Pentingnya Melaksanakan Penilaian Diri dan Penilaian Antar Teman dalam Pembelajaran K13

Sobat pedia yang budiman, selamat berjumpa kembali , kali ini saya akan membagikan seputar informasi dunia pendidikan. Terutama bagi sobat yang sekolahnya melaksanakan kurikulum 2013 atau lebih dikenal dengan nama K-13. Dalam penilaian K13, seperti yang sudah diketahui, sobat tidak hanya menilai pengetahuan siswa saja, tetapi juga meliputi sikap dan keterampilan. Sehingga anda harus benar-benar menilai secara autentik.  Dalam pelaksanaannya, ketiga ranah tersebut ( sikap, pengetahuan, dan keterampilan) dilakukan melalui berbagai bentuk. Tentunya sobat sudah paham betuk mengenai bentuk –bentuk penilaian yang harus dilakukan dalam penilaian K13.
Merasa Rumit dalam Melaksanakan Penilaian

Beberapa guru kadang mengeluh kalau penilaian dalam K-13 dirasa begitu sulit. Mungkin saja mereka yang mengatakan sulit, karena belum terbiasa melakukan penilaian yang kompleks. Dalam hal ini, sebelumnya bisa saja guru tersebut hanya mengukur aspek pengetahuan saja . Namun, seiring berjalannya waktu, saya yakin sobat akan terbiasa dan bahkan akan tumbuh kreatifitas di dalam melakukan penilaian.

Beberapa tugas berat guru dalam melaksanakan penilaian meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut. Dengan mengukur ketiga aspek tersebut (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) mungkin akan menyita banyak waktu guru. Apapun itu, tidak ada alasan bagi kita untuk mengatakan bahwa hal itu sulit, mari kita lakukan dan perbanyak sharing dengan rekan sejawat. Apalagi sekarang ini, KKG untuk guru kelas sudah sangat aktif, mulai dari tingkat gugus hingga kecamatan.
Penilaian sikap merupakan aspek yang dalam penilaiannya tidak dilakukan dengan cara tes, baik lisan maupun tulis. Penilaian sikap dilakukan oleh guru, melalui pengamatan (observasi) , jurnal, penilaian diri dan penilaian antar teman. Nah, dari bentuk penialain sikap tersebut, saya  yakin sobat pasti sudah menggunakan salah satunya. Lalu apakah pernah sobat menggunakan penilaian diri dan penilaian antar teman? Bagi sobat yang sudah melakukan mudah-mudahan sama dengan pengalaman yang saya alami berikut ini di dalam menggunakan penilaian diri dan penilaian antar teman untuk menilai sikap siswa.
Gambar dari Google

Penilaian sikap sosial siswa banyak dilakukan dengan cara observasi maupun dengan jurnal. Dengan teknik ini mengharuskan guru untuk senantiasa mencatat bagaimana sikap yang umum dimunculkan oleh siswa, baik sikap yang baik maupun sikap yang kurang baik. Sikap yang kurang baik ini, hendaknya diberikan perhatian oleh guru, sehingga tidak akan muncul kembali di hari-hari berikutnya. Catatan-catatan tersebut akan disimpan dengan baik oleh guru yang nantinya akan dipergunakan sebagai penyampaian laporan kepada orang tua siswa terkait dengan pekembangannya dalam proses pembelajaran di sekolah.

disamping penilaian sikap melalui observasi dan jurnal, seorang pendidik perlu juga memberikan siswa untuk melakukan penilaian diri dan penilaian antara teman. Mengapa perlu dilakukan penilaian diri dan penilaian antar teman?

Penilaian diri merupakan bentuk penilaian yang meminta peserta didik untuk mengemukakan sikap dan perilaku yang positif dan negatif dari dirinya. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian diri. Penilaian diri dilakukan sebagai alat konfirmasi. Jelas dipandang perlu, karena dengan penilaian diri siswa, anda bisa melakukan kroscek atau penyesuaian hasil pengamatan sikap yang anda lakukan dengan kejujuran siswa dalam menilai dirinya.  karena dalam penilaian diri, anda mempersiapkan butir-bitir pertanyaan yang mengacu pada salah satu atau beberapa sikap sosial yang ingin Anda ketahui sudah tumbuh dalam diri siswa dan begitu pula  siswa tersebut menyadarinya.  Dengan begitu anda akan memperoleh hasil yang bisa anda bandingkan dengan pengamatan sikap yang sudah dilakukan selama ini.

Demikian halnya dengan panilaian antar teman. Penilaian antarteman merupakan bentuk penilaian
yang meminta peserta didik untuk saling menilai sikap dan perilaku keseharian temannya. Penilaian antarteman berfungsi sebagai alat konfirmasi terhadap penilaian yang dilakukan oleh pendidik. Jadi dengan penialain diri dan penilaian antar teman anda akan memperoleh gambaran yang utuh tentang  perkembangan sikap siswa.

Nah, bagaimana sobat, semoga dengan membaca tulisan sederahana ini anda semakin optimis mampu melaksnakaan penilaian diri siswa dan penilaian antar teman bagi siswa. Sebab mengetahui begitu pentingnya penilaian ini untuk dilakukan. Selamat menjalankan tugas, yakin semua pasti bisa dilalui.


0 Response to "Pentingnya Melaksanakan Penilaian Diri dan Penilaian Antar Teman dalam Pembelajaran K13"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel