan heran, kalau kotoran sapi pun bisa menjadi sebuah penghasilan yang menggiurkan bagi Anda yang menekuni usaha berternak sapi.

Bila kita analisa seekor bibit sapi dibeli dengan harga 3.500.000 dari harga tersebut bila anda tinggal desa akan sangat menguntungkan bila Anda tinggal di desa.

Seekor sapi dipelihara dalam waktu beberapa tahun dengan pakan rumput yang tentunya tidak akan sulit diperoleh di desa akan cepat tumbuh dan gemuk. Tentunya Anda harus rutin memberikan pakan.

Pemeliharaan sapi pun tidak hanya dengan memberikan pakan dan nutrisi yang baik pada hewan. Namun, perawatan seperti mandi juga perlu dilakukan.

Sapi yang dimandikan akan memiliki kulit bulu yang baik. Sapi pun tidak akan mengalami gatal-gatal. Seperti dihinggapi ribuan lalat.

Kebersihan kandang juga harus diperhatikan. Jangan sampai kandang dipenuhi dengan kotoran sapi itu sendiri.

Makanan tambahan bisa anda berikan. Seperti dedak atau dari dedaunan lainnya. Jerami misalnya, sangat baik diberikan pada ternak sapi.

Kotoran sapi yang dihasilkan bisa Anda olah menjadi pupuk organik dengan memadukan campuran EM4. Kalau Anda tidak bisa membuat pupuk organik tersebut Anda bisa menggunakan kotoran sapi sebagai pupuk kandang secara langsung.

Bila memiliki banyak hewan ternak sapi, Anda bisa menjualnya kepada perkembangan jeruk, biasanya pupuk kandang dari kotoran sapi paling sering di cari oleh perkebunan jeruk.

Nah, cukup menguntungkan bukan usaha ternak sapi di desa. Yukk... Kembali kembangkan dan majukan desa.

*)

0 Response to "Berternak Sapi yang Menguntungkan Bila Tinggal di Desa"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel