Penyebab Printer Macet Ketika Ngeprint dan Cara Mengatasinya

Bagi anda pekerja kantoran, pelajar maupun pengurus organisasi dan LSM tentu sudah terbiasa yang namanya membuat dokumen atau sekedar laporan pertanggung jawaban. Tentunya disini saya tidak akan membahas bagaimana cara membuat laporan. Sebab sesuai dengan judul tulisan kali ini membahasa tentang topik cetak dokumen, alias meprint data.

Sobat yang berbahagia, mencetak dokumen pada mesin printer tentunya sangat mudah dan tidak terlalu sulit. Namun, bila tidak hati-hati semua akan menjadi sesuatu yang berbeda. Saya yakin, Anda tentu pernah mengalami sebuah perasaan yang kesal, gundah, dan takut manakala printer yang akan anda gunakan untuk ngeprint malah macet di tangah tugas. Tentu ini sangat menyebalkan sekali.

Usut punya usut berdasarkan pengalaman saya. Macetnya prinyer tidak selamanya disebabkan karena kualitas printer yang sudah lansia.

Printer mengalami gangguan, yaitu macet ketika ngeprint bisa juga disebabkan karena faktor lain.

Berikut ini beberapa hal sesuai dengan pengalaman saya, yang kadang bisa menyebabkan printer anda macet saat ngeprint dan ketika dipaksa mengambil kertas yang nyangkut di dalamnya akan berakibat lain, yaitu kerusakan pada mesin printer.

1. Kertas yang lembab 
Sobat pedia, biasanya kalau di rumah kadang abai akan kondisi kertas printer.printer kadang macet saat mencetak karena kondisi kertas yang lembab. Kertas lembab kurang baik ditarik printer ketika printer beroperasi.

Nah, jadi penting sekali buat kita meletakkan kertas pada tempat yang kering dan mudah memperoleh cahaya. Ruang yang ber-AC tentu akan senantiasa tetap terjaga kelembabannya , sehingga kertas tidak akan lembab sekali.

2. Posisi kertas yang salah
Sebelum anda menekan perintah print pada layar komputer ada baiknya Anda memastikan posisi kertas terlebih dahulu.

Kertas yang dalam posisi kurang pas akan menyebabkan kertas bisa tersangkut di mesin printer.

Bila hal ini terjadi, Anda jangan menarik kertas begitu saja dari mesin printer anda. Ada cara yang benar untuk dilakukan. Cobalah membaca buku petunjuk printer anda. Dan cari cara mengatasi kertas yang tersangkut dalam printer.

3. Menyetel kecepatan printer menjadi fast printer
Alih-alih ingin kerja yang cepat dan penggunaan tintas yang super irit, kemudian Anda menyetel printer pada posisi fast printer.

Memang setingan fast printer membuat kerja printer lebih cepat dan sekaligus menghemat tinta.

Sebab hasil cetak fast printer lebih tipis dari keceptan printer yang diseting standar. Namun Anda mesti berhati-hati. Karena setingan printer seperti ini kadang menyebabkan kertas tersangkut saat ditarik oleh printer.

Nah, langkah aman yang bisa anda lakukan adalah mensetting kecepatan printer pada posisi standar saja. Degan begitu kualitas cetak pun lebih baik dan tidak akan ada kertas yang tersangkut.

Demikian sobat pedia, beberapa hal yang bisa menyebabkan printer mengalami kemacetan ketika mencetak file. Adapun kesimpulan dan cara mengatasi hal tersebut cukup beragam, beberapa diantaranya adalah :

Pastikan anda menyimpan kertas dalam keadaan yang tidak lembab. Karena hal ini akan mempengaruhi kualitas cetak printer nantinya. Setingan kecepatan juga perlu anda perhatikan. Gunakan saja dengan kualitas standar, jika ingin lebih baik lagi, bisa menggunakan dengan hasil best.

Selamat mencoba sobat pedia, semoga bermanfaat.

0 Response to "Penyebab Printer Macet Ketika Ngeprint dan Cara Mengatasinya "

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel