Jawaban Soal-soal Pembelajaran 4 Subtema 3 Tema 6 Kelas 5 Kurikulum 2013

apakah pembelajaran anak Anda yang duduk di bangku kelas 5 sekolah dasar sudah sampai pada tema 6 subtema 3 pembelajaran 4?

Jika sudah tentu Anda mengalami sedikit kesulitan ketika mereka menanyakan sesuatu terkait dengan tugas-tugas yang ada di sana.

Kali ini kami akan membantu dengan menyajikan beberapa alternatif jawaban untuk soal-soal pada pembelajaran 4.

Oke langsung saja berikut ini beberapa muatan mapel yang disajikan pada pembelajaran 4 Subtema 3 di tema ke-6 pembelajaran di kelas 5.

  1. Bahasa Indonesia 
  2. IPS dan
  3. PPKn 
Pada pembelajaran 4 disini siswa dibelajarkan tentang teks eksplanasi (penjelasan) dari teks tersebut siswa mempelajari tentang masalah-masalah sosial yang muncul di lingkungan sekitar. 

Pokok pikiran dalam setiap paragraf pada cerita Permasalahan Sosial di Sekitar Kita, pada buku siswa tema 6 kelas 5 kurikulum 2013 Edisi revisi 2017 adalah sebagai berikut :

Paragraf 1
Benntuk tanggung jawabnya adalah melaksanakan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara.

Paragraf 2
Sampah mengakibatkan   terjadinya masalah sosial.

Paragraf 3
Sampah memengaruhi kenyamanan dan keamanan para pengguna jalan dan juga keindahan sekolah.   

Paragraf 4
Pabrik-pabrik atau industri-industri, juga banyak yang membuang limbah ke kali tanpa diolah terlebih dulu.

Paragraf 5
Bangunan liar sering kita jumpai berada di atas saluran air, di trotoar, di taman-taman kota dan di kolong-kolong jalan layang.


Masalah sosial , Penyebab, Akibat dan Usaha untuk mengatasi

1. Pencemaran Lingkungan
Masalah sosial ini disebabkan karena masyarakat sering membuat sampah ke sungai serta pabrik yang membuang limbahnya langsung ke sungai.

Akibat dari pencemaran ini membuat lingkungan semakin kotor. Polusi terhadap udara, tanah dan air pun tidak terkendali. Kesehatan masyarakat dapat terganggu. 

Cara mengatasi masalah tersebut dapat dilakukan dengan menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya. Untuk pabrik agar mengolah limbahnya sebelum dibuang secara langsung ke sungai.

2. Pemukiman liar
Masalah munculnya pemukiman liar disebabkan karena persebaran penduduk yang tidak merata. Urbanisasi atau perpindahan penduduk ke kota  membuat kehidupan kota semakin terdesak. Masyarakat membuat pemukiman di sembarang tempat.

Akibat dari masalah tersebut adalah kehidupan perkotaan menjadi tidak teratur. Perumahan menjadi semakin penuh sesak. Kesehatan pun akan terganggu.

Cara mengatasi masalah tersebut bisa dilakukan dengan cara mengatur tata kelola pemukiman, melalui peraturan dari pemerintah.

3. Kemacetan
Masalah yang satu ini sering kita temui dalam lalu lintas perkotaan. Penyebabnya tiada lain karena masyarakat tidak mematuhi dengan baik rambu-rambu lalu lintas. Menerobos arus kendaraan, dan sopir angkot yang sembarang menaikan dan menurunkan penumpang.

Akibat dari masalah ini adalah perjalanan semakin terganggu dan kemacetan panjang pun tidak bisa dielakkan.

Cara mengatasinya semua pengguna jalan harus sadar akan pentingnya menjaga ketertiban di jalan raya.

0 Response to "Jawaban Soal-soal Pembelajaran 4 Subtema 3 Tema 6 Kelas 5 Kurikulum 2013"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel