Langkah Memulai Bisnis Desain Grafis, Menyalurkan Hobi Sekaligus Usaha

Sekarang ini bermunculan berbagai bisnis kreatif di masyarakat salah satunya bisnis desain grafis. Bisnis yang satu ini merupakan usaha yang cenderung dilakukan oleh anak muda. Meskipun tidak mengesampingkan para senior yang sudah sejak lama berkecimpung dalam bisnis desain grafis.

Desain grafis merupakan usaha kreatif yang mengutamakan seni gambar. Sehingga mereka yang memiliki hobi gambar atau mendesain sangat pas untuk menekuni usaha yang satu ini.  Jasa desain kerap kita temukan dalam kehidupan sekarang ini.

Anda bisa lihat gambar-gambar yang menghiasi kartu undangan salah satunya merupakan usaha desain grafis. Tidak hanya itu saja bisnis desain grafis juga banyak ditemukan dalam bentuk logo website, desain interior rumah, kartu nama, membuat barner iklan, cover buku, atau desain baju kaos untuk komunitas tertentu.

Menekuni bisnis ini bukanlah sesuatu yang sulit modalnya pun terbilang tidak terlalu besar. Cukup dengan memiliki keahlian dalam mendesain  dan juga keterampilan menggunakan perangkat lunak untuk mendesain.

Nah, bagi anda yang hobi mendesain jelas memiliki peluang yang besar lho untuk memulai usaha yang satu ini. Tentu dibutuhkan kemauan dan keberanian untuk memulai suatu usaha. Namun, apabila pekerjaan yang didasari dengan hobi maka akan sangat menguntungkan karena kita bekerja dengan rasa gembira, senang dan tentunya tidak ada kata kecewa saat melakukannya.

Agar bisnis anda berjalan dengan lancar dan dapat berkembang dengan sangat baik, maka diperlukan langkah dan persiapan yang maksimal. Adapun beberapa hal yang mesti dipersiapkan antara lain :

1. Kemampuan
Jelas ini adalah faktor penting yang harus anda miliki. Orang tidak akan memesan deasin ke studio anda jika kemampuan anda kurang baik. Tentu mereka akan kecewa atas hasil yang anda buat. Maka
dari itu sebelum anda memulai bisnis desain grafis, maka pastikan terlebih dahulu kemampuan anda tentang desaiin grafis.

Meningkatkan kemampuan bisa anda lakukan dengan belajar melalui media online atau dengan mereka yang sudah anda nilai sebagai master di bidangnya.  Dengan adanya persiapan seperti ini, maka kemampuan desain anda pun akan berkembang dengan baik.

Bila anda sudah memiliki kemampuan yang mumpuni, maka buatlah karya desain grafis sebanyak-banyaknya. Karena semua itu akan anda pajang di tempat usaha anda sehingga konsumen akan melihat dengan jelas hasil karya anda sehingga mereka pun akan semakin yakin untuk menggunakan jasa dan karya anda.


2. Pilihan hasil karya desain
Untuk memikatbdan meyakinkan konsumen seperti yang saya katakan sebelumnya, ada baiknya Anda memajang beberapa hasil karya desain anda.

Tekniknya bisa beragam. Mulai dari anda memajang dalam bentuk printer out atau bisa juga komentar-komentar dari kepuasan para konsumen anda sebelumnya.

3. Media iklan primosi
Jelas untuk lebih dikenal oleh masyarakat luas diperlukan media promosi bagi bisnis yang akan Anda geluti. Memasang iklan adalah salah satu cara agar dikenal lebih luas lagi. Mengenai media promosi iklan yang bisa anda gunakan cukup bervariasi. Mulai dari media iklan yang super mahal hingga iklan murah meriah.

Jelas iklan yang mahal memiliki jangkauan yang luas. Salah satunya promosi melalui televisi. Namun jangan khawatir Anda pun bisa mempromosikan melalui media online yang bianya luas pula. Bahkan harganya pun relatif murah.

Ada beragam media promosi secara online yang bisa Anda gunakan. Seperti Google AdWords atau melalui membangun sebuah website atau blog. Di sana Anda bisa memajang karya desain anda sehingga dikenal oleh masyarakat luas.

Tidak hanya itu Anda juga bisa mempromosikan melalui sosial media, seperti Facebook, Twitter dan Instagram.  Bagaimana apakah Anda tertarik? Dicoba saja sobat.

4. Tanggapi respon konsumen sesegera mungkin. 
Bila dari semua langkah tersebut Anda lakukan dan mendatangkan respon dari konsumen maka tangapi dan layani sesegera mungkin.

Berikan layanan konsultasi tentang desain yang akan dinginkan oleh konsumen. Cara ini akan memberikan kehangatan dan kepuasan bagi konsumen atas layanan yang Anda berikan.

Beberapa desain grafis yang makin marak diminati oleh pangsa pasar sekarang ini adalah desain grafis untuk interior, pakaian dan desain kartu undangan. Namun, itu semua atas dasar pengamatan yang saya lakukan. Mungkin saja hal tersebut berbeda di tempat anda. Paling tidak melalui tulisan ini Anda memiliki gambaran dan terinspirasi untuk melakukan bisnis kreatif tersebut.

Selamat mencoba dan sukses selalu.

0 Response to "Langkah Memulai Bisnis Desain Grafis, Menyalurkan Hobi Sekaligus Usaha"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel