Jangan Pernah Berhenti Untuk Menulis

Menulis bagi sebagian orang adalah kegiatan yang tidak berguna. Mungkin orang tersebut melihat dari segi aktivitasnya saja. Bagaimana tidak, karena kalau seseorang sedang menulis, maka ia akan terpaku memandang layar komputer maupun gadget-nya dalam waktu yang cukup lama. Sehingga orang yang tidak mengerti akan pekerjaan sebagai penulis dan menganggap tidak berguna dan membuang-buang waktu. Sekali lagi itu hanya pendapat kalangan yang tidak mengerti pekerjaan menulis.

Bagi mereka yang memulai hobi menulis, tentu memiliki semangat yang membara untuk menghasilkan sebuah tulisan. Apapun yang pernah dilihat menjadi sebuah bahan untuk menulis. Buku apapun yang sudah dibaca, maka dirangkum menjadi sebuah bahan untuk tulisan yang akan diterbitkan. 

Terkadang semangat menulis setiap orang tidaklah sama. Ada orang semangat menulis diawalnya saja. Namun setelah berjalan beberapa bulan, semangat itu kian melemah. Mulai terbit setiap hari 1-2 artikel, melemah menjadi satu artikel setiap minggu, kemudian sebulan satu buah artikel, hingga setahun tidak ada tulisan yang baru muncul. 

Semua kelemahan menulis terjadi disebabkan karena faktor dan alasan yang beragam dari setiap penulisnya. Mungkin karena kesibukan kerja yang menjadikan seseorang tidak punya waktu untuk menulis. Selain kesibukan, mandegnya tulisan yang dihasilkan juga disebabkan karena buntunya ide dalam pikiran. Karena kebuntuan ide inilah tulisan tidak kunjung terpublish. 

Jika kondisi ini dibiarkan maka anda akan mengalami situasi seperti berhenti menulis. Para pembaca anda tentu akan bertanya-tanya. Bisa dipastikan jika anda pengelola sebuah situs, maka situs itu akan sepi bagaikan kuburan.  Maka dari itu sangat disarankan anda untuk tidak pernah berhenti untuk menulis. Seperti kata orang, jangan pernah meninggalkan menulis agar tidak dilupakan oleh jaman. 

Manfaat menulis sudah banyak ditulis oleh para senior dan para master menulis. Semua resep sudah disajikan. Tujuannya tiada lain adalah agar semangat menulis anda tetap terjaga. Banyak penulis senior bilang di blog mereka, kalau menulis itu jangan yang berat-berat. tentukan apa nice yang kita kuasai dengan begitu tulisan akan tetap mengalir. 

Berhenti menulis tentu akan merugikan diri kita. Sebab pikiran akan semakin buntu untuk menghasilkan tulisan. Jemari tangan pun akan sedikit kaku, itu berdasarkan pengalaman saya pribadi. Jangan ada kata behenti untuk menulis. Jika pun karena tidak punya waktu untuk menulis anda bisa melakukan aktivitas membaca. Sebab membaca ibaratnya bahan baku anda untuk menghasilkan sebuah tulisan. 

Menghentikan diri untuk menulis juga akan berdampak buruk bagi produktivitas karya anda. Jangan memikirkan kualitas (*ini berdasarkan pendapat saya) sebagai penulis pemula atau hobi menulis, lebih baik menghasilkan tulisan saja. Jangan takut tulisan di cap sebagai sampah. Karena tulisan anda memiliki pembaca tersediri. Orang yang satu mengatakan tulisan anda sampah, belum tentu orang lain yang satunya lagi akan mengatakan tulisan anda sampah juga. Jadi, semua tulisan memiliki peminatnya tersendiri. Ibarat tulisan itu adalah sebuah menu makanan, maka ia akan memiliki peminat makanan tersebut. 

Ayo... jangan berhenti menulis dan jangan takut jika tulisan yang anda hasilkan belum mampu seperti para master. Menulis ya menulis, menulis yang menyampaikan pandangan, pendapat dan fakta dengan bahasa tulis. Paling penting adalah tulisan yang kita sampaikan dapat dipahami oleh pembaca dan informasi yang anda sampaikan dapat diterima dengan baik dan dipahami.

0 Response to "Jangan Pernah Berhenti Untuk Menulis"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel