Cara Mengatasi Kesulitan Melakukan Penilaian Sikap KI-2

Wah, membaca judul di atas saya yakin pasti sobat pernah mengalaminya. Kesulitan dalam melakukan penilaian sikap. Dan apakah sobat punya cara yang jitu untuk melakukan penilaian tersebut?

Baiklah sebelum lanjut membahas tentang bagaimana cara mengatasinya, ada kalanya kita coba temukan kesulitan apa saja yang dialami dalam melakukan penilaian tersebut.

#waktu
Dalam proses pembelajaran, seorang pendidik tidak hanya membelajarkan siswanya. Namun juga melakukan penilaian.

Kini dengan kurikulum 2013, seorang pendidik tidak hanya mengukur kemampuan pengetahuan siswa saja. Namun juga kemampuan keterampilan dan sikapnya.

Untuk melakukan penilaian sikap, guru harus melakukannya secara langsung tanpa lagi mempersiapkan waktu khusus seperti penilaian pengetahuan. 

Kadang disinalah kewalahan guru dalam menilai. Saat mereka melakukan kegiatan pembelajaran, guru kesulitan membagi waktu antara menilai dan melakukan pembelajaran. 

#Keakuratan pengamatan
Karena membagi waktu antara mengajar dan melakukan penilaian, pengamatan yang dilakukan guru kadang kurang akurat untuk mengamati sikap siswa ketika proses pembelajaran. 

#Tenaga
Dengan melakukan penilaian yang cukup kompleks sekarang ini, maka diperlukan kemampuan dan tenaga yang prima. Dengan begitu, barulah penialain akan dapat dilakukan dengan akurat. 

Untuk itu maka guru harus bijak dan tepat dalam melakukan penilaian sikap, sehingga bisa berjalan dengan efektif dan efesien sehingga tidak akan menguras tenaga yang berlebihan.  

Itulah beberapa hal yang sering saya alami dalam melakukan penilaian sikap. Namun, semua itu bukan menjadi alasan untuk tidak melakukan penilaian sikap dengan efektif. 

Saya pun melakukan beberapa strategi untuk melaksanakan penilaian tersebut.  Dan mungkin bagi sobat yang mengalami masalah yang sama bisa menjadikan solusi ini sebagai perbandingan untuk menyelesaikan masalah yang sama. 

Bila perlu sobat pedia bisa berbagi cara lain untuk mengefektifkan penilaian sikap, melalui komentar pada tempat yang sudah kami sediakan pada blog ini. 

Baik langsung saja, beberapa cara yang saya lakukan untuk mengatasi kesulitan dalam melaksanakan penilaian sikap atau KI-2 pada Kurikulum 2013. 

1. Menyusun beberapa bentuk penilaian sikap
Agar proses penilaian sikap bisa dilakukan dengan efektif, maka saya pun melengkapinya dengan menyusun beberapa bentuk penilaian sikap terlebih dahulu.

Untuk  bentuk penilaian sikap Anda bisa memilih dalam bentuk jurnal catatan sikap, lembar observasi, penilaian dari dan Penilaian antar teman. Nah, sekarang tergantung selera anda, yang mana yang akan digunakan.

2. Lakukan pemantauan 
Agar lebih mudah melakukan penilaian sikap siswa maka Anda harus melakukan pemantauan sikap anak setiap waktu.

Anda bisa melihat sikap beberapa anak ketika mereka bermain di jam istirahat, Anda juga bisa melihat bagaimana sikap anak ketika mereka berbelanja ke kantin.

Banyak sikap yang bisa kita amati saat siswa bermain, berbelanja ke kantin, mengerjakan tugas piket dan hal lainnya selama mereka bergaul di sekolah.

Coba Anda pantau dan tuliskan pada jurnal catatan sikap siswa setiap hari. Usahakan anda menemukan perkembangan sikap beberapa anak saja setiap harinya. Terutama yang menonjol.

Dengan cara seperti ini anda tidak akan kesulitan ketika melakukan penilaian sikap siswa setiap harinya.

3. Pemberian pemahaman atas sikap siswa yang masih kurang
Yang namanya manusia tentu tidak luput dari kesalahan. Nah, saat siswa Anda menunjukkan sikap yang kurang baik, maka  segeralah berikan pemahaman atas kekurangan tersebut.

Kemudian langkah selanjutnya tinggal melakukan pengamatan dan pemantauan kemunculan sikap yang diharapkan atas apa yang sudah Anda berikan kepada siswa.

Sobat pedia yang Budiman, tentu banyak metode dan strategi kreatif yang bisa kita lakukan untuk menilai sikap siswa. Maka dari itu sangat dibutuhkan kerjasama antar semua pemangku pendidikan di lingkungan sekolah tersebut, sehingga dapat berjalan dengan baik.

Demikian tulisan kali ini, semangat dan teruslah berinovasi. Sukses selalu untuk kita semua.

Wasalam 

0 Response to "Cara Mengatasi Kesulitan Melakukan Penilaian Sikap KI-2"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel