Merawat Knalpot Jika Musim Hujan

 Memiliki sebuah kendaraan terutama yang namanya motor memang membutuhkan perawatan yang ekstra. Mulai dari service secara berkala agar kendaraan nyaman untuk dikendarai, hingga mencuci motor agar tampilan makin baik.

Tidak semua orang begitu apik dalam merawat motor mereka. Saya orangnya anget-anget tahi ayam. Begitulah kalau orang bilang, kenceng diawalnya namun ujung-ujungnya tidak terurus.
Sumber google

Memiliki motor baru pasti setiap jam motor keluar habis itu dilap kembali. Namun, tidak demikian dengan motor yang sudah berumur lanjut.  Ada saja yang kita lupakan dengan motor tersebut.  Mulai dari service berkala hingga perawatan kebersihan motor tersebut.

Salah satu komponen sepeda motor yang jarang kita berikan perawatan adalah knalpot. Knalpot merupakan komponen penting bagi kendaraan kita, karena merupakan tempat pembuangan gas hasil pembakaran.

Ketika musim hujan, komponen ini perlu perawatan yang khusus, mengingat komponen ini terbuat dari bahan metal, jadi sangat rentan dengan berkarat.

Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk memberikan perawatan knalpot sepeda motor jika musim hujan.


  • Cucilah motor secara rutin dan teratur. (Maaf saya sedikit jarang melakukan hal ini, maklum saja karena kesibukan) Dengan mencuci secara teratur ketika musim hujan, membuat kendaraan terhindar dari pengaruh perkaratan.



  • Setelah dicuci maka keringkan motor dengan benar. Karena jika masih ada endapan air pada komponen akan membuat timbulnya kerak dan tidak aman bagi kendaraan anda.



  • Oleskan pelumas pada bagian leher knalpot sehabis memanaskan mesin motor. Hal ini sebaiknya dilakukan secara teratur agar tidak mengalami korosi pada bagian leher knalpot.



  • Tuangkan juga sedikit oli pada bagian dalam knalpot.  Hal ini dilakukan bertujuan agar bagian dalam knalpot tidak mengalami pengeroposan akibat berkarat.


Jika sudah melakukan ini secara rutin, maka masa pakai knalpot anda akan lebih lama lagi. Satu lagi jika memang sudah tidak layak pakai, maka gantilah dengan knalpot yang asli sesuai standar pabrik.

Selamat merawat kendaraan, dan semoga kendaraan anda aman dan nyaman dikendarai. Wasalam, semoga bermanfaat.

0 Response to "Merawat Knalpot Jika Musim Hujan "

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel