Pengertian, Tujuan dan Mamfaat Paguyuban Orang Tua Wali Murid

Selamat berjumpa kembali sobat pedia, kali ini saya ingin membagikan sebuah artikel tentang paguyuban orang tua wali murid.

Kata paguyuban memiliki kata dasar guyub. Guyub yang artinya perkumpulan,  bersatu, berkerja sama, berkelompok dan harmonis.

Jadi paguyuban orang tua wali murid adalah perkumpulan orang tua wali murid yang memiliki tujuan dan kerjasama untuk mensukseskan pendidikan buah hati mereka di sekolah.

Kalau kita lihat organisasi yang melibatkan unsur orang tua wali murid di sekolah salah satunya adalah kobmite sekolah. Dalam kinerjanya, komite lebih banyak terlibat dalam perencanaan program pendidikan dan pembiayaan. Sehingga belum mengarah pada substansi pelaksanaan pembelajaran di kelas.

Paguyuban orang tua wali murid dibentuk secara musyawarah bersama orang tua wali di masing-masing kelas. Sehingga disetiap kelas memiliki paguyuban.

Melalui paguyuban akan memberikan manfaat yang baik bagi orang tua wali murid. Saling mengenal dan berbagi Pengalaman dalam melaksanakan pendidikan keluarga sangat penting dilakukan dalam paguyuban.

Para orang tua wali murid pun bisa memberikan bantuan baik pemikiran maupun usaha fisik dalam menunjang kelancaran pendidikan buah hati mereka di sekolah.

Beberapa program yang dilaksnaakan nantinya melalui paguyuban orang tua wali murid diantaranya:

Kelas inspirasi.
Dalam kelas inspirasi ini , para orang tua yang memiliki Usaha atau sebuah bisnis yang dipandang sukses di lingkungan sekitar, bisa menjadi narasumber bagi siswa di sekolah untuk menceritakan pengalaman dalam menjalankan sebuah usaha.

Sehingga  perjalanan narasumber hingga memperoleh kesuksesan dalam berwirausaha maupun pendidikan bisa menginspirasi para siswa di sekolah.

Kelas orang tua
Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, kelas orang tua merupakan perkumpulan orang tua wali murid dalam kelas tersebut, yang nantinya bisa saling berbagi pengalaman dan usaha mendidik anak di rumah.

Di kelas orang tua inilah para wali murid membicarakan isu-isu yang mungkin santer terdengar dimasyarakat. Mencegah terjadinya isu negatif dan membangun hal-hal yang positif.

Pameran dan pentas panggung
Didalam kegiatan pameran dan pentas panggung ini biasanya dilaksanakan setahun sekali. Biasanya pada kegiatan kenaikan kelas.

Dalam kegiatan pameran dan pentas panggung para orang tua nantinya akan terlibat dalam perencanaan, persiapan tersebut.

Pentas panggung yang dimaksudkan disini tidak serta Merta harus dengan sarana dan prasarana yang mewah.

Bahan sederhana pun bisa digunakan. Karena tujuan bukan terletak pada kemewahannya, tetapi pengalaman kegiatan anak untuk berani tampil di depan orang banyak.

Nah, sobat demikian ulasan yang saya ketahui tentang pengertian paguyuban orang tua wali murid. Mungkin saja beberapa ulasan saya disini ada sedikit kekurangan maupun kesalahan. Karena beberapa hari lalu kebetulan saya menghadiri pembentukan paguyuban orang tua wali murid.

Jadi , hanya beberapa yang mampu saya tuliskan kembali. Demikian sobat pedia dan semoga bermanfaat. Wasalam !

0 Response to "Pengertian, Tujuan dan Mamfaat Paguyuban Orang Tua Wali Murid"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel