Tips Melakukan Penilaian Sikap Sosial yang Autentik

Selamat berjumpa kembali sobat pedia kali ini kembali kita akan membahas masalah proses penilaian di dalam pembelajaran kurikulum 2013 atau yang lebih dikenal dengan K13. Seperti yang sudah banyak sobat ketahui, bahwasannya penilaian dalam K13 tidak hanya mengukur kemampuan akademik saja namun juga sikap dan keterampilan peserta Didik.

Dalam pelaksanaan dilapangan terkadang guru sering mengalami kendala didalam melaksanakan penilaian K13 yang autentik. Mengapa demikian, karena penilaian K13 memang menghendaki adanya penilaian yang nyata tidak hanya pengetahuan tetapi juga sikap dan keterampilannya.

Tentu kondisi inilah yang membuat pendidik harus berusaha ekstra keras dalam melakukan penilaian. Segala upaya dan usaha harus  dilakukan. Demikian halnya dalam melaksanakan penilaiak sikap.


Sikap yang diharapkan muncul dalam diri peserta Didik tentunya adalah sikap yang baik. Mulai dari sikap disiplin, kerjasama, tanggung jawab, percaya diri, dan kepedulian merupakan beberapa butir sikap yang ditumbuh kembangkan dalam keseharian peserta Didik. Tidak hanya di sekolah tetapi juga di keluarga dan masyarakat.

Sikap tersebut nantinya dipantau setiap harinya, sehingga Anda akan memperoleh gambaran yang valid akan tumbuh kembang peserta didik.
Dibalik pekerjaan yang super banyak maka terkadang Anda sebagai pendidik sedikit mengalami kesulitan dalam melakukan penilaian, terutama dari ranah sikap.

Jika demikian Anda harus memiliki trik dan usaha tersendiri dalam melakukan penilaian. Sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan Anda pun bisa melakukan penilaian sikap dengan optimal.
Tips berikut ini semoga bisa bermanfaat bagi anda di dalam melaksanakan penilaian sikap, diantaranya :

1. Membuat jurnal sikap siswa
Jika anda menginginkan mengetahui bagaimana sikap peserta Didik Anda dari waktu ke waktu maka langkah penting yang harus Anda usahakan adalah membuat jurnal sikap.

Dalam jurnal tersebut Anda akan mencatat sikap peserta Didik yang menonjol dari kejadian yang dialami di sekolah. Misalnya : saat jam istirahat Anda duduk di meja piket kemudian Anda melihat salah seorang siswa Anda yang tanpa ia sadari Anda sedang mengamatinya, kemudian anak tersebut memungut sampah yang kebetulan berada dekat dengannya. Sampah tersebut dipungut dan dimasukkan kedalam tong sampah.
Dari kejadian tersebut, Anda bisa memasukkan kejadian tersebut ke dalam jurnal harian sikap peserta Didik Anda. Tinggal menuliskan hari dan tanggal, nama siswa , perilaku yang dilakukan, dan berikutnya butir sikap yang ssesuai dengan perilaku tersebut. Seperti kasus tadi, mencerminkan salah seorang anak Didik Anda memiliki rasa kepedulian yang tinggi.

2. Melakukan wawancara pada teman lain siswa dan orang terdekat. 
Inilah sedikit pembeda dalam penilaian sikap.  Jika penilaian pengetahuan Anda hanya menggunakan satu bentuk tes atau nontes, maka dalam penilaian pun Anda tidak bisa hanya mengandalkan salah satu bentuk saja, tetapi menggunakan teknik penilaian yang beragam. Salah satunya dengan wawancara.

Untuk mengetahui sikap siswa tersebut di rumahnya, Anda bisa menggunakan hasil dari wawancara dengan teman sekolah , atau bisa juga dengan orang terdekat siswa tersebut.  Data hasil wawancara tersebut bisa Anda catat dan digunakan pada waktu pelaporan nanti kepada orang tua wali.

3. Penilaian antar teman
Tips berikutnya tentang penilaian sikap adalah melalui penilaian antar teman. Langkah dalam melaksanakan penilaian antar teman tidaklah rumit.
Anda tinggal membuatkan  kuisionernya sesuai dengan sikap yang ingin Anda ketahui. 

Disini siswa boleh menilai teman lebih dari satu. Dan pada lembar penilaian tersebut, si penilai tidak menuliskan nama sendiri. Jadi tidak diisi nama penilainya.

Nah hasil penilaian antar teman tersebut nantinya akan Anda bandingkan atau tambahkan dengan hasil dari pengamatan Anda melalui jurnal harian sikap.

Nah, sobat pedia bagaimana apakah Anda sudah mulai terbayang bagaimana langkahnya?

Saya yakin dengan kreatifitas dan kesungguhan , Anda pun akan mampu menilai dengan baik dan secara objektif. Semoga tulisan sederhana ini bermanfaat bagi kita semua. Wasalam!

0 Response to "Tips Melakukan Penilaian Sikap Sosial yang Autentik "

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel