Mempertahankan Semangat Menulis Setiap Hari

Sudahkah anda menulis hari ini? Sebuah kalimat tanya sederhana yang selalu saya pajang di walpaper gadget saya, tujuannya cukup sederhana, hanya sekedar mengingatkan agar saya tetap semangat untuk menulis. Mengapa harus menulis? Tentu jawaban atas pertanyaan ini cukup relatif. Bagi saya tentu berbeda bagi anda. Namun, apapun profesi kita setiap hari hendaknya senantiasa menyempatkan diri untuk menulis.

Menulis sama halnya dengan membuat sebuah peninggalan sejarah bagi generasi berikutnya. Tentu kita semua sudah menyadari kalau kita tidak akan selamanya berada di muka bumi ini. Ada batas waktu yang kita miliki.

Dengan menulis, kita bisa mengabadikan suatu peristiwa yang bisa saja dijadikan sebagai contoh sebuah kehidupan dimasa depan. Seeederhana apapun tulisan anda, jangan khawatir dan takut kalau nanti tidak ada orang yang membacanya. Sama seperti yang saya lakukan sekarang ini. Saya tidak pernah berpikir ada atau tidak orang yang akan membacanya. Yang terpenting, saya bersemangat untuk menulis dan membuat sebuah peninggalan bagi generasi yang akan datang.

Kadang motivasi orang untuk menulis tidaklah sama. Hal ini sangat dipengaruhi oleh pekerjaan. Pekerjaan yang memang digeluti oleh orang tersebut setiap harinya.

Jika ia adalah seorang penulis, maka menulis adalah keseharian yang wajib dilakukan agar karyanya cepat selesai dan bisa beredar bagi para pembacanya.

Kondisi tersebut mungkin akan sedikit berbeda bagi mereka yang memiliki hobi menulis tetapi bukanlah seorang penulis yang sudah malang melintang dalam dunia penulisan. Tentu harus ada strategi yang anda lakukan bila anda memiliki hobi menulis tapi kadang semangat menulis anda kendor.

Mempertahankan semangat menulis agar terwujud sebuah tulisan setiap harinya memang tidaklah mudah. Namun, bila anda bertekad untuk melakukannya sebenarnya tidaklah sulit.

Semangat menulis sebenarnya tidak harus kendor. Apalagi dengan alasan klasik, "Tidak punya waktu karena tugas kantor yang terlalu banyak"  atau bisa juga dengan alasan keluarga. Anak-anak pada rewel ketika saya berada di depan komputer. Apapun alasan anda itu,cobalah anda renungkan beberapa pertanyaan yang akan saya lontarkan berikut ini.

"Apakah anda bertekad untuk menulis?

"Apakah menulis adalah hobi yang sangat anda cintai?"

" Sudahkah anda menggunakan waktu istirahat disela tugas pokok untuk menulis?"

"Sudahkah anda mengenali gaya penulisan anda?"

"Tulisan anda memuat apapun yang anda kuasai, anda alami atau dari menulis hal-hal diluar batas kemampuan anda sendiri?"

Maaf sobat pedia, kalau pertsnyaan yang saya ajukan mungkin bagi beberapa pembaca yang sudah profesional dalam menulis tidaklah penting.

Namun, bagi anda yang mengalami penurunan semangat untuk menulis, apa yang saya utarakan diatas bisa menjadi bahan renungan Anda untuk memulihkan semangat menulis Anda.

Tekad yang kuat
Seperti apa yang saya tanyakan sebelumnya, bila Anda memutuskan untuk memilih jalan sebagai penulis atau orang yang memiliki hobi menulis, maka sebesar apapun hambatan yang Anda alami anda tidak tergoda dan menjadikan kegiatan menulis sebagai luapan untuk menyalurkan unek-unek anda. Kalau sudah demikian maka tidak ada kata kurang semangat untuk menulis.

Jadikan menulis sebagai sebuah hobi
Jika sudah melaksanakan hobi tidak ada kata malas. Apapun yang terjadi pasti hobi senantiasa disenangi. Demikian halnya dengan menulis. Jika Anda sudah menyukai menulis, maka semangat Anda pun akan kembali bangkit untuk menulis.

Menggunakan waktu istirahat untuk menulis.
Bila Anda mengatakan tidak ada waktu untuk menulis dan semangat Anda pun menurun, maka cobalah Anda menggunakan waktu luang Anda untuk menulis. Apapun yang ditemui coba saja Anda curahkan dalam tulisan. Jangan takut kalau tulisan Anda jelek, tulisan yang baik adalah bagaimana pesan yang terkandung dalam tulisan bisa dipahami dengan baik oleh pembaca.

Bila sudah demikian maka Anda akan tetap fokus dalam melaksanakan hobi menulis Anda. Ide akan mengalir terus dan segera eksekusi menjadi sebuah tulisan.

Demikian ulasan sederhana yang bisa saya bagikan, semoga bisa menambah daya gedor semangat Anda untuk menulis. 

Sukses selalu, wasalam!

1 Response to "Mempertahankan Semangat Menulis Setiap Hari "

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel