Usaha Sampingan Warung Sembako

Apakah anda adalah salah satu orang yang memiliki pekerjaan tetap dengan penghasilan yang cukup baik? Apakah anda tidak memiliki keinginan untuk membuka usaha sampingan yang tidak terlalu berat? 

Memiliki pekerjaan tetap memang membuat orang merasa sudah hidup berkecukupan. Namun, bagi mereka yang ingin tetap maju pasti menginginkan hal yang lebih. Apakah itu wajar?

Saya jawab tentu. Yang namanya manusia kita tidak pernah puas dan selalu ingin berusaha mewujudkan keinginan kita. Dan upayda untuk mewujudkan keinginan tersebut tiada lain melalui usaha. 

Yang penting usaha tersebut halal. Banyak usaha halal yang  bisa anda coba selain sebagai seorang pegawai. Misalnya, beternak, bertani, jualan pulsa, tanaman hias, penulis , dan usaha warung sembako. 

Dari sekian usaha yang dilakukan, tentu kita akan pilih pekerjaan sampingan yang ringan. Karena pekerjaan sampingan hanyalah sebagai pelengkap pengisi waktu luang disaat kita selesai mengerjakan pekerjaan utama kita.

Dengan memiliki penghasilan tetap, anda bisa menjadikan kondisi tersebut sebagai modal usaha. Salahsatunya usaha warung sembako.

Mengapa harus warung sembako? Berikut ini saya akan sampaikan beberapa kemudahan dalam usaha warung sembako, sehingga usaha patut Anda coba.

1. Bisa di lakukan dengan modal kecil
Membangun usaha warung sembako, bisa Anda dirikan dengan modal kecil.

Jika anda baru merintis usaha tersebut, mungkin Anda bisa mengisinya dengan beberapa jenis dagangan seperti : bumbu dapur, minyak, gula, kopi, beras , dan mie instan.

2. Bisa dilakulan di depan rumah
Bagi anda yang memiliki tempat tinggal dekat jalan raya, maka akan sangat menguntungkan. Sebab lokasi itu bisa Anda gunakan sebagai tempat warung sembako.

Kalau belum punya banyak modal, mungkin bisa Anda lakukan dengan membuka lapak kecil terlebih dahulu. Namun, jika Anda punya modal cobalah membuat warung kecil terlebih dahulu. Mungkin dengan ukuran yang bisa Anda sesuaikan dengan lokasi tanah. 

3. Warung menjadi tempat belanja masyarakat pada umunya
Kebanyakan orang akan mencari barang belanjaan lebih sering ke warung. Anda liat saja sendiri, bagaimana masyarakat mulai dari pagi hingga petang nanti ada saja yang ke warung untuk berbelanja.

Dengan adanya peluang tersebut maka tidak ada salahnya Anda mencobanya meskipun dengan modal yang kecil.

Perjalanan usaha warung sembako, memang tidak selamanya bisa berjalan dengan lancar. Ada saja kendala yang ditemui oleh mereka yang berkecimpung dalam dunia usaha ini.

Berdasarkan hasil ngobrol-ngobrol yang saya lakukan dengan beberapa warung sembako langganan saya, ternyata ada beberapa hal yang kadang menjadi kendala sebuah usaha.

1. Pemilihan lokasi yang tidak tepat.
Jika Anda tinggal di lingkungan dengan kondisi yang jarang orang lalu lalang di sana ,mungkin anda harus berpikir dua kali untuk membuka usaha warung.

Lokasi dengan akses keramaian yang cukup baik, dan mudah dijangkau oleh banyak orang hendaknya menjadi pilihan Anda.

Seperri yang saya lihat di beberapa kota kabupaten sekarang ini. Asalkan ada lahan dipinggir jalan, pasti akan menjadi tempat usaha mulai dari ruko atau usaha bengkel.

2. Persaingan antar pedagang
Tidak sedikit lho orang yang berminat membuka usaha warung sembako. Apalagi di pedesaan, tentu masyarakat yang tinggal di pinggir jalan cenderung untuk mengembangkan usaha yang satu ini.

Dengan semakin banyaknya usaha ini, tentunya akan menimbulkan persaingan antar pedagang. Dan saya harapkan, kita harus dapat bersaing secara sehat dan bila perlu bentuklah sebuah kelompok dagang, sehingga bisa saling bantu satu sama lainnya.

3. Kesabaran
Seorang pedagang harus memiliki kesabaran. Anda bisa lihat bagaimana pedagang kaki lima di pinggir jalan senantiasa bersabar menantikan pembeli yang datang ke lapak mereka.

Karena dengan kesabaran maka usaha yang kita jalankan dapat berlangsung dengan stabil.

4. Minat masyarakat yang kini lebih suka ke swalayan
Memang sih tidak bisa dipungkiri kini kebanyakan masyarakat lebih asik dengan kegiatan rekreasi sambil belanja.

Dengan kondisi itu banyak orang sudah mulai memilih swalayan untuk berbelanja keperluan dapaur daripada di warung. Tentu banyak faktor yang menyebabkan hal itu terjadi.

Kalau dilihat dari kondisi, memang sebuah tempat berbelanja moderen menawarkan banyak hak di dalamnya. Sehingga memungkinkan konsumen untuk berbelanja sambil berekreasi.

Sobat pedia yang Budiman. Apa yang kami sajikan di atas, tidak semuanya sama terjadi di berbagai tempat. Saya rasa mungkin saja ditempat saudara berbeda dengan apa yang saya tulis.

Harapan saya cuma ingin, agar pembaca memperoleh sumbangan pemikiran dari saya jika ingin membangun sebuah usaha sembako. Tentu mana yang baik maka itu yang semestinya  kita ambil. Sebaliknya mana hal yang kurang pas, silahkan diabaikan.

Mari semangat menjalankan sebuah kewirausahaan . Dengan tekad yang kuat serta dibarengi dengan doa, maka segala halangan yang menghampiri Anda akan bisa diatasi dengan baik.


0 Response to "Usaha Sampingan Warung Sembako "

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel