Tips sukses Usaha Bisnis Warnet yang kini Mulai Sepi Pengunjung

Apakah anda seorang pengelola warnet? Dan apakah kini warnet anda sepi pengunjung? jangan khawatir sebagai pengelola bisnis memang ada pasang surutnya.  Memang dengan kemudahan teknologi komunikasi seluler sekarang ini membuat begitu mudahnya untuk berselancar di dunia internet, sehingga membuat sedikit kelesuan orang untuk pergi ke warnet untuk sekedar browsing atau membuka akun sosmed mereka.

Hal yang berbeda bila kita bandingkan di masa 10 tahun lalu. Dimana saat itu warnet hampir seperti kedai kopi yang membuat pengunjung antre untuk menunggu giliran menikmati nikmatnya berselancar di dunia google.

Menghadapi kelesuan orang untuk pergi bermain ke warnet memang membuat pengelola warnet harus kreatif untuk mengembangkan usuhanya tersebut. Menurut beberapa pengalaman yang telah dilakukan oleh beberapa sahabat untuk tetap membuat eksis para pelanggannya anda beberapa tips yang dilakukan sehingga sukses menggaet para konsumen untuk datang dan datang lagi sehingga bisnis pun tidak jadi gulung tikar.

Tips yang bisa dilakukan oleh para pengeloa warnet untuk tetap memajukan usaha tersebut tergantung kreatifitas anda. Namun, semoga tulisan kali ini memberikan inspirasi bagi anda sehingga usaha warnet pun tetap bisa berjalan dengan baik.  

1. Promosikan usaha anda lewat berbagai media

Untuk mengenalkan bisnis memang harus dilakukan lewat promosi. Jangan anda berpikir jika usaha tersebut sudah dikenal oleh warga sekampung, jadi anda enggan untuk mempromosikannya.

Anda harus ingat beberapa produk yang terkenal saja tetap gencar melakukan promosi. Apakah saya  mesti sebutkan satu persatu? Anda masih berpikir kalau promosi melalui media cukup mahal? jangan khawatir sobat, kalau anda cara yang murah kenapa harus pilih cara yang mahal.

Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk mempromosikan usaha anda tersebut melalui akun sosmed anda sendiri. Toh tujuan sederhana anda ingin dikenal lebih banyak lagi di lingkungan terdekat anda.

Selain itu anda bisa memajang baliho dengan ukuran tertentu di tempat anda membuka usaha warnet.

Dengan promo seperti ini  menjadikan tempat anda akan dikenal oleh mereka yang kebetulan lewat atau singgah di lingkungan tersebut.  

2. Harga yang bersaing

yang namanya konsumen tentu menginginkan harga yang murah. Namun, perlu anda  ketahui memberikan harga yang murah jangan sampai membuat usaha anda bangkrut. Yang terbaik adalah memberikan harga yang bersaing sehingga membuat konsumen berani membeli tarif yang pas untuk mereka.

Anda bisa menerapkan sistem voucer. Sistem voucer tersebut adalah waktu konsumen untuk menggunakan internet di warnet anda. Misalnya membeli voucer 5 jam. Jadi saat konsumen menggunakan waktu untuk internetan baru 1 jam, maka mereka berkesempatan untuk menggunakannya pada lain kesempatan lagi sampai waktu 5 jam tersebut habis digunakan.  

3. Menseting tempat warnet lebih nyaman lagi.

 Biasanya kalau kita pergi kewarnet disana bagaikan masuk ke kandang. Karena ada sekat-sekat yang digunakan bagi konsumen untuk menikmati dunia internet.

Kadang tempat seperti ini membuat konsumen kepanasan dan sering pula mereka melakukan hal-hal negatif dilaur kepantasan.

Bila anda kreatif cobalah anda seting tempat warnet anda seperti hunian biasa.

Misalnya meja dibawah pohon dengan suasana yang nyaman untuk mengakses internet. Sehingga mereka merasa mengakses internet di rumah sendiri dan bukan di warnet.

4. Melengkapi warnet dengan jualan makanan ringan dan buku bacaan 

Untuk menambah semarak bisnis warnet yang kembali sepi, anda bisa mencoba dengan memberikan tambahan jualan makanan ringan.

Sehingga ketika pengunjung kelaparan, mereka pun bisa dengan mudah untuk memesan makanan ringan ; seperti mie kuah atau mie goreng dan juga beberapa makanan ringan lainnya seperi snack dan panganan tradisional lainnya.

selain makanan ringan  tidak ada salahnya anda melengkapinya dengan sederet buku bacaan, seperti novel dan komik. Dengan begitu pengunjung akan merasa nyaman ketika menunggu giliran untuk online di warnet anda.  

5. Perbaiki speed internet agar super ngebut.

Pengunjung tentu akan mencari internet dengan kualitas super ngebut. Maka dari itu anda harus senantiasa memperbaiki kualitas internet di tempat anda.

Pilihlah provider yang terpercaya dan pilihan paket yang mudah djangkau, sehingga anda pun tidak akan mengalami kerugiaan ketika memberikan tarif yang murah untuk internet di warnet anda.

 Kesimpulan : Bisnis warnet sekarang ini memang sedikit mengalami kelesuan. Hal ini lebih banyak disebabkan karena internet kini sudah begitu mudah untuk diperoleh seiring dengan perkembangan telepon seluler yang menyediakan akses internet yang super ngebut. Namun, bila anda sudah terlanjur mengeluti bisnis warnet, maka tinggal memberikan sedikit kreatifitas kepada usaha tersebut, sehingga usaha bisa berjalan dengan lancar.

Mengenai kiat kreatif untuk memperbaiki usaha warnet tentu banyak cara yang bisa dilakukan. Semoga apa yang saya sajikan disini mampu memberi inspirasi bagi anda yang masih melakoninya.

0 Response to "Tips sukses Usaha Bisnis Warnet yang kini Mulai Sepi Pengunjung "

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel