Tantangan Menjadi Orang Tua Zaman Now

Istilah zaman now memang sedang membooming sekarang ini. Zaman now merupakan sebuah frase untuk menggambarkan zaman sekarang. Zaman sekarang (zaman now) yang penuh dengan informasi yang serba cepat. Jika Anda tidak mengikuti maka sudah dipastikan anda bakalan ketinggalan berita. Zaman now sangat identik dengan peranan multimedia berbasis internet. Komunikasi zaman now sudah tidak lagi sekedar kirim pesan dan komunikasi biasa.

Kini semua era internet. Pesan dikirim melalui media berbasis internet, tidak hanya itu komunikasi pun tidak hanya sekedar mendengarkan pesan suara saja.

Face to face, ya kini berkomunikasi secara langsung tatap muka melalui media video call. Sungguh era zaman now harus diikuti dengan kecepatan dan kemauan kita,jika tidak maka ketinggalan. 
Ilustrasi ; Pixabay
Anak yang tumbuh dan berkembang di zaman ini sudah tidak asing lagi yang namanya IT. Hal tersebut juga tidak lepas dari peran orang tua yang mampu  memfasilitasinya.

Anda bisa lihat bagaimana anak SD sekarang ini. Meraka sudah sangat fasih menggunakan gadget dan bermedia sosial di jagad maya.

Karena keluguan mereka inilah banyak orang yang tidak bertanggung jawab, memanfaatkannya untuk memperoleh keuntungan.

Sehingga banyak anak-anak atau remaja yang menjadi korban penipuan bahkan tindakan lain yang bisa mengancam masa depan mereka.

Tentunya ini perlu disikapi dan menjadi tantangan yang berat oleh orang tua.
Satu sisi kita harus melindungi buah hati kita dan disisi lain kita tidak mungkin membutakan mereka dari yang namanya teknologi.

Tantangan menjadi orang tua zaman now memang begitu kompleks. Apalagi latar belakang pendidikan kita sebagai orang tua sangat beragam.

Diperlukan kemauan dari para orang tua untuk senantiasa membelajarkan diri untuk ikut berpartisipasi di zaman now.

Keengganan orang tua untuk mengontrol anak dalam menggunakan media sosial dikarenakan kesibukan dalam pekerjaan. Tantangan tersebut hendaknya disikapi dengan baik oleh para orang tua.

Sebagai orang tua zaman now haruslah mau untuk belajar sehingga mampu mengikuti perkembangan sekarang ini. Orang tua zaman now bukanlah orang tua yang melarang anak-anak mereka untuk menekuni perkembangan IT dan informasi dari berbagai media.

Akan tetapi, orang tua zaman now senantiasa memberikan sisi positif dari perkembangan teknologi sekarang ini.

Jika anak anda memiliki akun media sosial, maka kita sebagai orang tua yang belum melek teknologi hendaknya bisa belajar untuk mampu menggunakannya. Tidak ada kata terlambat jika kita mau berusaha untuk mempelajarinya.

Menjadi orang tua zaman now bukan berarti kita meninggalkan budaya yang adiluhur yang sudah diwariskan oleh orang tua kita sebelumnya. Misalnya saja sekarang ini sedang trendnya busaya ngevlog, nah kita sebagai orang tua zaman now mencoba mengajak buah hati kita untuk melakukan vlog tentang hal-hal yang positif  seperti, menceritakan keadaan lingkungan sosial, kegiatan sosial, pelestarian lingkungan dan pembelajaran lainnya yang lebih bermanfaat.

Kesimpulan :

Perkembangan teknologi  bukanlah menjadi sesuatu yang dikhawartirkan, jika kita menggunakannya dengan baik, hal tersebut malah akan memberikan kemudahan bagi kehidupan kita.

Sebagai orang tua yang hadir di zaman now ini, sudah semestinya kita juga ikut mempelajari perkembangan teknologi dan menggunakannya untuk hal-hal yang baik.

Dengan orang tua memiliki kemampuan untuk mengikuti perkembangan zaman sekarang ini, maka kita pun bisa mengontrol dan mengawasi anak-anak kita dalam keseharian mereka menggunakan teknologi.

Sehingga orang tua mampu meminimalisir pengaruh negatif dari teknologi terhadap anak-anak kita.

Demikian ulasan kali ini, mohon maaf jika ada kekeliruan. Wasalam !

0 Response to "Tantangan Menjadi Orang Tua Zaman Now"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel