Pentingnya Mempersiapkan Rubrik Penilaian Keterampilan dalam Kurikulum 2013

Selamat berjumpa sahabat pedia, kali ini saya akan membagikan tulisan mengenai pentingnya membuat sebuah Rubrik Penilaian Keterampilan dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 atau yang lebih dikenal dengan sebutan K13. Apakah sekolah sobat tahun ini sudah mulai melaksanakan K13 atau sudah dari tahun sebelumnya. Apapun itu yang terpenting adalah anda tahu bagaimana mempersiapkan perangkat pembelajaran dan perangkai penilaian pada kegiatan belajar mengajar K13.

Pembelajaran dengan menerapkan K13 memang sedikit berbeda dengan pelaksanaan pembelajaran pada kurikulum KTSP sebelumnya. Salah satu yang dapat saya sampaikan disini dari segi penilaiannya.

Bila dalam Kurikulum KTSP penilaian masih mengutamakan ranah pengetahuan saja. Aspek sikap dan keterampilan jarang diamati dan dinilai.

Sedikit berbeda dengan K13 dimana penilaian tidak hanya mengukur ranah pengetahuan saja, tetapi juga mengukur ranah sikap dan keterampilan.

Meskipun demikian, tidak semua kegiatan penilaian kurikulum sebelumnya tidak diusahakan untuk mengukur keterampilan dan sikap.

Dalam setiap kegiatan pembelajaran , aspek keterampilan meski dilakukan dengan cara observasi. Untuk itu Anda harus menyusun lembar observasi penilaian keterampilan siswa.

Lembar penilaian keterampilan ini harus Anda buat setiap hari. Caranya tidaklah sulit.

Anda sudah mengunduh buku k13 , itu sebaiknya Anda lakukan untuk mensiasati keterlambatan datangnya buku.

Ketika anda membuat Rubrik Penilaian Keterampilan maka Anda harus membuka buku guru. Selanjutnya anda cermati setiap pembelajarannya. Diakhir pembelajaran biasanya Anda sudah disediakan beberapa kriteria penilaian keterampilan.

Anda harus menyesuaikan Rubrik Penilaian dengan keterampilan yang akan Anda ukur. Penting sekali untuk membuat pedoman penilaian keterampilan sehingga penilaian yang anda lakukan tidak keluar arah.

Skala yang digunakan untuk mengukurnya adalah dengan rentangan 1-4 untuk kriteria Anda bisa gunakan pada buku guru atau Anda kreasikan sendiri. Berikut akan kami sajikan model Rubrik Penilaian Keterampilan beserta pedoman pendekatannya.

Rubrik penilaian salah satu keterampilan bahasa Indonesia


Berikutnya kami sajikan pedoman penilaian sesuai dengan rubrik penilaian diatas :



Dengan langkah seperti ini maka Anda akan dapat mengukur secara tepat keterampilan anak didik Anda.

Penilaian keterampilan dilakukan setiap hari, sehingga Anda akan mengumpulkan hasil penilaian keterampilan yang akan digunakan untuk menyimpulkan bagaimana keterampilan anak Didik Anda di akhir semester.

Jadi penting bagi Anda untuk membuat penilaian keterampilan, karena memudahkan untuk memberikan kesimpulan atas kemampuan ranah keterampilan anak didik anda.

Demikian tulisan, semoga bermanfaat, wasalam !

0 Response to "Pentingnya Mempersiapkan Rubrik Penilaian Keterampilan dalam Kurikulum 2013"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel