Cara Menabung Meski Punya Penghasilan Kecil

"Rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya"  tentu sobat sudah mengenal semboyan itu sejak masih duduk di bangku sekolah. Bahkan sejak itu pula kita diajarkan untuk menabung. Bahkan di rumah pun punya tempat menabung, meskipun hanya sekedar uang receh, namun jika di kumpulan dalam waktu yang lama hasilnya pun sangat luar biasa.

Namun kini setelah dewasa semangat menabung itu mulai turun. Wajar saja karena untuk di pakai keperluan sehari-hari saja kadang pas, sehingga tidak bisa menabung.

Berapa uang yang masuk ke rekening, bila tanggal muda terpaksa diambil semuanya untuk mengisi uanh dapur. Kalau sudah demikian bagaimana bisa punya tabungan?

Apakah sobat pedia ada yang mengalami kondisi seperti itu? Nah bila demikian maka Anda jangan khawatir, ada tips yang bisa Anda coba.

Cara menabung meski punya penghasilan kecil bisa dilakukan asalkan ada kemauan dari Anda untuk menabung.

1. Terapkan prinsip 2:1
Setiap orang tentu memiliki penghasilan yang berbeda. Ada yang berpenghasilan besar, ada juga yang kecil.

Ada juga yang sudah memiliki penghasilan yang lumayan namun tidak mampu menyisihkan sedikit penghasilannya.

Jadi semua itu tergantung niat kita untuk senantiasa menyisihkan sebagian penhhsoslan kita. Anda bisa menerapkan prinsip perbandingan 2:1

Dari tiga penghasilan yang Anda miliki maka cobalah untuk memakai untuk kebutuhan sehari-hari sebanyak dua buah saja dan sisanya lagi satu mesti anda tabungkan.

2. Menu makanan sederhana namun sehat
Banyak rumah tangga yang selalu mengeluhkan penghasilan mereka habis untuk uang dapur. Nah bagi Anda yang memiliki penghasilan rata-rata 1,5 juta perbulan ,harus benar-benar mengatur pengeluaran untuk dapur.

Cobalah Anda siasati dengan membuat menu makanan yang sederhana namun tetap memperhatikan kesehatan. Makanan sehat tidak harus mewah yang terpenting adalah kesehatan.

3. Jangan sering shoping
Biasanya di jaman sekarang ini gaya hidup konsumtif semakin tinggi. Orang membeli barang bukan karena keperluan tetapi karena ingin pamer.

Jika Anda ingin membeli sesuatu pastikan dulu kalau barang tersebut memang benar-benar dibutuhkan. Dengan cara tersebut Anda akan bisa berhemat dan  menabung kan sebagian penghasilan Anda.

4. Jalan-jalan diatur dengan bijak
Biasanya kalau sudah memiliki penghasilan tetap, orang akan cenderung melakukan kegiatan jalan-jalan untuk mengisi waktu luangnya atau untuk menyegarkan diri di hari libur.

Anda boleh-boleh saja melakukan aktivitas jalan-jalan, namun jangan sampai aktivitas tersebut menjadi gaya hidup Anda.

Lakukan kegiatan tersebut hanya sebatas jika ada momentn yang pas. Seperti misalnya, ulang tahun anak, atau perayaan hari pernikahan. Dengan begitu Anda akan tetap bisa menabung sebagian dari gaji Anda.

5. Perbanyak olah raga dan aktivitas fisik
Kata orang bijak mencegah lebih baik dari pada mengobati. Nah, jika Anda ingin berhemat cobalah untuk lebih rajin berolah raga.

Dengan berolahraga pikiran dan tubuh Anda akan tetap dalam kondisi prima. Lakukan aktivitas ringan dan menyehatkan setiap hari.

Misalnya, membersihkan lingkungan rumah, menanam pohon, atau bermain di halaman bersama buah hati.

Nah, sobat apa yang saya tulis disini adalah sebagian kecil dari ribuan cara yang bisa kita lakukan untuk mampu menyisihkan sebagian penghasilan kita untuk ditabung.

Menabung begitu penting untuk masa depan. Sebab kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di esok hari. Dengan menabung, kita sudah menyediakan payung keselamatan untuk hari esok.

Wasalam !

0 Response to "Cara Menabung Meski Punya Penghasilan Kecil"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel