Menjaga Keharmonisan Antara Manusia dengan Lingkungan

Musim hujan tiba beberapa warga pun mulai resah. Keresahan itu bukan karena alasan. Banjir, longsor merupakan beberapa kejadian alam yang kerap terjadi di musim hujan.

Ada akibat pastilah ada sebabnya.  Seperti yang sudah kita ketahui, masalah banjir bukan saja disebabkan oleh manusia semata.

Karena jika hujan terus menerus tiada hentinya juga bisa menyebabkan banjir. Alam memang tidak bisa kita prediksi dan kita pun tidak boleh serta Merta menyalahkan alam.

Hal yang paling baik harus kita lakukan adalah menyadarkan diriku kita masing-masing.  Jika kita sudah sadar akan pentingnya menjaga keharmonisan dengan lingkungan, maka kita pun akan bersahabat dengan alam. Alam pun juga akan selalu memberikan karunia-Nya pada kita.

Kebanyakan dari kita masih kurang disipilin dalam menjaga hubungan dengan alam.

Anda bisa lihat di sekeliling kita kesadaran untuk membuang sampah pada tempatnya masih sangat rendah.

Coba kita mulai dari dirinya sendiri dulu. Misalnya ketika jalan-jalan di taman kota bareng keluarga, pacar atau istri tentu tidak lengkap tanpa makan-makan duduk di lapangan yang luas.

Sehabis makan, jangan dibiasakan sampahnya dibiarkan begitu saja. Ayo kita pungut dan tempatkan di tong sampah.

Sebenarnya tidak sulit untuk menjaga keharmonisan dengan lingkungan.

Mengapa saya katakan demikian, karena kuncinya terletak pada kesadaran kita sendiri.

Jika kita sudah sadar maka tentu semua akan berjalan dengan hrmonis.

Kesadaran bisa ditumbuhkan dengan pembiasaan.  Muali dari lingkungan keluarga terlebih dahulu.
Bila keluarga sudah pembelajaran arti penting menjaga keharmonisan dengan alam, maka kebiasaan tersebut akan berlanjut di sekolah.

Saya yakin sekolah senantiasa membelajarkan siswanya untuk selalu menjaga keharmonisan dengan alam.

Kita bisa lihat pembelajaran yang dilakukan oleh sekolah kini sudah semakin inovatif dengan memanfaatkan alam sekitar sebagai media pembelajaran. 

Kebiasaan pentingnya menjaga keharmonisan dengan alam akan terus dilanjutkan sampai pada titik pembelajaran sebenarnya yaitu di masyarakat.

Dinisilah pembelajaran sesungguhnya. Peran serta setiap warga untuk selalu menjaga kelestarian dengan alam, akan berpengaruh kepada semua lapisan masyarakat.

Nah sobat pedia yang Budiman. Alam menyediakan segala kebutuhan kita. Maka dari itu sudah menjadi kewajiban kita menjaga keharmonisan ini. Sehingga nantinya,alam akan senantiasa bersahabat dengan kita serta selalu melimpahkan karunia-Nya pada kita.

Mari jaga keharmonisan dengan alam. 

Wasalam.

0 Response to "Menjaga Keharmonisan Antara Manusia dengan Lingkungan"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel