Tahapan Kegiatan Pembelajaran Tugas Proyek Siswa SD

Kegiatan pembelajaran di sekolah tentu dibutuhkan persiapan yang matang. Hal ini bertujuan agar apa yang menjadi harapan dalam pembelajaran bisa terlaksana dengan baik.
Pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru tidak hanya meliputi persiapan semata. Pelaksanaan dan evaluasi merupakan sebuah rangkaian yang tidak dapat dipisahkan. 

Memberikan pembelajaran yang bermakna tentu merupakan sebuah hal yang selalu diupayakan oleh guru. Salah satu kegiatan yang bisa memberikan manfaat bagi siswa adalah kegiatan proyek.

Tidak semua tugas yang diberikan kepada siswa bisa kita jadikan sebuah proyek, apalagi bagi siswa sekolah dasar.  Kegiatan pembelajaran proyek diantaranya bisa berupa : membuat prakarya, memperagakan tarian, cerpen, kliping dan sejenisnya.

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan sebelum Hinga setelah tugas proyek itu terselesaikan.  Langsung saja berikut ini hal yang dilakukan dalam memberikan tugas proyek :

#Sampaikan
Sampaikanlah tugas yang akan Anda berikan kepada siswa. Sampaikan disini tidak hanya sebatas memberitahu. Tetapi lebih dari itu, dimana guru memperkenalkan kepada siswa mengapa diberikan tugas proyek tersebut serta apa saja manfaatnya bagi siswa.

#Beri petunjuk
Setelah siswa mengetahui apa kegiatan proyek yang akan mereka lakukan, maka berikan petunjuk kepada siswa dalam mempersiapkan kegiatan proyek tersebut.
Petunjuk bisa diberikan secara langsung lisan. Atau bisa juga diberikan secara tertulis.
Petunjuk bisa berupa langkah-langkah ketika mempersiapkan tugas proyek tersebut. Mengingat tugas proyek memiliki durasi waktu yang cukup panjang, maka petunjuk bagi siswa untuk mengenai kegiatan yang harus dilakukan setiap harinya.

#Pemantauan
Karena durasi waktu mengerjakan tugas tersebut cukup lama, maka guru perlu melakukan pemantauan. Pemantauan tidak mesti guru datang ke rumah siswa dan mengamati, bisa juga dilakukan dengan menanyakan pada waktu-waktu tertentu.

Atau bisa juga dengan memberikan jurnal kegiatan selama siswa melakukan kegiatan ptlroyek. 

Nah, sesudah itu saat pelaporan tugas Anda tinggal membuatkan kriteria penilaian tertentu pada hasil kerja siswa. 

Jadi dengan kegiatan proyek tersebut, ada dua hal yang bisa Anda nilai. Yang pertama adalah penilaian proses dan kedua penilaian hasil. 

Demikian ulasan hari ini, semoga bermanfaat. 

0 Response to "Tahapan Kegiatan Pembelajaran Tugas Proyek Siswa SD"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel