Inilah Manfaat Jika Anda Mampu Rendah Hati di Tempat Kerja Langsung ke konten utama

Inilah Manfaat Jika Anda Mampu Rendah Hati di Tempat Kerja

Seperti banyak orang bijak yang mengatakan, kalau kita ingin dihargai maka kita pun harus bisa menghargai orang lain. Jika kita mampu bersikap rendah hati maka orang lain tidak akan merendahkan dirimu.

Itulah sekelumit kata bijak yang setiap waktu saya ingat sebagai bentuk usaha untuk menyadarkan diriku, bahwa menjadi orang yang superior bukanlah hal yang selamanya bagus.


Kadang saat kita merasa superior maka akan muncul sikap kesombongan dalam diri. Apalagi di tempat kerja, sikap superior tidak hanya dimiliki oleh atasan saja namun, mereka yang merasa lebih dulu ada di tempat itu juga akan memiliki perasaan superior.

Salah satu langkah bijak yang bisa Anda lakukan di tempat kerja Anda adalah senantiasa bersikap rendah hati. Ada banyak sekali manfaatnya yang bisa dipetik dari yang namanya sikap rendah hati di tempat kerja anda.

1. Menjadi seseorang yang selalu dinanti. 
Selain kepintaran hal yang membuat orang lain semakin enggan kepada kita adalah karena sikap baik kita. Sikap yang baik akan menumbuhkan rasa rendah hati.

Orang yang rendah hati akan selalu dinanti oleh rekan kerja Anda. Saat Anda tidak hadir, maka sahabat Anda pun akan merasa ada sesuatu yang kurang di tempat kerja.

Nah, jadilah orang yang selalu dinanti dan bukan orang yang selalu dibenci. Menjadi rendah diri bukan berarti anda bodoh, akan tetapi lebih pada menghargai orang lain.

2. Disegani oleh rekan kerja
Menjadi orang yang rendah hati memang semua orang tahu, namun tidak semua orang bisa melaksanakannya. Kadang ketika mampu menjadi lebih dari rekan kerja, kesombongan muncul dalam diri. Tetapi, sikap tersebut akan merugikan dirinya Anda sendiri.

Orang akan menilai negatif dari Anda. Alangkah baiknya kemampuan yang Anda miliki anda gunakan untuk membantu rekan kerja. Dengan begitu Anda akan selalu di kenang. Bahkan sikap rendah diri Anda akan membuat orang lain segan pada Anda. Bukan sebaliknya malah membicarakan manakala Anda tidak ada di tempat kerja.

3.Menjadi contoh dan panutan 
Sikap rendah dari merupakan pengalaman dari peribahasa ilmu padi, semakin berisi semakin merunduk. Tentunya sikap tersebut akan membuat Anda semakin membuat Anda menjadi contoh dan panutan di tempat kerja.

Pengaruh positif Anda dengan senantiasa merendah akan lebih membuat Anda menjadi orang yang patut dicontoh.

4. Menunjukkan kedewasaan
Orang kadang senang memamerkan keberhasilannya. Lebih-lebih di depan atasan. Nah, Anda yang mampu merendah jangan sampai melakukan hal ini. Justru ketika kita memamerkan keberhasilan kita malah membuat dirinya kita seperti anak kecil.

Sobat pedia, tentu sudah menyadari bahwa kita manusia tidak luput dari kesalahan. Termasuk sikap sombong. Menyadarkan diriku setiap detik merupakan cerminan untuk senantiasa merubah dirinya kearah yang lebih baik.

Seperti kata orang bijak, biarlah orang lain yang menilai diri kita. Kelebihan dan kekurangan tentu akan selalu melekat dalam diri. Yang terpenting berbuat untuk membantu orang lain semampu kita adalah yang terbaik.

Selamat berjuang untuk hari esok. Wasalam !


BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar