Tidak Harus Malu Untuk yang Satu Ini

Budaya malu memang harus senantiasa ditumbuhkan dalam setiap perjalanan kehidupan kita. Karena jika tidak, maka kita tidak akan tahu malu. (Maaf bukan bermaksud se-simpele gitu)

Sobat pedia yang budiman, rasa malu merupakan sebuah sikap yang ada di dalam diri kita masing-masing. Terkadang rasa tersebut muncul pada tempat yang benar.Kapan dan dimana kita harus punya rasa malu, sehingga kita bisa melakukan perbuatan yang baik dan tidak bikin malu-maluin.

Malu terlambat datang tepat waktu. Malu jika kita tidak tahu tugas pokok kita, malu karena tidak bisa mengerjakan tugas tepat waktu, malu karena selalu mengulang kesalahan yang sama, dan masih banyak sikap malu lainnya yang memang harus kita resapi. Yang paling mendarah daging dari rasa malu yang banyak orang rasakan adalah malu bertanya maka sesat di jalan. Meskipun sekarang sebenarnya sudah sedikit orang mengalami peristiwa tersesat di jalan, sebab dengan layanan dari Google melalui Google map, membuat semua begitu jelas dan seakan tidak ada yang tidak diketahui.

Di dunia ini semua selalu berdampingan. Ada positif, ada pula hal negatif. Dilihat dari sisi satu, makan akan berbeda jika dilihat dari sisi yang lainnya.  Demikianlah hidup ini senantiasa dipenuhi dengan dualitas yang sulit dipisahkan. Jika ada beberapa sikap yang memang harus kita tunjukkan rasa malunya, namun ada juga beberapa sikap yang memang Anda tidak harus malu untuk melakukannya. Apa saja itu, berikut ini akan kami ulas sedikit sikap yang tidak boleh malu, versi riyanpedia.com

1. Coba usaha kecil dengan modal nyaris kecil
Kini beberapa masyarakat banyak yang ingin memperoleh penghasilan yang super gede. Padahal sejatinya dalam hidup kita ini adalah berproses. Tidak ada sesuatu yang langsung bisa terjadi, ada dan beruntung tanpa sebuah proses. Maka dari itu kita pun mesti berproses pula.

Sebuah proses menjadi pengusaha yang besar tentu harus dimulai dari yang kecil dulu. Nah, jika Anda memiliki ide usaha kecil dan mulai melakoninya, saya harapkan jangan malu tuk melanjutkannya. Hilangkan perasaan malu Anda dan ikutlah menjadi seorang wirausaha muda. Apapun pasti bisa, jika dilakukan tanpa rasa malu. Asalkan hal itu positif maka

2. Deketin cewek dengan apa adanya
Apakah Anda berani untuk yang satu ini? Saya yakin anda pasti berani. Jangan malu untuk tampil apa adanya saat Anda mulai ngedeketin cewek. Malah itu jauh lebih bagus, karena cewek tersebut bakalan tau kondisi Anda sebenarnya. Bukankah kejujuran itu pahit rasanya namun membuat dirinya Anda nyaman.

Saat Anda berlagak sebagai orang yang berada ketika Anda hanya seorang pas-pasan maka bila waktunya nanti kebenaran terbuka, maka deritalah yang mungkin akan Anda alami.

Maka dari itu jangan malu untuk tampil dengan kesederhanaan yang Anda miliki. Karena dengan begitu Anda akan menemukan seseorang yang benar-benar tulus menerima Anda apa adanya.

3. Menyayangi orang tua apa adanya
Apakah Anda ingat akan legenda Malin Kundang yang sudah terkenal dan sering kita baca semasih duduk di bangku sekolah. Tokoh dalam cerita tersebut mendapat teguran dari Tuhan karena keberadaanya yang tidak mau menerima kondisi orang tuanya. Ia merasa malu jika calon istrinya mengetahui orang tua sebenarnya, sehingga ia memutuskan untuk tidak mengakui orang tuanya. Namun, Tuhan berkata lain. Beliau mengabulkan doa sang ibu dan Malin Kundang menjadi batu.

Nah sobat pedia, dari cerita Malin Kundang tersebut di sana banyak sekali terkandung pesan moral. Salah satunya bagaimana kita harus selalu menghormati dan berbakti kepada orang tua. Jangan mentang-mentang kita sudah memiliki posisi dan kedudukan yang tinggi dan pendidikan yang tinggi kita malah lupa akan orang tua kita sendiri.

Jangan ada rasa malu untuk senantiasa mengajak kedua orang tua kita. Tunjukkan bakti kepada mereka dan senantiasa kasihilah mereka dengan setulus hati.

4. Kegagalan
Tidak sedikit orang yang sedih dan malu ketika berada pada posisi kegagalan. Gagal dalam usaha dan pekerjaan, gagal menjadi orang tua, gagal menikah karena pasangan dibil orang , gagal karena hasil pekerjaan yang tidak maksimal, dan banyak lagi kegagalan yang tidak jarang membuat kita merasa malu.

Kalau menurut hemat saya kita tidak harus malu akan kegagalan yang kita terima saat ini. Seperti kata orang bijak, kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Bila saat ini kita gagal, maka terima semua itu dengan penuh keikhlasan.
Nah, sobat pedia semoga yang masih gagal hari ini berani untuk bangkit dan kembali mencoba melakukan yang terbaik.

Sebenarnya masih banyak situasi yang tidak harus kita hadapi dengan rasa malu. Yang terpenting adalah tetap berpegang pada norma yang berlaku di masyarakat agar sikap dan tingkah laku kita senantiasa berada pada jalur yang benar. Memiliki sikap malu untuk melakukan hal yang negatif dan tidak malu untuk melakukan segala sesuatu yang positif adalah modal dasar untuk senantiasa sadar pada situasi dan norma yang berlaku.

Wassalam semoga bermanfaat.

0 Response to "Tidak Harus Malu Untuk yang Satu Ini"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel