Mengusir Kebosanan Saat Kerja di Kantor Langsung ke konten utama

Mengusir Kebosanan Saat Kerja di Kantor

Mengatasi sebuah perasaan bosan di kantor sudah banyak sekali tips yang diberikan di jagad maya. Muali dari tips dari A sampai Z.  Begitu lengkap dan komplit.

Namun, tidak sedikit dari kita yang kadang sependapat akan hal itu. Jelas saja karena apa yang ditulis di sana sebagian adalah hasil dari pengalaman si penulis. Yang tentunya berbeda dengan apa yang anda alami.

Sama halnya dengan mengusir rasa bosan di kantor seperti yang saya ditulis berikut ini. Bisa saja tidak sama caranya dengan Anda. Saya harap mohon dimaklumi, karena cara yang saya tulis, berdasarkan pengalaman saya sendiri. Bila nantinya diterapkan di lingkungan Anda , mungkin hasilnya tidak akan maksimal. Mari disimak selengkapnya.

Sebelum kita mencari tahu cara mengusir kebosanan di kantor, as dan baiknya kita kenali terlebih dahulu hal-hal yang menyebabkan rasa bosan itu muncul.

Berdasarkan pengalaman saya, Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan kebosanan itu muncul.

1#. Pekerjaan semakin banyak
Ya... Tugas yang begitu banyaknya sehingga membuat Anda harus duduk seharian penuh di depan komputer. Kondisi ini akan membuat Anda lelah dan menurunkan konsentrasi.

Konsentrasi yang menurun akan membuat pekerjaan tidak selesai dengan maksimal. Bila sudah demikian, anda pun akan sedikit bosan dan jenuh berada di tempat kerja atau ruang kerja khususnya.

2#. Situasi bersama rekan kerja

untuk yang satu ini memang seriing di alami oleh beberapa teman di tempat kerja mereka.  Situasi suasana kekeluargaan yang kurang kondusif akan memicu rasa tidak betah anda berada di tempat kerja.

Kalau bisa alangkah bijaknya  hal ini tidak terjadi di tempat kerja. Selain akan mempengaruhi karier anda, juga berpengaruh pada hasil kerja anda.  Alangkah baiknya jika semua saling hormat-menghormati dan rasa kekeluargaan. Buatlah rasa nyaman di tempat kerja anda dan bukan memperkeruh.

3#. Masalah pribadi

Kata orang bijak , kita harus bisa mengutamakan kewajiban terlebih dahulu sebelum menuntut hak. Namun, pada kenyataannya saat kita mengalami suatu masalah, maka akan bepengaruh pada sikap dan perasaan kita di tempat kerja.

Saya pun pernah merasakan kondisi ini. Saat ada salah seorang keluarga yang sedang sakit, maka perhatian kita tertuju pada keluarga tersebut. Di saat kita memaksakan diri untuk bekerja, maka agak sulit rasanya membagi pekerjaan dengan sesuatu yang sedang menimpa perasaan kita.

Rasa bosan dan ingin cepat pulang dari kantor selalu bermunculan. Maka pekerjaan di kantor pun sedikit terbengkalai. Apakah hal tersebut salah? Mohon maaf, saya rasa itu tidak. Sebab setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda di dalam menyikapi suatu masalah.

Itulah menurut saya beberapa hal yang bisa menyebabkan rasa bosan di tempat kerja. Semua itu tidak boleh muncul, karena sekali lagi akan mengganggu kinerja anda di kantor. Ada beberapa cara yang sering saya lakukan ketika mengalami kebosanan yang disebabkan karena tugas yang semakin menumpuk.  Mungkin saja cara ini berbeda dengan yang sobat lakukan, namun saya harap semoga bermanfaat.

1.# Gunakan waktu istirahat dengan bijak

Saat tugas yang terlalu banyak, memang pikiran terasa penat dan tubuh pun terasa kaku. Ketika saya mengalami hal ini, maka hal yang saya lakukan adalah beristirahat.

Gunakanlah waktu istirahat anda dengan bijak. Cobalah anda menyantap bekal yang mungkin anda sudah bawa dari rumah. Bisa juga anda keluar sebentar dan mencari rumah makan untuk memberikan energi bagi tubuh.

Anda pun bisa mengisi istirahat dengan minum kopi bersama rekan kerja. Dengan begitu suasana rileks akan ada rasakan, sehingga tubuh dan pikiran pun akan segar kembali. Semangat akan tumbuh dan rasa bosan pun kabur.

2#. Cobalah bersenda gurau bersama teman

Inilah mengapa di tempat kerja kita mesti saling menjaga rasa kekeluargaan. Sebab disaat rasa gundah, bosan, malas dan hal lainnya, bisa dihilangkan dengan bersenda gurau sejenak bersama teman.

Dengan bersenda gurau, anda pun juga bisa melupakan masalah yang anda alami. Suasana keceriaan akan membuat anda lebih semangat lagi dan akan tetap semangat untuk pergi ketempat kerja.

3#. Membaca koran atau majalah

Saat anda mengalami kebosanan, cobalah untuk membaca koran atau majalah jika kebetulan di kantor anda berlangganan. Membaca informasi yang lagi hangat di media masa akan membuat merasakan suasana baru dan melupakan sejenak beban tugas yang anda alami.

4# Mendengarkan musik

Ayo... siapa dulu yang suka dengerin musik sambil belajar? kalau saya paling suka yang satu ini. Mendengarkan musik memang akan membawa suasan yang berbeda.

Musik yang telalau melo akan membawa suasana semakin sedih bahkan bisa membuat anda berlinang air mata. Namun, jika anda menyetel musik yang penuh energi seperti musik rock, hip-hop tentu akan membawa suasan yang lebih bersemangat bagi anda.

Nah, saat anda bosan berada di kantor, maka cobalah untuk bekerja sambil mendengarkan musik. Saran saya musiknya jangan terlalu kencang, nanti bisa saja rekan kerja yang lainnya tidak suka dan malah mengganggu aktivitas mereka.

Saya rasa cukup itu saja dulu ya sobat pedia, yang terpenting adalah bagaimana cara kita dalam menyikapi sebuah kondisi. Bila anda mulai bosan, cobalah untuk mencari cara baru yang lebih bijak, dan jangan sampai mengganggu orang lain.

Hubungan antar personal di tempat kerja harus tetap dijaga, sebab dengan kuatnya hubungan antar personal maka anda pun akan semakin nyaman bekerja dan tidak akan ada kata bosan berada di tempat kerja.

Sebagai akhir kata, jadikanlah tempat kerja sebagai rumah kedua bagi anda. Selamat bekerja dan sukses selalu. Wasalam

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar