Tips Menciptakan Pembelajaran yang Kondusif Meski Keterlambatan Buku K13

Sobat pedia yang Budiman. Apakah sekolah Anda saat ini sedang melaksanakan pembelajaran Kurikulum 2013 atau yang lebih dikenal dengan nama K13. Apakah buku untuk beberapa kelas sudah datang? Jika belum tentu kondisi tersebut akan sangat mengganggu proses pembelajaran di kelas anda. Apakah Anda sudah melakukan tindakan untuk mengatasi kendala tersebut?

Seperti apa yang saya alami juga dalam pembelajaran di kelas 2. Dimana saat ini pembelajaran di kelas 2 sudah menggunakan k13 dan kendalanya buku belum tiba di sekolah.

Ada beberapa cara yang mudah-mudahan bermanfaat bagi sobat pedia disini dalam mengatasi masalah yang satu ini.

Sebagai pendidikan yang senantiasa harus menciptakan pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan, maka kita dituntut  kreatif. Sehingga saya pun melakukan beberapa hal agar pembelajaran bisa berjalan dengan baik meskipun buku K13 belum tiba. 

1. Mendownload buku secara online
Dengan kemajuan teknologi sekarang ini. Kita tidak lagi hanya menunggu agar buku itu tiba di atas meja. Dengan adanya media internet, kita bisa mencoba menemukannya di internet. Alhasil apa yang saya cari ketemu di sana dan saya manfaatkan dalam melaksanakan pembelajaran di kelas.

2. Membuat tayangan slide Ms.P.point
Setelah kita dapatkan langkah selanjutnya kita buat tayangan slide power pointnya. Anda bisa meringkas beberapa materi pada buku K13 yang masih berupa soft copy tersebut. Selanjutnya bisa di tayangkan pada LCD Proyektor apabila di sekolah Anda tersedia perangkat tersebut.

3. Mencarikan buku sumber lainnya yang relevan
Pembelajaran dengan K13 tidak menyempitkan peran buku-buku pengayaan lainnya. Dalam buku siswa tertulis beberapa kegiatan yang menugaskan siswa untuk melakukan beberapa studi Literasi. Nah untuk itu Anda sebagai guru harus kreatif memberikan kesempatan kepada siswa untuk senantiasa mengakses buku referensi lainnya yang relevan dengan pembelajaran yang sedang dilakukan siswa saat ini. 

Kesimpulan :
Demikian sobat info sederhana yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini. Tidak ada istilah tidak bisa melaksanakan karena sarana yang kurang memadai, akan tetapi bagaimana kita menciptakan sarana tersebut dengan kreativitas kita sendiri.

Wasalam semoga bermanfaat !

0 Response to "Tips Menciptakan Pembelajaran yang Kondusif Meski Keterlambatan Buku K13 "

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel