-->

Soal Ulangan Harian Matematika Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Materi Jarak, Waktu, Kecepatan

Pembelajaran di kelas 5 SD di tahun pelajaran 2017/2018 kini sudah ada beberapa sekolah yang menerapkan kurikulum 2013. Dalam pembelajaran kelas 5 di tahun pelajaran ini menggunakan pendekatan tematik. Sehingga siswa tidak lagi belajar seperti kurikulum 2006. Muatan pelajaran sudah menyatu dalam ikatan tema. 

Untuk pembelajaran matematika, masih dilakukan secara terpisah. Pada edisi revisi 2017 buku siswa tidak memuat KD mata pelajaran matematika. Yang terdapat hanyalah mapel PKN, Bahasa Indonesia, IPA, IPS dan PKn.

Adapun materi pembelajaran matematika kelas 5 kurikulum 2013 untuk semester 1, memuat beberapa materi diantaranya : Penjumlahan Pecahan, perkalian dan pembagian pecahan, jarak waktu dan kecepatan, debit.

Dengan materi yang tidak dipadukan kedalam tematik, maka guru pun harus menyusun rencana pembelajaran matematika secara menyendiri. Demikian pula dengan pelaksanaan ulangan hariannya. Soal-soal yang dibuat menyendiri dan tidak terpadu seperti soal ulangan tematik.

Kegiatan ulangan harian mengacu pada program semester yang disusun oleh guru. Dengan berpedoman pada program tersebut maka kegiatan ulangan harian bisa dilaksanakan.

Berikut ini adalah contoh soal ulangan harian matematika kelas 5 yang menggunakan K13. Materi yang akan kami sajikan disini adalah jarak, waktu dan kecepatan. Selengkapnya sobat pedia bisa mengcopy soal berikut ini.

Jawablah soal-soal di bawah ini!
1. Pak Sanusi tiba di kantor pada pukul 07.15 Lama perjalanan Pak Sanusi dari rumah hingga ke kantor 01.40 menit. Pada pukul berapa Pak Sanusi berangkat dari rumah?

2. Ibu memasak di dapur selama satu setengah jam. Ibu selesai memasak pada pukul 09.00 pada pukul berapa Ibu mulai memasak?

3. Pak Sadiarsa berangkat ke kota pada pukul 13.00, jarak dari rumah Pak Sadiarsa hingga ke kota adalah  100 km. Kecepatan rata-rata sepeda motor Pak Gede adalah 50 km/jam. Pada pukul berapakah Pak Sadiarsa tiba?

4. Rombongan pengantin tiba ditujuan pada pukul 14.00 dan mereka berangkat pada pukul 11.00. Kecepatan kendaraan yang mereka tumpangi rata-rata  60 km/jam. Berapakah jarak yang ditempuh rombongan penganten tersebut.

5. Mobil A berangakt pada pukul 13.00 dan Meraka sampai ditempat tujuan pada pukul 13.30 menit. Kecepatan mobil tersebut rata-rata 40 km/jam. Berapa km jarak yang ditempuh mobil tersebut?

Demikian beberapa soal ulangan harian matematika kelas 5 semester 1 kurikulum 2013 yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.
Wasalam !

0 Response to "Soal Ulangan Harian Matematika Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Materi Jarak, Waktu, Kecepatan"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel