Cara Sederhana Mengindari Prasangka Buruk Terhadap Orang Lain

Dalam kehidupan sehari-hari kita tentu tidak bisa lepas dari yang namanya berinteraksi dengan orang lain. Sebagai makhluk sosial, manusia memang tidak bisa hidup sendiri. Maka dari itu kita selalu diharapkan untuk senantiasa menjaga hubungan baik dengan orang lain. Banyak orang sudah mengetahui hal ini, namun tidak semua orang mampu melakukannya. Semua itu cenderung disebabkan karena memang, setiap manusia memiliki pemahaman yang berbeda terhadap orang lain dan peristiwa yang dialaminya.

Prasangka buruk merupakan bibit penyakit yang sering merusak hubungan sosial kita. Orang yang selalu diliputi oleh perasaan ini akan cenderung menumpukkan beban dalam pikiran mereka sendiri. Maka dari itu hendaknya kita senantiasa mengindari prasangka buruk terhadap orang lain, apalagi orang tersebut sudah kita kenal sejak lama.

Lalu bagaimana cara mengindari prasangka buruk terhadap orang lain?

Untuk pertanyaan tersebut, semua orang memiliki cara dan pendapat sendiri. Disini saya berpendapat ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari prasangka buruk terhadap orang lain.

1. Selalu berpikir positif
Banyak yang bilang kalau pikiran juga bisa mempengaruhi  sesuatu yang terjadi di sekitar kita. Jika kita terlalu berpikir buruk maka dampak buruk pun bisa datang pada kita. Dan jika sebaliknya kita senantiasa berpikir yang baik, maka hal baik pun akan datang.

Dengan berpikir positif memang memberikan perasaan yang rileks pada kita. Bagaimana tidak, ketika kita tidak berpikir buruk maka pikiran akan ringan, dan melakukan apapun akan lebih bersemangat.

Jadi lebih baik Anda selalu berpikir positif. Dengan begitu Anda akan senantiasa bisa melakukan interaksi yang harmonis dengan orang lain.

2. Cek dan ricek
Jika Anda mendengar informasi begini dan begitu, jangan dimakan mentah-mentah begitu saja. Coba dulu cek dan ricek informasi tersebut.  Temukan kebenarannya dan jangan percaya begitu saja akan isu atau omongan dari orang lain.

Sering kali jika ada cerita buruk yang kita dengar tentang diri kita dari orang lain, kita sudah merasa tersinggung bahkan marah terhadap orang tersebut. Inilah yang membuat Anda mudah sekali terprovokasi. Cobalah bersikap lebih dewasa dan temukan kebenaranya.

3. Jangan mudah emosi
Mengendalikan emosi tidaklah semudah apa yang terucap saat ini. Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda dalam mengendalikan emosinya. Ada yang begitu cepat sekali meledak emosinya ketika dipancing.

Ada juga orang yang memiliki kesabaran yang agak panjang, jadi ketika orang tersebut ada masalah, ia tidak begitu cepat meluapkan emosinya.

Nah mengendalikan emosi dalam pergaulan sehari-hari penting untuk dilakukan.  Dengan terkontrolnya emosi, kita akan bisa lebih berpikir jernih. Yang namanya pergaulan tentu akan ada pergesekan. Pengendalian emosi akan menghasilkan kesabaran. Dan hanya dengan kesabaran akan mampu menjadikan segala bentuk hubungan menjadi lebih baik.

4. Kenali lebih jauh lagi
Seperti kata pepatah " Tak kenal maka tak sayang. " maka dari sana kita bisa mengetahui kalau kita ingin tahu orang tersebut lebih jauh, maka kembalilah lebih jauh orang tersebut.

Jangan lihat buku dari sampulnya saja

Mengetahui kepribadian orang jangan ketika melihat penampilan orang tersebut. Cobalah Anda kenali lebih jauh lagi. Bagaimana latar belakangnya, sikapnya, dan keluarganya maka dengan begitu barulah Anda bisa mengambil kesimpulan.

Jadi berprasangka buruk pada orang lain itu tidaklah baik. Alangkah baiknya kita selaku berpikiran positif terhadap orang yang kita kenal. Apalagi orang tersebut senantiasa ada di sekeliling kita. Jangan mudah termakan oleh cerita yang belum tentu kebenarannya. Cek dan ricek kembali informasi tersebut sebelum Anda menarik sebuah kesimpulan.

Demikian ulasan singkat kali ini, semoga bisa memberikan manfaat kepada sobat pembaca. Wasalam !

0 Response to "Cara Sederhana Mengindari Prasangka Buruk Terhadap Orang Lain"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel