Pengalaman Naik Motor Kopling Manual Putus Tengah Jalan

Kini banyak yang sudah beredar motor otomatis tinggal gas saja sudah grengg jalamadengan kencang. Sebagai pengguna motor jadul, saya masih setia dengan motor dengan pengoprasian kecepatan menggunakan kopling manual.

Ada suka dukanya sebenarnya menggunakan motor dengan kopling manual. Saya yakin sobat pedia pasti sudah tau. Tapi tidak afdol kalau saya tidak menceritakan sedikit suka dukanya menggunakan motor dengan kopling manual.

Kendaraan dengan tipe kopling manual ini saya rasa memiliki akselesari yang cukup cepat. (* maaf sekali lagi ini menurut pendapat saya pribadi, boleh kan sedikit menyampaikan pendapatnya.

Dengan akselerasi manual tersebut memberikan daya relfleks yang cukup tinggi pada motor saat memindahkan kecepatan. Motor yang menggunakan kopling manual ini lebih banyak terdapat pada kendaraan dengan tipe non bebek. Meskipun ada juga diketemukan pada beberapa motor bebek, seperti yang saya pakai saat ini.

Ada pengalaman tersendiri yang pernah saya alami ketika mengendarai motor bebek pas kopling putus. Anda bisa bayangkan apa yang dialami kendaraan jika kondisi motor seperti ini.
Ilustrasi tmcblog

sesuai pengalaman saya hal yang terjadi adalah motor sulit dijalankan. Apalagi mulai di starter, motor akan langsung mati.

Kesulitan berikutnya adalah ketika memindahkan gigi. Wah, minta ampun deh jika sobat memaksakan diri menjalankan kendaraannya pada posisi tali kopling putus.

Demi menemukan bengkel, maka saya pun terpaksa mengendarai motor dengan posisi tali klopling yang putus tersebut. Saat sedang melaju, saya hanya bisa menggunakan kecepatan 40 km/jam pada posisi gigi 3.

Saat lampu merah, maka masalah pun akan terjadi. Motor harus berhenti namun pada posisi mesin yang masih menyala. Maka disinilah kesulitan anda membuat mesin tetap menyala disaat kopling kita putus.
Akhirnya saya pun bisa mensiasatinya dengan menarik gas lebih besar lagi sedikit namun dengan menggunakan pengereman agar motor bisa tetap jalan dengan lambat dan mesin tetap menyala.

yah, meskipun cara tersebut tidak lah aman. Untuk saja tidak dalam waktu yang lama bengkel pun bisa saya temukan. 

Tanpa pikir lama, tali kopling pun segeradiganti. Sebelum penggantian saya sempat berpikir akan harga yang cukup mahal. 

Namun, setalah diganti ternyata hanya dengan uang 10.000 rupiah saja kopling sudah kembali normal. 

Kini kendaraan pun bisa melaju dengan kencang tanpa ada kendala yang berarti seperti sebelumnya. 

Nah sobat pedia, ternyata memiliki motor pake kopling, penting sekali melakukan service berkala pada kendaraan. 

Dengan service berkala maka motor Anda akan terdeteksi kerusakannya sejak dini. Dengan begitu motor akan aman tuk dikendarai. Wasalam. 

0 Response to "Pengalaman Naik Motor Kopling Manual Putus Tengah Jalan"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel