Patut Dicoba Membangun Usaha Kecil Dari Hobi

Membangun sebuah usaha berawal dari hobi tentu sudah banyak orang tau. Mungkin saja sudah ada beberapa diantara kita yang sudah sukses menekuni usaha dari  hobi. Namun tidak jarang juga orang yang bingung bagaimana agar hobinya tersebut menghasilkan.
Jika Anda mampu mengelola hobi untuk menjadi sebuah usaha kecil, tentunya pekerjaan tersebut akan berjalan dengan lancar. Mengapa? Karena Anda sudah memiliki dasar cinta pada pekerjaan tersebut. Kalau sudah cinta, tidak akan memiliki semangat yang kendor dalam bekerja. 
Terkadang kita selalu mencari solusi lain di internet untuk memperoleh informasi bagaimana cara tepat dalam memulai sebuah usaha. Padahal sejatinya semu orang memiliki jalan yang berbeda dan kreatifitas yang bisa dilakoni dengan gaya sendiri.

Nah, mulai sekarang coba Anda kenali hobi anda. Dan apakah hobi tersebut sudah mampu Anda jadikan sebagai lahan penghasilan Anda setiap hari?
Sebenarnya semua hobi bisa kita jadikan sebagai usaha kecil. Saya akan coba sampaikan berdasarkan pengamatan dan cerita dari beberapa teman yang sukses melakoni hobi menjadi sebuah usaha.
Beberapa hobi yang coba saya tuliskan disini hanyalah secuil dari beragam hobi yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah bagi Anda.

1. Hobi tulis menulis
Saya yakin anda bisa menulis dan saya yakin pula kalau Anda menekuni hobi ini dengan baik maka bisa Anda memberikan income bagi Anda dan keluarga.
Apa yang bisa ditulis?
Pertanyaan tersebut sering muncul di berbagai forum online penulis pemula. Kadang ada yang mengatakan kehabisan ide, dan tidak ada juga yang menjadi seorang plagiat, wah... Kalau bisa jauhi yang namanya plagiat.

Kita manusia yang sudah dibekali kemampuan berpikir, coba saja kembangkan kemampuan tersebut. Pasti anda bisa menghasilkan karya tulis yang jauh lebih baik.
Melalui hobi menulis Anda bisa membuat karya seprti novel misalnya. Anda tentu pernah membaca bagaimana perjalanan penulis novel Harry Potter?
Dengan kesuksesannya menekuni hobi menulis, kini menghasilkan sesuatu diluar dugaan orang pada umumnya tentang sebuah hobi menulis.

2. Hobi menggambar
Apakah Anda suka seni gambar? Kalau ya, mengapa Anda tidak mengembangkan hobi tersebut.
Seni gambar komik kini mulai banyak digeluti. Anda bisa lihat di webtoon bagaimana perkembangan para komikus muda yang memiliki karya yang sangat bagus.

3. Hobi memasak
Meskipun Anda bukan lulusan sekolah kejuruan atau program sarjana kepariwisataan, tetapi untuk jurusan masak-memasak Anda bisa mengembangkan hobi tersebut sebagai lahan pekerjaan.
Anda bisa menjual kue yang bisa Anda jajakan di warung-warung atau tidak menutup kemungkinan Anda bisa menjual hingga menembus swalayan.

Bila Anda memiliki cukup modal, Anda bisa membuka layanan jasa Ketring makanan. Biasanya pada musim pernikahan, usaha yang satu ini laris manis diserbu oleh konsumen.

4. Hobi fotografi
Jika Anda senang akan dunia foto grafi maka coba Anda kembangkan usaha jasa foto.
Anda bisa memulainya dari lingkungan sekitar Anda. Misalnya, ketika akhir tahun pelajaran biasanya sekolah banyak yang mencari fotografer untuk membuatkan foto bagi siswa.

Nah, coba Anda tawarkan kemampuan Anda tersebut. Untuk mencetaknya Anda bisa menggunakan printer dengan kualitas kertas foto yang baik. Bukan memakai kertas HVS GA sobat.
Catatan agar kualitas foto Anda bagus, jangan lupa untuk mengeditnya dari beberapa aplikasi salah satunya Photoshop.

Sebenarnya, masih banyak lagi hobi- hobi yang bisa Anda gunakan untuk dijadikan peluang usaha. Semua itu tergantung dari niat dan kreatifitas Anda.

0 Response to "Patut Dicoba Membangun Usaha Kecil Dari Hobi "

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel