Cara Mencegah Agar Anak Tidak Mudah Terserang Penyakit

Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. Dari ungkapan tersebut tersirat bahwa begitu pentingnya suatu tindakan pencegahan dalam setiap penyakit yang bisa muncul kapan saja. Memang pada kenyataannya kita sering lalai akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Apalagi anak-anak yang dalam keseharian mereka hanya tahu, bermain, bergembira dan kalau makan hanya yang terpenting enaknya saja, bukan pada gizi dan kebersihannya.

Sebagai orang tua tentunya kita yang harus berperan lebih banyak dalam mendidik anak. Tentunya sekali lagi setiap orang tua memiliki cara tersendiri dalam mendidik anaknya. Pencegahan terhadap penyakit memang tidak lepas dari yang namanya kebersihan.

Tempat yang kotor akan lebih mudah ditemukan dan dijadikan sarang bagi kuman. Kuman dapat menimbulkan penyakit. Ini sudah merupakan siklus yang diketahui oleh setiap orang. Namun pada kenyataannya kita sering lalai.

Tidak salah jika anak yang kurang memperoleh perhatian dari kedua orang tuanya akan cenderung memiliki kebersihan dan kesehatan yang kurang baik. Bila sudah demikian maka anak pun akan dengan mudah terserang penyakit.

Untuk mencegah dan menjaga kesehatan anak sangat dibutuhkan perhatian dari orang tua. Berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mencegah agar anak tidak mudah terserang penyakit.

1. Asupan makanan yang bergizi.

Sebagai orang tua yang bijak, kita hurus senantiasa menyajikan makanan yang bergizi. Makanan yang bergizi tidak selalu mahal. Makanan dengan gizi seimbang harus mengandung asupan karbohidrat, vitamin dan mineral yang cukup.

Intinya dalam menu makanan kita harus ada nasi, sayuran, daging, buah dan kalau memiliki uang yang lebih untuk membeli susu, malah akan membuat menu makanan anda menjadi sempurna.

2. Minum air putih yang teratur
Banyak para ahli mengatakan kalau konsumsi air putih maksimal 8 gelas perhari.

Agar anak terhindar dari penyakit terutama batuk jangan biarkan anak Anda mengkonsumsi terlalu banyak minuman ringan dan es yang dijual di pinggir jalan atau di sekolah.

Minuman anak selama di sekolah atau saat pulang sekolah hendaknya diperhatikan dengan baik oleh orang tua. Biasanya kalau musim panas, anak lebih suka jajanan minuman es daripada air putih.

3. Cuci tangan sebelum makan dengan sabun
Tangan kita lebih banyak berpeluang terdapat kuman penyakit. Ada sebuah artikel yang saya baca, bahwa tangan yang tidak dicuci sama kotornya dengan wastafel atau kloset kotor.

Untuk Mencegah agar anak terhindar dari penyakit terutama diare dan flue maka biasakan anak mencuci tangan pakai sabun sebelum makan.

Jika orang tua tidak mengingatkan agar anak melakukan hal tersebut, bagi anak yang sedikit bandel tidak akan peduli akan hal tersebut. Mereka akan langsung saja menyapu makanan yang ada di dapur tanpa mempedulikan kesehatan.

4. Istirahat yang cukup 
Biasanya anak yang sudah asik bermain cenderung lupa untuk beristirahat siang. Sebagai orang tua tentu kita tidak bisa membatasi ruang gerak anak kita.

Agar lebkh bijak, kita juga ikut membiasakan istirahat siang. Maka anak pun akan ikut melakukan hal yang sama.

4. Pakaian yang selalu dicuci dan disetrika
Kesehatan tidak hanya di perhatikan dari segi makanan saja. Agar terhindar dari penyakit kebersihan pakaian pun juga perlu di perhatikan.

Pakaian anak yang aktif bergerak akan cepat kotor dan bau keringat. Sebagai orang tua yang bijak, harus senantiasa membersihkan pakaian anak. Gantilah pakaian anak setiap hari, sehingga anak akan tampil bersih dan terhindar dari penyakit kulit.

5. Mandi secara teratur
Cara berikutnya agar anak terhindar dari penyakit adalah dengan menerapkan mandi secara teratur. Bila kondisi anak baik, biasakan mandi dua kali dalam sehari.

Mandi akan membuat badan bersih dan segar. Bila kondisi anak kurang baik, maka ketika mandi bisa menggunakan air hangat.

6. Konsumsi multivitamin
Kesehatan bisa di cegah dengan mengkonsumsi multivitamin secara rutin. Biasanya ada yang sebulan sekali.

Tapi lebibaiknya mengkonsumsi buah-buahan segar setiap hari. Kandungan vitamin dalam buah akan sangat bagus untuk menjaga sistem imun tubuh.

6. Berolahraga
Dengan melaksanakan olahraga secara teratur akan membuat tubuh kita bugar. Anak-anak jaman sekarang lebih banyak menghabiskan waktunya di depan gadget.

Melalui olahraga bersama , maka anda bisa mengajari anak gaya hidup sehat dan juga mempererat hubungan Anda dengan buah hati.

Nah, sobat pedia yang dalam keadaan sehat hari ini, yuk senantiasa mencegah timbulnya penyakit dalam tubuh daripada mengobatinya.

Kata orang bijak, mencegah biayanya sangat murah tetap mengobati biayanya lumayan besar.

Salam hidup sehat !

0 Response to "Cara Mencegah Agar Anak Tidak Mudah Terserang Penyakit"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel