-->

Soal Ulangan Harian Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Volume Kubus dan Balok

Pembelajaran di kelas 5 dengan kurikulum 2013 menggunakan pendekatan tematik. Itu berarti muatan mata pelajaran digabungkan kedalam sebuah tema.

Namun tidak demikian khususnya untuk mata pelajaran matematika. Muata mapel matematika, masih dibelajarkan secara terpisah dan tidak menyatu dengan tema.

Untuk jumlah jam perminggu, matematika mendapatkan porsi waktu 6 jam per minggunya. Dengan alokasi waktu yang cukup banyak tersebut, semoga saja sobat pendidik mampu menuntaskan seluruh kompetensi dasar (KD) yang harus dibelajarkan.

Untuk ulangan harian, dijadwalkan setelah guru berhasil menyelesaikan pembelajaran untuk satu buah KD.

Soal ulangan harian matematika kelas 5 kurikulum 2013 disusun mengacu pada KD pada semester kedua. Adapun muatan kompetensi semester 2 dimulai dari KD 3.5, berikut ini KD yang dapat kalie sampaikan.

3.5 Menjelaskan, dan menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga.

4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) melibatkan pangkat tiga dan akar pangkat tiga

Berikut ini beberapa contoh soal latihan Ulangan Harian  di semester 2 Matematika kelas 5 Kurikulum 

1. Sebuah kubus memiliki rusuk dengan panjang 5 cm, berapakah volume kubus tersebut?

2.  Anton memiliki bak mandi dengan rusuknya sama panjang, bak mandi Anton berbentuk….

3. Sebuah tempat makanan memiliki panjang 10 cm, tinggi 5 cm dan lebar 4 cm.  Berapakah volume tempat makanan  tersebut.

4. Wahyu ingin memiliki bak mandi yanf mampu menampung 600 liter air. Berapakah ukuran panjang, lebar dan tinggi yang harus dibuat Wahyu.

5. Jika sebuah kolam renang mampu memiliki panjang 20 serta kedalaman 1 mete, lebar 10 meter, berapa volume air yang mampu ditampung kolam renang tersebut?

6. Sebuah truk tangki membawa minyak dengan volume 2400 liter. Sedangkan ukuran tangki truk tersebut panjangnya 6 m, lebar 3 m dan tingginya 5 m. Berapa liter volume minyak yang harus diisi pada tangki tersebut?

7. Bak penampungan air Tono berbentuk kubus. Panjang rusuknya 3 meter. Ternyata sudah berisi air namun tidak penuh. Ketinggian air pada bak tersebut hanyalah 2 meter. Berapa volume air pada bak mandi Tono?

0 Response to "Soal Ulangan Harian Matematika Kelas 5 Semester 2 Kurikulum 2013 Volume Kubus dan Balok"

Posting Komentar

Silahkan berkomentar dengan mengunakan akun google Anda. Komentar Anonim (Unknow) tidak akan kami tampilkan!

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel