Manfaat Menulis yang Tidak Akan Anda Duga

Sudahkah Anda menulis hari ini? Mungkin saja sudah atau tidak sedikit dari kita yang dengan untuk menulis. Menulis menurut saya pribadi merupakan sebuah aktivitas yang menyenangkan, karena kita bisa menyampaikan apa yang kita lihat, alami dan apa yang menjadi ide dari pemikiran kita sendiri kepada orang lain dan abadi dalam sebuah karya baik berupa buku maupun pada media online seperti pada sebuah blog atau website.

Menjadikan dirinya untuk suka menulis akan membuat diri Anda menjadi suka membaca. Karena dengan membaca anda akan berusaha untuk menambah perbendaharaan kata. Jelas muaranya adalah tulisan.

Bila Anda baru memulai hobi menulis, maka saran saya lanjutkan terus. Saya pun untuk saat ini keranjingan menulis terus, harapannya apa yang saya tulis memberikan manfaat bagi sahabat pembaca.

Ada banyak keuntungan yang bisa kita petik dari sebuah aktivitas menulis. Mungkin Anda tidak akan menduga sebelumnya, namun berdasarkan pengalaman para senior yang sudah kenyang dengan dunia tulis menulis diperoleh manfaat yang tidak pernah mereka duga sebelumya.

Gemar membaca
Seperti apa yang saya sampaikan sebelumnya diatas bahwa orang akan menulis jika memiliki bahan untuk mereka tulis. Dan bahan tersebut lebih banyak diperoleh dari aktivitas membaca.

Ketika Anda memulai untuk membiasakan diri gemar menulis. Maka selama itu pula anda membutuhkan ide untuk Anda tulis. Ide menulis bisa sana datang dari pengalaman sendiri, pengalaman, bisa juga datang dari orang lain dan juga pengalamanan.

Pembicara yang baik
Dengan banyaknya kosakata yang dibaca membuat tulisan Anda aman semakin padat dan terstruktur dengan baik di samping itu juga, dengan semakin seringnya anda menulis menjadikan diri Anda sebagai seorang pembicara yang baik. Kalimat Anda akan tertata dengan rapi dan apa yang ada sampaikan pun mudah dipahami oleh orang lain.

Menjadi pendengar yang baik
Menulis dan membaca merupakan keterampilan berbahasa yang tidak dapat berdiri sendiri dengan keterampilan lainnya. Dalam hal ini berbicara dan menyimak. Pada penjelasan sebelumnya sudah saya sampaikan bahwa manfaar lain dari menulis mampu meningkatkan kemampuan berbicara

Selain itu juga, hobi menulis yang baru Anda geluti ini juga akan memberikan manfaatnya lainnya bagi keterampilan berbahasa anda. Yaitu menyimak.

Dengan menjadi pendengar yang baik Anda akan memperoleh pesan dan inti dari apa yang orang lain akan sampaikan. Tentunya semua itu bisa dijadikan sebagai bahan dasar menulis Anda.

Mengekspresikan diri 
Menulis bisa dijadikan sebagai media untuk mengekspresikan diri Anda. Apa yang menjadi unek-unek yang tidak bisa Anda luapkan secara langsung bisa Anda sampaikan secara tertulis.

Menjadi seorang penulis profesional 
Tidak ada seorang yang terlahir langsung menjadi orang yang sukses.  Semua dimulai dari kecil dan di bawah. Sama halnya dengan sebatang pohon yang tumbuh tinggi, pada mulanya adalah sebatang tanaman yang begitu kecil.

Nah dengan memiliki hobi menulis Anda sudah berlatih menjadi seorang penulis yang besar. Setiap hari tulisan yang Anada buat akan berproses kearah yang lebih baik lagi. Sehingga pada akhirnya tulisan Anda akan lebih baik dan lebih baik lagi.

Nah, buat sobat pedia apakah masih suka menulis. Dan apakah Anda sudah menulis hari ini ?

Saya harap setelah membaca tulisan saya ini, tangan Anda tergerak untuk menekan papan keyboard laptop anda dan merangkai beberapa kalimat menjadi sebuah informasi dan cerita yang menarik bagi orang lain.

Sal memulis dan wasalam !

1 Response to "Manfaat Menulis yang Tidak Akan Anda Duga "

  1. Satu lagi om.. Pengetahuan dan skill smakin meningkat...

    BalasHapus

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel