Pulang Sekolah Jangan Lupa Tanyakan 3 Hal Berikut Ini Pada Anak Langsung ke konten utama

Pulang Sekolah Jangan Lupa Tanyakan 3 Hal Berikut Ini Pada Anak

Memiliki buah hati tentunya merupakan sebuah karunia yang tidak terkira dari Tuhan. Di luar sana, banyak pasangan yang mendambakan kehadirannya di tengah kehidupan mereka.

Beragam kasih sayang dicurahkan untuk anak. Sebagai orang tua yang baik dan bijak, tentunya dibutuhkan cara-cara khusus dalam mendidik anak, sehingga menjadi anak yang pintar dan berbudi pekerti yang luhur.

Salah upaya yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk melihat tumbuh kembang anak adalah dengen memberikan perhatian penuh dan disesuaikan dengan pertumbuhan serta perkembangan anak.

Tentu Anda setuju dengan pendapat saya ini. Jika anak sudah memasuki jenjang sekolah menengah, maka perhatian Anda harus berbeda kepada mereka dan tidak sama sewaktu anak masih duduk di bangku sekolah dasar.

Membedakan pola perhatian bukan berarti tidak lagi memberikan perhatian. Bila saya analogikan dengan sebuah tumbuhan, jika tanaman tersebut masih usia muda, tentu perhatian Anda berikan begitu banyak.

Mulai dari pemberian pupuk, penyiraman yang rutin dengan volume yang lebih banyak, dan lain sebagainya sehingga tanaman tersebut dapat tumbuh dengan maksimal.

Ketika tanaman tersebut sudah tumbuh besar, maka perhatian kita pun sedikit berbeda. Dan bukan berarti tidak memperhatikan sama.

Semasih duduk di bangku sekolah dasar, maka berikanlah mereka perhatian yang lebih. Hargailah usaha mereka dan lebih banyak berikan pujian. Sebab pujian yang positif akan terus merangsang mereka untuk melakukan hal positif di kemudian hari.

Salah satu perhatian yang bisa diberikan kepada anak adalah menanyakan pengalaman anak sepulang dari sekolah. Ada beberapa pertanyaan yang bisa anda sampaikan kepada anak. Sekali lagi jangan bertanya dengan nada keras dan mengancam.

Tanyakan secara pelan dan penuh dengan kedekatan antara anda dengan sang buah hati. Sepulang anak dari sekolah ada beberapa hal yang bisa anda tanyakan kepadanya. Sekali lagi pertanyaan ini memiliki tujuan yang baik bagi tumbuh kembang anak.

Apa saja itu, langsung saja berikut ini :

Tanyakan apa yang anak anda lakukan di sekolah
Pertanyaan ini cukup sederhana, anda bisa mengkemasnya dengan bahasa yang santai dan dengan cara anda sendiri.

Menanyakan pengalaman anak di sekolah memberikan manfaatnya, dimana anak dan orang tua semakin erat.

Hubungan terjalin dengan baik lewat komunikasi. Menanyakan hal mengenai pengalaman anak selama di sekolah, maka akan memberikan kita gambaran akan segala sesuatu yang dialami oleh anak di sekolah.

Belajar apa saja nanda bersama Ibu guru di sekolah?
Kalimat tanya ini akan mengasah daya ingat anak akan pengalaman belajar mereka di sekolah. anak akan  berusaha mengingat kegiatan apa saja yang mereka lakukan selama belajar di sekolah. Dengan begitu anak akan mengingat kembali apa yang mereka pelajari.

Cara sederhana untuk melatih anak mengulang kembali pelajaran yang dialaminya di sekolah secara tidak langsung.

Yang penting juga anda perhatikan adalah agar jangan sampai pertanyaan yang anda ajukan tersebut malah membuat anak anda merasa tertekan.

Lakukan semuanya secara santai, penuh kekeluargaan, tenang dan mengalir seperti biasa. Bukan seperti anak merasa di interogasi.


Apakah ada teman yang membuat nanda merasa gembira, atau malah sebaliknya ada anak yang membuat nanda merasa kesal bahkan takut?
Diteksi sejak dini hal yang dialami anak, mulai dari kegiatan yang membuat mereka bahagia berada di sekolah hingga situasi yang membuat mereka ketakutan.

Bisa saja anak tidak terbuka kepada guru, ketika ada salah seorang teman mereka yang mengganggu dan membuat anak anda merasa kesal dan takut ke sekolah.

Jika ditemukan kondisi seperti ini, segera berikan nasihat kepada anak dan lakukan kerja sama dengan sekolah untuk segera menanggulangi jika ditemukan ada gangguan yang dialami oleh anak anda, baik secara fisik maupun secara psikis.

Demikian sobat pedia beberapa hal yang bisa anda biasakan tanyakan kepada anak sepulang sekolah. Jangan hanya bertanya ada PR  atau tidak.

Lakukan komunikasi dengan baik kepada buah hati anda , sehingga terjalin hubungan yang harmonis antara anda dengan buah hati ada.

Semoga bermanfaat, wasalam !

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar