Cara Memotivasi Anak yang Memperoleh Nilai Jelek Ketika Ulangan

Dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, tidak semua siswa memiliki kemampuan yang sama. Ada siswa yang hebat dengan kemampuan mereka yang serba cepat, ada juga siswa yang sangat lembat dalam menerima dan memahami materi pelajaran.

Kondisi ini menyebabkan anak yang lambat selalu memperoleh nilai pelajaran yang kurang memuaskan, bahkan sering  masuk dalam kategori tidak tuntas.

Keadaan ini perlu disikapi dengan bijak oleh semua pendidik. Siswa yang memperoleh nikai jelek bukanlah siswa yang bodoh, mungkin saja itu semua disebabkan karena kondisi lingkungan, kesehatannya, serta cara guru dalam mengajar.

Nah, ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan oleh guru untuk mengembalikan rasa percaya dirinya siswa ketika memperoleh nilai yang jelek.

#pertama : Jangan memarahinya
Ketika siswa Anda memperoleh nilai yang kurang memuaskan, jangan buru-buru Anda memarahi mereka.

Bagaimana mereka bisa bangkit, kalau Anda selalu marah terhadap hasil yang sudah mereka raih.

Cobalah Anda kembali melihat daftar perkembangan prestasi siswa tersebut. Siapa tahu, ulangan hari ini adalah hasil tertinggi yang mampu mereka raih.

#kedua : Berikan pembelajaran remedial. 
Setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda. Maka dari itu memberikan proporsi waktu yang sesuai dengan kemampuan mereka merupakan sebuah kebijakan yang tepat dilakukan.

Jawaban dari semua itu adalah memberikan pembelajaran remedial kepada siswa. Dengan pembelajaran tersebut, mereka bisa mempelajari kembali materi yang belum mereka kuasai dengan memperhatikan segala metode dan motivasi yang diberikan oleh guru.

#ketiga: Motivasi positif yang terus menerus
Berikan motivasi kepada siswa dengan nilai jelek secara terus menerus. Jangan malah memojokkan mereka dengan berkata hal-hal yang negatif, seperti " ah..nilai kamu jelek melulu!" atau " Amir nilaimu selalu dibawah KKM, apakah kmu tidak pernah belajar?"

Usahakan jangan berkata demikian. Lebih baik dengan pujian baik secara verbal maupun sugesti dengan anggota tubuh. Seperti mengacungkan jempol disertai nasihat.

"Sekarang nilai belajarmu sudah membaik, Bapak rasa jika kamu belajar lebih rajin lagi, maka prestasimu pasti jauh lebih baik lagi" selanjutnya disertai dengan memberikan tepukan  pada bahu anak.

Nah,sobat pedia saya rasa dengan cara tersebut anak yang memperoleh nilai jelek akan lebih semangat lagi untuk belajar sehingga prestasi mereka bisa membaik.

Yang terpenting adalah bagaimana Anda sebagai pendidik mampu memotivasi dan melihat potensi pada anak tersebut.

Semua bisa dilakukan jika ada motivasi baik dari dalam maupun dari luar anak itu sendiri.

Selamat mencoba semoga sukses.

0 Response to "Cara Memotivasi Anak yang Memperoleh Nilai Jelek Ketika Ulangan"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel