Hal Penting yang Harus Diperhatikan Seorang Penulis Pemula

Penulis pemula. Mungkin istilah tersebut sangat tepat disematkan bagi saya yang masih baru belajar menulis. Menulis memang merupakan sebuah hobi sekaligus keahlian yang kini mulai banyak ditekuni oleh beberapa kalangan masyarakat sekarang ini. Tidak tanggung-tanggung berdasarkan informasi yang sempat saya baca di salah satu forum menulis di beberapa blog, disampaikan bahwa saat ini kegiatan belajar atau kursus menulis banyak dilakukan dengan memanfaatkan media-media sosial seperti salah satunya group WA.

Hal ini mengindikasikan bahwasannya menulis memang hobi yang cukup asik untuk ditekuni. Anda bisa lihat, dengan memasukkan beberapa kata kunci di mesin pencari Google Anda sudah mendapatkan ratusan bahkan ribuan artikel yang membahas topik yang sedang Anda cari.

Itu semua berasal dari mereka yang hobi menulis. Baik dari mereka yang suka menulis di medsos, maupun tulisan yang mereka buat menjadi sebuah e-book kemudian diunggah di salah satu situs yang di kelola secara pribadi  kemudian menjadi sebuah karya yang dikenal hingga seantero jagad dan banyak orang lain yang ingin mengetahui karya  tersebut.

Mudah apa sulit menjadi seorang penulis yang baik?

Menjadi seorang penulis tentu bukanlah suatu hal yang mudah, tetapi bukan juga merupakan suatu
hal yang sulit dilakukan. Menjadi penulis dalam hal ini penulis blog, yang terpenting adalah mampu menyajikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca.  Tidak perlu Anda membingungkan apakah nanti tulisan ini akan dibaca ataupun tidak.

Namun, untuk menghasilkan tulisan yang setiap waktu bisa melangkah ke arah yang lebih baik dan agar pembaca semakin nyaman membaca tulisan kita , ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

Berdasarkan pengalaman saya selama ini dalam menulis, ada beberapa hal penting yang perlu di perhatikan, diantaranya :

1. Jangan malas membaca
Saya yakin setiap Anda mencari informasi yang sama dengan apa yang saya tulis disini, pastinya anda menemukan langkah yang sama seperti  apa yang saya sampaikan kali ini. Memang demikian adanya karena membaca memang merupakan modal dasar dalam membuat tulisan.

Ibaratnya tulisan itu adalah sebuah produk, maka membaca adalah bahan baku yang harus Anda siapkan. Bila bahan baku Anda cukup dan bahkan lebih, maka tentu produksi Anda akan melimpah ruah.

Bacalah buku-buku yang Anda sukai, dengan begitu motivasi Anda membaca akan terus terbina. Dengan semakin banyaknya buku yang Anda baca, maka sudah barang tentu Anda akan memiliki gaya penulisan dan bahan untuk menulis yang lebih banyak dan lebih baik lagi.

Seperti kata orang yang sudah sukses semakin sering Anda membaca maka semakin bertambah perbendaharaan kosakata Anda. Jika perbendaharaan sudah banyak,maka Anda tidak akan kehabisan ide lagi ketika menulis, dan tulisan Anda pun akan mengalir. 

2. Tulis apa yang Anda ketahui dan alami
Mengapa demikian? Jelas karena dengan menulis apa yang kita ketahui maka tentu akan lebih mudah, bahkan tidak akan terkesan dangkal. Anda bisa menjadi tuan bagi tulisan Anda.

Menulis apa yang kita ketahui akan membuat Anda lebih nyaman dalam menulis. Atas kenyamanan itu maka Anda tidak akan terbebani ketika menulis.

Ayo, mulai sekarang coba ceritakan kembali apa yang Anda ketahui kedalam tulisan dan mari bagikan dengan sesama , apalagi jika yang Anda tulis memberikan manfaat bagi pembaca.

3. Sering sharing sesama penulis

Yang namanya berbagi tentu akan banyak hal yang akan kita peroleh, salahsatunya adalah ilmu. Anda bercerita dengan penulis yang sudah berpengalaman maka Anda akan bisa meniru bagaimana gaya penulis tersebut.

3. Segera tulis apa ide yang Anda miliki.
Saya yakin anda pasti memiliki sebuah gagasan atau ide. Menuangkan sebuah ide akan sangat bermanfaat bagi diri Anda dan orang lain. Siapa tahu ide Anda itu bisa menginspirasi orang lain, asalkan ide yang Anda tulis tersebut hal-hal yang positif.

Mungkin Anda memiliki ide dalam mengembangkan bisnis dengan modal kecil namun Untung besar, atau bisa juga ide dalam sebuah kegiatan pembelajaran bagi anak sekolah. Jadi, apapun yang ada di benak Anda dan masih sebatas ide, coba saja ditulis dengan begitu tulisan yang akan Anda sajikan jadi lebih unik dan menarik untuk dibaca.

Nah, sobat pedia sebenarnya masih banyak lagi yang harus diperhatikan sebagai penulis pemula. Yang terpenting dari semua itu sebenarnya adalah kemauan untuk belajar. Semakin Anda sering belajar, maka semakin hari karya Anda pun akan lebih baik. Menjadi yang terbaik diantara yang terbaik tidaklah mudah, akan tetapi alangkah baiknya jika kita mampu menjadi diri kita sendiri.

Selamat menulis dan tetap semangat, wasalam !

0 Response to "Hal Penting yang Harus Diperhatikan Seorang Penulis Pemula"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel